Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Pilihan Warna Kamar Tidur Kecil yang Menenangkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih warna untuk kamar tidur kecil bisa menjadi tugas yang sulit. Akan tetapi, Anda dapat menggunakan psikologi warna untuk menciptakan interior kamar tidur kecil yang nyaman dan mengundang.

Dikutip dari Living Etc, Rabu (7/6/2023), warna dapat digunakan untuk memengaruhi suasana hati, emosi, dan perilaku. Warna tertentu bahkan dapat membangkitkan reaksi fisik seperti lapar, agresi, atau tidur.

Untuk kamar tidur yang nyaman, pilih warna dengan hati-hati agar tidak menciptakan interior yang terlalu merangsang.

Menciptakan tempat perlindungan untuk kamar tidur akan membantu menenangkan dan merilekskan Anda.

Kamar tidur harus menjadi tempat di mana Anda merasa bahagia dan aman dan memilih skema warna yang tepat sangat penting untuk ini, kata Lisa Artis, wakil CEO The Sleep Charity.

Berikut beberapa pilihan warna dinding kamar tidur kecil yang menenangkan.

1. Merah burgundy

Jika Anda ingin tidur lebih nyenyak atau lebih santai di kamar tidur, warna cat yang menenangkan adalah kuncinya. Sementara warna merah umumnya tidak dianggap tenang dalam teori warna, burgundy yang gelap dan redup memiliki nuansa hangat dan murung.

Saat digunakan dengan warna yang lebih dalam, yakni lebih cokelat daripada merah, ini bisa membuat Anda merasa ingin meringkuk dengan secangkir coklat atau teh hangat, dan menghilang untuk sementara waktu.

Menurut Heidi Caillier, pendiri Heidi Caillier Design, burgundy terasa segar dan membuat elemen lain di ruangan menonjol, dan membuat penghuninya rileks.


Warna ini mengundang sedikit misteri dan keanggunan yang murung, sehingga cocok, terutama pada interior yang lebih vintage atau gaya lama. Pasangkan dengan warna emas atau warna metalik lainnya dan Anda akan mendapatkan kamar tidur yang mewah dan tak lekang oleh waktu.

2. Merah terakota

Siapa sangka warna merah bisa menenangkan? Warna ini biasanya diasosiasikan dengan energi dan rangsangan yang tinggi.

Rahasianya terletak pada nuansanya. Warna merah yang lebih dalam, katakanlah merah tua, merah oker, mahoni, atau merah marun memiliki efek penahan yang lebih dalam suatu ruang, membuat kamar tidur yang berwarna-warni terasa nyaman dan nyaman.

Nuansa warna ini terutama berpadu serasi dengan detail kayu yang kaya, semakin menghangatkan ruangan.

Nada ini cocok dengan warna krem, kuning, dan putih hangat. Itu juga terlihat cantik dengan abu-abu arang, yang sedikit menjinakkan warnanya.

3. Biru tua

Biru adalah warna serbaguna dan variasinya yang banyak dapat menciptakan tampilan yang berbeda. Untuk menciptakan ruang meditatif yang murung, kamar tidur biru tua bisa menjadi kaya dan mewah.

Warnanya tidak hanya menarik dan menenangkan secara visual, tetapi juga menciptakan tampilan semilir, seolah-olah Anda sedang berbaring di luar ruangan, santai dan damai.

Warna teratas untuk kamar tidur yang menenangkan adalah biru, hijau, semua warna di antaranya (biru hijau dan biru-hijau) dan warna netral seperti abu-abu dan putih, tutur Amy Krane, konsultan warna arsitektur dan pendiri Amy Krane Color. 


Menurut Krane, warna biru dikaitkan dengan langit dan air, keduanya menenangkan dan meditatif untuk dilihat. Menjaga dinding tetap monoton daripada menggabungkan yang berbeda akan sangat menenangkan.

Merah muda dengan nada sedang atau dengan nada dasar cokelat adalah pilihan yang sempurna untuk kamar tidur yang menenangkan.

Merah muda ini mengingatkan pada matahari terbenam, saat warna di luar menjadi redup, dan suasananya mengantuk dan hampir melankolis.

5. Pirus hangat

Warna aqua atau pirus (turquoise) hangat dengan nada cokelat atau abu-abu dapat mengingatkan Anda pada kaca laut dan kayu apung, kerikil, dan langit malam.

Menggabungkan dua warna yang sangat menyegarkan, yakni hijau dan biru, perpaduan ini dengan dasar yang dalam dapat memberikan sentuhan organik pada ruangan yang modern namun tenang.

Karena visualnya yang mengakar, warna ini juga dapat berfungsi ganda sebagai warna netral yang indah, memungkinkan warna cerah lainnya bersinar.

Jika Anda tidak keberatan bereksperimen, Anda bisa membawa warna merah, oranye, atau merah muda untuk menciptakan warna yang menarik di kamar tidur. Ini akan menambah lapisan pada ruangan dan bahkan kedalaman pada skema kamar tidur biru dan hijau.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/07/140900576/5-pilihan-warna-kamar-tidur-kecil-yang-menenangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke