Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mengemas Barang Saat Pindah Rumah Tanpa Merusaknya

Tentu saja, tugas ini bisa membuat kewalahan dan menyebabkan barang rusak atau pecah apabila tidak mengemasbarang saat pindah rumah dengan tepat. 

Nah, untuk membantu Anda, dilansir dari Rhythm of the Home, Jumat (2/6/2023), berikut cara mengemas barang saat pindah rumah tanpa merusak. 

Gunakan metode KonMari, ahli peorganisasian asal Jepang, dapat membantu merapikan barang. Bisa pula menggunakan pendekatan klasik.

Telusuri setiap ruangan dan pilah semuanya ke dalam kategori jual, donasi, dan sampah. Mungkin butuh waktu cukup lama menyelesaikan proyek merapikan rumah, tapi Anda akan bersyukur ketika menyadari bisa bergerak lebih mudah sekarang. 

Siapkan kotak pindahan

Selanjutnya, cara mengemas barang saat pindah rumah tanpa merusak adalah menyiapkan kotak pindahan. Barang-barang harus disortir dengan benar, diatur, kemudian ditempatkan dalam kotak pindahan.

Tidak semua orang memiliki kebutuhan sama, jadi Anda harus menganalisis barang-barang dan mencari tahu jenis kotak mana yang paling cocok untuk Anda.

Tergantung pada sifat barang-barang, Anda harus berinvestasi pada kotak baru yang kokoh untuk barang-barang rapuh.

Pertimbangkan juga ukuran kotak. Gunakan kotak berukuran sedang yang memiliki kapasitas  layak, tapi tidak terlalu berat dibawa saat penuh ketika pindah rumah. 

Proses ini membutuhkan waktu cukup lama dan kami sarankan mengosongkan jadwal Anda untuk melakukannya.

Jika Anda mulai berkemas lebih awal, kemungkinan terjadinya kesalahan terburu-buru yang dapat menyebabkan barang rusak akan lebih kecil.

Sebaiknya, lakukan pengemasan secara strategis agar tidak frustrasi saat membongkar dan mencari barang tertentu.

Tandai kotak dengan barang-barang yang sering digunakan sehingga dapat menemukannya terlebih dahulu dan mengemas barang-barang paling jarang digunakan lebih dulu. 

Kemas peralatan utama

Cara mengemas barang saat pindah rumah tanpa merusak lainnya adalah kemas peralatan utama. Tidak sulit mengorganisir dan mengemas sebagian besar barang-barang, tapi peralatan  besar akan menimbulkan beberapa kesulitan ekstra.

Peralatan tersebut jelas terlalu berat untuk dipindahkan secara normal dan perlu dicopot. Di sinilah, jasa pindahan profesional dapat membantu karena bisa mengatur proses persiapannya sehingga mudah menangani peralatan besar.

Bahkan, jika Anda cukup percaya diri dapat mengemas benda-benda ini sendiri, sebaiknya tetap berhati-hati menghindari masalah yang tidak menyenangkan, seperti alat yang tidak berfungsi di tempat baru Anda. 

Daripada memindahkan kotak secara acak atau metode improvisasi lainnya, lebih baik menggunakan kotak aslinya jika memungkinkan.

Televisi besar cukup ringan dan mudah ditangani, tapi harus mengemasnya sangat hati-hati saat pindah rumah untuk melindunginya selama perjalanan ke rumah baru.

Beberapa selimut atau bantalan furnitur mungkin diperlukan untuk memastikan TV tidak dalam bahaya dari benturan atau goresan yang tidak disengaja. 

Kemas barang yang mudah rusak

Piring adalah beberapa barang paling rapuh yang membutuhkan perhatian ekstra selama proses mengemas barang saat pindah rumah.

Sangat disarankan mendapatkan kertas kemasan yang cukup melindunginya selama pengangkutan. Piring dapat terkelupas dan retak saat ditumpuk secara horizontal, jadi sebaiknya gunakan metode penumpukan vertikal.

Letakkan piring-piring tersebut di dalam kotak seperti piringan hitam dengan banyak kertas atau bubble wrap di antaranya. 

Kemas truk pindahan

Apakah berencana pindah dengan truk sendiri atau menyewa tim pindahan profesional, penting memiliki rencana baik ketika hari pindahan tiba.

Pekerjaan tak selesai di pengemasan barang. Anda juga harus memperhatikan truk yang digunakan karena ada masalah pemuatan.

Mulailah dengan barang-barang yang lebih berat terlebih dulu, seperti peralatan besar, kemudian lanjutkan dengan barang-barang yang lebih panjang, seperti kasur dan cermin.

Setelah perabotan yang dibongkar telah ditambahkan, Anda dapat memuat kotak-kotak yang tersisa dari yang terbesar hingga lebih kecil. Jangan lupa menambahkan barang-barang yang mudah pecah di urutan terakhir.

 Nah, itu dia cara mengemas barang saat pindah rumah. Hati-hati melakukannya ya biar barang tidak rusak selama di perjalanan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/02/183414176/7-cara-mengemas-barang-saat-pindah-rumah-tanpa-merusaknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke