Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menyimpan Es Krim di Freezer agar Rasanya Tak Berubah

JAKARTA, KOMPAS.com - Es krim harus dijaga kesegarannya selama mungkin dengan cara menyimpannya dengan benar. Ini berarti Anda perlu menyimpan es krim di freezer dengan cermat pula agar rasanya tidak berubah.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menyimpan es krim di freezer. Ini berlaku untuk es krim yang dibuat sendiri maupun yang dibeli di toko.

Dikutip dari The Spruce Eats, Kamis (25/5/2023), berikut cara menyimpan es krim di freezer dengan benar agar rasanya tidak berubah.

Meskipun wadah apa pun yang aman untuk freezer akan berfungsi, wadah plastik berpenutup memudahkan penyimpanan. Selain itu, jika dapat ditumpuk, itu akan membantu Anda mengatur freezer.

Saat Anda memakan es krim, pikirkan untuk meletakkan selapis plastik pembungkus tepat di atas es krim yang tersisa.

Menekan plastik secara langsung ke permukaan es krim akan membantu melindungi kulit yang keras agar tidak berkembang dan akan mengurangi kemungkinan terbentuknya bunga es yang besar dan merusak tekstur es krim.

2. Jaga rasa agar tidak berubah

Apakah Anda pernah memperhatikan bahwa bau yang kuat dari kulkas dapat muncul? Saat Anda menyimpan makanan pedas, baunya bisa menyebar dengan cepat.

Bau tersebut dapat bercampur dengan es krim dan mengubah rasanya. Kecuali Anda memiliki chest freezer terpisah, Anda perlu melakukan sesuatu untuk menjaga agar rasa itu tidak ada dalam es krim.

Meskipun ada banyak cara untuk menghilangkan bau kulkas, metode yang paling sederhana adalah dengan menyimpan sekotak soda kue yang terbuka di kulkas dan freezer.

Soda kue menyerap bau apa pun dari makanan lain sehingga es krim tidak akan mulai terasa seperti bawang putih atau makanan lainnya.

3. Periksa suhu freezer

Langkah pertama untuk menyimpan es krim dengan benar adalah memastikan suhu freezer tepat. Menyetel kulkas dan freezer pada suhu yang tepat adalah masalah keamanan makanan, selain itu es krim akan tetap dalam kondisi terbaiknya.

Idealnya, es krim harus disimpan di bawah minus 17 derajat celcius. Sama seperti Anda akan memeriksa suhu oven untuk memastikannya benar, periksa suhu freezer secara teratur.

Sesuaikan suhu freezer hingga sekitar minus 23 derajat celcius.

4. Jaga suhu agar tetap konsisten

Setelah Anda memiliki freezer pada suhu yang tepat, pastikan Anda dapat menyimpan es krim di sana. Saat es krim menghangat dan mendingin, teksturnya bisa menjadi kasar.

Ingatlah langkah-langkah ini untuk membantu es krim Anda mempertahankan suhu yang konsisten.

Pertama, jangan pernah menyimpan es krim di pintu freezer. Saat Anda membuka pintu, barang yang disimpan di dalamnya akan mengalami perubahan suhu paling besar.

Tempatkan es krim sejauh mungkin di dalam freezer. Benda di depan juga akan mengalami lebih banyak perubahan suhu.


Jaga pintu freezer tertutup sebanyak mungkin. Berdiri di depan freezer dan menatap ke dalam akan menghangatkan semua barang yang Anda simpan.

Jangan sekali-kali memasukkan makanan hangat langsung ke dalam freezer. Dinginkan di atas meja dan kemudian di kulkas terlebih dahulu.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/25/145438976/cara-menyimpan-es-krim-di-freezer-agar-rasanya-tak-berubah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke