Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Cara Membersihkan Kasur agar Bebas Noda dan Bau

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasur yang digunakan setiap hari untuk tidur perlu dirawat dengan baik. Seiring waktu, sel kulit mati, tungau debu, kotoran, dan sejumlah hal lain dapat membuat kasur kotor dan berbau tak sedap.

Jika kotoran pada kasur dibiarkan menumpuk, hal ini dapat memengaruhi kenyamanan dan kualitas tidur. Karena itu, penting untuk menjaga kebersihan kasur sehingga Anda dapat tidur dengan nyenyak.

Dilansir Better Homes & Gardens, Kamis (11/5/2023), berikut ini cara membersihkan kasur agar bebas bau dan kotoran.

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • Vacuum cleaner dengan crevice tool
  • Sapu (opsional)
  • Cuka putih suling

Cara membersihkan kasur

Agar kasur tetap segar dan bebas bau, ikuti tips berikut untuk menghilangkan noda, mencegah penumpukan debu dan bakteri.

1. Bersihkan dengan vacuum cleaner

Untuk pembersihan rutin, rencanakan untuk membersihkan kasur dengan vacuum cleaner setiap bulan. Jika Anda atau anggota keluarga Anda memiliki alergi yang parah, pertimbangkan untuk melakukannya setiap kali Anda mengganti seprai.

Jalankan vacuum cleaner dengan perlahan di atas kasur sehingga terdapat cukup waktu untuk menyedot debu serta tungau debu. Gunakan crevice tool untuk bagian tepi.

Pastikan untuk membersihkan debu kedua sisi kasur setiap tahun untuk pembersihan yang paling efektif. Anda dapat menyandarkan kasur di luar dan memukul-mukulnya dengan sapu di kedua sisinya. Anda juga bisa menyedot debu di kedua sisi secara menyeluruh.

Cara menghilangkan noda di kasur

Untuk hasil terbaik, tangani noda pada kasur dengan segera. Semakin lama cairan berada di kasur, semakin besar kemungkinannya untuk menumbuhkan jamur atatu menyebabkan noda permanen.

Cleaning expert Mary Findley merekomendasikan penggunaan krim cukur berbusa untuk membersihkan kasur.

Biarkan 10 sampai 15 menit, seka dengan kain lembap, dan bilas dengan larutan cuka dan air dengan jumlah takaran yang sama. Ulangi jika perlu.

Untuk membersihkan noda darah, gunakan larutan hidrogen peroksida dan air dengan jumlah takaran yang sama.

Sedangkan untuk membersihkan air seni atau muntahan, cobalah menggunakan pembersih enzim. Gunakan sebelum mencoba metode lain, karena residu dari pembersih lain akan mematikan enzim sebelum dapat bekerja.

Cara menjaga kasur tetap bersih lebih lama

Menghilangkan bau kasur

Leslie Reichert dari Green Cleaning Coach menyarankan untuk menggunakan campuran tepung maizena dan soda kue untuk menghilangkan bau. Taburkan di atas kasur, diamkan selama beberapa jam, lalu bersihkan dengan penyedot debu.

Tepung maizena akan menyerap minyak tubuh, sementara soda kue mengatasi bau, katanya.


 

Mengangin-anginkan kasur

Saat mencuci seprai, jemurlah kasur di pagi hari dan jangan memasang seprai baru hingga malam hari. “Membiarkan kasur diangin-anginkan sepanjang hari dapat mencegah tungau debu dan pertumbuhan bakteri,” kata Findley.

Pasang matress pad

Selain untuk kenyamanan, matress pad atau pelapis kasur juga membuat kasur Anda lebih bersih. Cuci matress pad setiap bulan dengan air panas, dan keringkan dengan mesin cuci. Sebelumnya, periksa label perawatan terlabih dahulu.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/11/192806576/catat-cara-membersihkan-kasur-agar-bebas-noda-dan-bau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke