Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengusir Semut di Stopkontak Listrik Pakai Bahan Alami

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut adalah salah satu hama yang sering mengganggu di rumah. Ada banyak tempat persembunyian semut di rumah, salah satunya di stopkontak listrik.

Jika Anda melihat beberapa semut merangkak keluar dari sakelar lampu atau stopkontak listrik, Anda dapat yakin bahwa ada lebih banyak semut di sana.

Dikutip dari Pest Push, Minggu (30/4/2023), semut di stopkontak listrik menyebabkan segala macam masalah, dan penting untuk membasminya secepat mungkin. Semut dapat mengunyah kabel listrik, menyebabkan listrik padam, serta beragam masalah lainnya.

1. Masalah listrik

Jika semut terlilit kabel listrik, ada kemungkinan besar mereka akan tersengat listrik sendiri. Jika cukup banyak semut mati di stopkontak listrik, tubuh mereka bisa menumpuk dan menyebabkan listrik padam atau bahkan korsleting listrik.

Mati listrik bukanlah hal yang baik, dan jika alasannya adalah bangkai semut, itu bahkan lebih buruk.

2. Membangun sarang

Masalah lain dengan semut di stopkontak listrik adalah mereka bisa membangun sarang di sana. Jika ratu semut memutuskan untuk membuat rumahnya di sana, akan sulit membasmi semut di stopkontak listrik.

Ratu semut akan meminta semut pekerja untuk membuat sarang baru, dan jika mereka membangunnya di dalam stopkontak listrik, ini akan sulit diperbaiki.

Jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah, jangan menggunakan bahan kimia racun di untuk membasmi semut di stopkontak listrik.

Ada beberapa solusi alami yang dapat membasmi semut dan juga menjaga keamanan anggota keluarga Anda.

1. Cuka

Cuka adalah produk yang serbaguna, mulai dari membersihkan rumah hingga membunuh rumput liar. Semut menolaknya, jadi jika Anda menaruhnya di bola kapas di dekat stopkontak listrik, kemungkinan besar semut akan merayap ke arah lain.

2. Kayu manis

Kayu manis mengusir semut, dan Anda mungkin memiliki beberapa sarang semut di sekitar rumah. Dengan menaburkan kayu manis di dekat stopkontak listrik, semut akan pergi.

Selain itu, bukannya bau pestisida, kayu manis akan menghadirkan bau yang menyenangkan di rumah.

2. Cabai dan lada hitam

Cabai dan lada hitam dapat mengusir semut, dan dapat membantu Anda membersihkan sarang semut tanpa pestisida yang kuat. Taburkan di dekat stopkontak listrik, dan semut akan pergi.

3. Boraks

Boraks, juga dikenal sebagai natrium borat, adalah senyawa alami yang dapat membantu Anda membasmi semut.

Mencampur boraks dengan pemanis untuk menarik semut adalah cara terbaik menggunakan boraks untuk membunuh semut.

Salah satu resep boraks adalah Anda mencampur boraks, air, dan gula halus dan meninggalkan campuran tersebut di sudut ruangan. Semut akan tertarik pada gula dan membawa boraks kembali ke sarangnya.

Anda juga dapat menghindari kerepotan dan hanya dengan pembunuh semut berbasis boraks siap pakai.

Hal yang tidak boleh dilakukan saat membasmi semut di stopkontak listrik

Meskipun bubuk dan perangkap bisa bekerja dengan baik untuk membasmi semut di stopkontak listrik, jangan gunakan semprotan. Ada risiko sengatan listrik yang serius saat cairan bersentuhan dengan listrik, dan sangat sulit untuk mengarahkan semprotan.

Meskipun Anda mencoba untuk menyingkirkan masalah semut, semprotan cair pasti akan lebih banyak ruginya daripada manfaatnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/30/101800776/cara-mengusir-semut-di-stopkontak-listrik-pakai-bahan-alami

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke