Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Perubahan Kecil yang Membuat Rumah Tampak dan Terasa Mewah

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik rumah menginginkan tampilan rumah mewah dan elegan. Akan tetapi, renovasi rumah untuk memperoleh tampilan rumah yang tampak mewah bisa mahal.

Akan tetapi, Anda dapat menciptakan tampilan rumah yang tampak dan terasa mewah tanpa menguras kantong. Dengan memulai dari yang kecil dan membuat perubahan kecil pada ruangan, Anda dapat membuat rumah yang lebih terasa seperti hotel bintang lima.

Dikutip dari House Digest, Minggu (30/4/2023), berikut beberapa perubahan kecil yang bisa membuat rumah tampak dan terasa mewah.

1. Tingkatkan pencahayaan

Ubah pencahayaan dengan mengambil inspirasi dari alam untuk menerangi rumah Anda. Pertama, beralihlah ke lampu LED untuk efisiensi energi serta nuansa yang lebih alami.

Kemudian, coba perbarui perlengkapan pencahayaan yang ada dengan kap lampu anyaman rotan untuk memberikan tampilan baru pada ruangan, dari kemewahan klasik hingga kemewahan kasual.

Di luar bahan yang berkelanjutan, lampu gantung juga bisa menjadi opsi. Lampu gantung menampilkan bohlam tunggal yang tergantung di langit-langit.

Anda juga bisa mengubah lampu gantung sederhana menjadi karya seni dengan menggunakan eksterior bohlam dekorasi seni sebagai gantinya. Alternatifnya, bentuk geometris bisa menampilkan kesan mewah.

Bereksperimenlah dengan lampu aksen untuk elevasi dalam skala mikro. Di kamar tidur, belilah lampu baca yang terbuat dari kuningan atau tembaga.

Atau coba sesuatu yang baru dengan pencahayaan taktis, misalnya lampu LED yang lebih kecil yang menonjolkan karya seni favorit Anda. Pencahayaan aksen tidak hanya menciptakan suasana mewah di rumah tetapi juga cara yang bagus untuk mengurangi tagihan listrik.

2. Ciptakan kemewahan melalui aroma

Mungkin salah satu indikator kemewahan yang paling diremehkan adalah aroma. Saat ini, wewangian telah menjadi bagian besar dari desain interior, sentuhan akhir yang mengangkat ruang melebihi keindahan visualnya.

Anda memiliki berbagai pilihan untuk membuat ruangan beraroma mewah. Lilin beraroma selalu merupakan pilihan yang bagus, dan meskipun ada pilihan yang terjangkau, harganya cenderung sedikit mahal.

Namun, Anda dapat mengubah lilin beraroma menjadi investasi yang layak dengan memastikannya bertahan lama. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membekukan lilin sebelum digunakan.

Dengan demikian, lilin akan mengeras, memungkinkan luka bakar lebih lambat. Cara lain untuk memastikan lilin bertahan lebih lama adalah dengan memangkas sumbu setelah digunakan.

Untuk aroma yang lebih alami, cobalah minyak esensial. Minyak esensial hadir dalam berbagai aroma lezat, mulai dari lavender hingga lemon dan chamomile, serta memiliki banyak manfaat kesehatan.

Menurut pakar aromaterapi Amy Grant, penelitian menemukan bahwa minyak esensial memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, modulasi kekebalan, dan antispasmodik.

Jika Anda mencoba memutuskan aroma apa yang akan digunakan, Anda bisa mulai dengan aroma lavender yang menenangkan. Pilihan aroma lain untuk rumah termasuk diffuser minyak esensial, dupa, atau penyemprot ruangan yang enak.

3. Ganti katun dengan sutra

Saat Anda memikirkan tampilan kamar tidur mewah, kemungkinan besar seprai sutra akan terlintas di benak Anda. Bukan hanya karena tampilannya yang mewah, tetapi kelembutan dan kehangatan sutra meningkatkan pengalaman tidur ke tingkat yang baru.

Menariknya, sutra tidak hanya dapat digunakan di tempat tidur. Ada banyak cara untuk memasukkan sutra ke dalam dekorasi rumah untuk peningkatan instan.


Anda dapat mengubah sofa menjadi kursi mewah dengan menambahkan kain penutup berbahan sutra untuk menambah tekstur dan bahkan semburat warna.

Pada skala mikro, aksen sutra yang ditempatkan secara strategis di sekitar ruangan mana pun dapat mewujudkan tampilan rumah mewah. Sarung bantal yang terbuat dari sutra langsung memberikan daya angkat pada sofa.

4. Pastikan rumah selalu rapi

Ruangan yang tertata rapi bisa menghadirkan kesan mewah. Jadi masuk akal bahwa salah satu cara paling terjangkau untuk mengubah ruangan dari menjemukan menjadi luar biasa adalah dengan menghilangkan semua kekacauan.

Tidak hanya membuat ruangan terlihat lebih rapi, tetapi juga bagus untuk kesehatan mental Anda. Merapikan rumah seseorang bukanlah tugas kecil, tetapi itu tidak berarti Anda tidak dapat memulai dari yang kecil.

Jadikan itu tugas harian, fokus pada satu bagian rumah Anda setiap hari sampai selesai. Dengan cara ini, tugas dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, sehingga lebih mudah dikelola.

Kadang-kadang, kekacauan disebabkan oleh kurangnya penataan, jadi Anda harus sedikit strategis untuk mengendalikan semuanya. Kuncinya adalah mengatur rumah dengan cara yang mengoptimalkan ruang.

5. Ciptakan ilusi langit-langit tinggi

Salah satu cara membuat ruangan terlihat lebih luas adalah dengan mengarahkan pandangan ke atas. Anda dapat mengubah rumah menjadi ilusi optik mewah dengan mengisyaratkan langit-langit yang lebih tinggi melalui trik dekorasi yang cerdik namun sederhana.

Salah satu cara sederhana untuk melakukannya adalah melalui pola yang mengarahkan mata ke atas. Cara mudah untuk mencapai ini tanpa mengubah ruangan secara drastis adalah melalui gorden.

Menggunakan gorden dengan pola vertikal dapat menambah ketinggian pada ruangan.

Tempatkan batang gorden di titik tertinggi, yakni sedekat mungkin dengan langit-langit, agar gorden terlihat lebih panjang. Kebalikannya berlaku untuk furnitur dan karya seni di dinding.

Pastikan potongan furnitur lebih rendah ke lantai untuk menciptakan lebih banyak ruang di dinding. Aksen dinding juga bisa diatur lebih dekat ke lantai untuk menciptakan ruang yang luas di atasnya.

6. Gunakan sarung pelapis sofa

Sarung pelapis sofa adalah kain yang dirancang agar pas dan melindungi sofa. Ini adalah cara yang nyaman untuk menjaga kebersihan sofa dan peluang bagus untuk meningkatkan ruangan.

Dengan sarung pelapis sofa, Anda tidak perlu membeli sofa baru. Sebaliknya, yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih desain yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda mencari trik mewah yang terjangkau, ini adalah cara yang bagus untuk memulai. Jika rumah Anda kurang berwarna, sarung pelapis sofa adalah cara mudah untuk mencerahkan suasana.

Pilih warna berani yang menghidupkan ruangan dan menarik perhatian. Untuk estetika yang lebih halus, pilih opsi elastis ketat yang pas di sofa, yang menawarkan tampilan bersih dan minimalis yang melengkapi seluruh ruangan.

7. Gunakan cermin

Ruangan yang mewah melibatkan semua indra tanpa berlebihan. Salah satu cara terbaik untuk menekankan kehebatan visual rumah adalah melalui cermin.

Cermin mampu memperluas, mencerahkan, dan menambahkan daya tarik ke ruangan mana pun. Dengan begitu banyak bentuk, ukuran, dan jenis, cermin merupakan peluang besar untuk mempercantik ruangan.

Dengan cermin ukuran penuh, Anda dapat menambahkan efek dramatis ke ruangan mana pun di rumah, memperpanjang ruangan dan menghadirkan cahaya alami yang cukup.


Jika Anda menggantungkan cermin di dinding, letakkan cermin setinggi mata. Ketinggian yang sesuai adalah 48 hingga 50 inci, menurut Perfect Picture Lights, dari lantai, atau enam inci di atas furnitur.

8. Tanaman hias sebagai dekorasi rumah

Saat mendekorasi rumah dengan tanaman hias, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Berapa banyak cahaya yang didapat ruangan pada siang hari?

Berapa banyak waktu yang dapat Anda dedikasikan untuk pemeliharaan pabrik? Jenis estetika apa yang Anda tuju?

Ini akan membantu Anda mempersempit banyak hal dan membuatnya lebih mudah untuk memilih tanaman yang sempurna. Jika rumah tidak mendapatkan banyak cahaya alami, maka Anda perlu memilih tanaman yang tumbuh subur dalam cahaya redup.

Tanaman ZZ plant, tanaman laba-laba atau lili paris, peace lily, atau aglonema adalah pilihan awal yang bagus. Anda juga akan menemukan bahwa sejumlah tanaman hias dengan cahaya redup juga mudah dirawat, menjadikannya pilihan terbaik untuk pemula tanaman atau orang dengan jadwal sibuk.

Tanaman tinggi adalah cara yang bagus untuk menambahkan efek dramatis ke ruangan.

9. Ganti handuk

Ketika kita berpikir tentang kemewahan yang mudah, misalnya di hotel, kita sering tidak mempertimbangkan handuk sampai kita memakainya. Mengganti handuk adalah cara yang bagus untuk membuat kamar mandi terasa lebih mewah.

Semakin berat handuk, diukur dalam gramasi, akan semakin mewah.

10. Tingkatkan tampilan area pintu masuk rumah

Jika Anda memiliki area pintu masuk atau serambi rumah, cara terbaik untuk menambahkan kemewahan adalah dengan mendesain ulang ruang tersebut. Ini tidak berarti Anda harus membeli furnitur baru.

Terkadang sesederhana mengatur ulang ruang. Pintu masuk rumah adalah area menerima tamu, pandangan pertama dari rumah, dan dengan demikian, harus menawarkan pandangan sekilas tentang apa yang ada di dalamnya.

Tetap sederhana dan tetap ringan adalah kuncinya. Bergantung pada ukuran ruangan, kekacauan bisa menjadi masalah.

Apa saja komponen kunci dari area pintu masuk rumah yang mewah? Mulailah dengan meja konsol yang rapi.

Meja ini ramping dan sempit dan bekerja dengan baik dengan ruang kecil, jadi jangan membebaninya dengan terlalu banyak barang. Cermin gantung sangat bagus untuk membuka ruang kecil, terutama bila ditempatkan di seberang perlengkapan pencahayaan.

11. Gunakan karya seni

Menciptakan ruang mewah tetap membutuhkan kepribadian Anda. Salah satu cara untuk meningkatkan ruang sambil memamerkan siapa diri Anda adalah melalui karya seni.

Hal yang hebat tentang karya seni yang baik adalah bahwa hal itu subyektif. Artinya jika Anda menyukainya, kami menyukainya.

Dinding galeri adalah cara mudah untuk memasukkan karya seni ke dalam rumah untuk menciptakan kesan mewah. Mulailah dengan menentukan palet warna untuk dinding.

Setelah itu, kumpulkan bingkai karya seni. Bingkai pertama Anda akan bertindak sebagai jangkar dan harus cukup besar untuk melakukan pekerjaan itu.

Bermain-main dengan bingkai horizontal dan vertikal dengan ukuran berbeda tetapi pastikan jarak antara setiap bingkai sama. Ini sangat penting untuk estetika keseluruhan.


Pembingkaian miring jelas tidak cantik. Jika Anda sudah memiliki banyak karya seni di ruangan, cara terbaik untuk meningkatkan tampilan adalah dengan mengecat bingkai.

12. Tambahkan lapisan dan tekstur dengan karpet

Karpet selalu bergaya, dan saat ini ada begitu banyak cara menarik untuk menatanya di rumah. Karpet yang lebih kecil bagus untuk menambah tekstur pada ruangan tanpa menghabiskan terlalu banyak tempat.

Jangan berpikir terlalu kecil dengan karpet apa pun yang Anda pilih. Karpet aksen, misalnya, tidak harus terbatas pada lantai, namun dapat ditempatkan di dinding sebagai karya seni.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/30/093300276/12-perubahan-kecil-yang-membuat-rumah-tampak-dan-terasa-mewah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke