Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Tempat Makan Tupperware Bau? Penyebab dan Cara Mengatasinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Tupperware adalah produk tempat makan dan botol minum berbahan plastik yang populer. Tempat makan Tupperware membantu menyimpan dan merampingkan bahan makanan, baik di dalam maupun di luar dapur.

Namun demikian, Tupperware dan wadah plastik serupa memiliki satu kekurangan utama, yakni wadah tersebut cenderung menyerap bau makanan yang sangat beraroma dan menyengat.

Aroma yang melekat ini dapat bertahan lama setelah Anda mencuci wadah hingga bersih.

Nah, kenapa wadah makan Tupperware bau? Dikutip dari Tasting Table, Rabu (12/4/2023), berikut penyebab dan cara mengatasinya.

Kenapa tempat makan Tupperware bau?

Menurut Hunker, Tupperware dan wadah plastik lain yang dapat digunakan kembali menahan bau karena terbuat dari polypropylene, sejenis plastik berpori.

Porositas ini memungkinkan wadah untuk menyerap sifat makanan di dalamnya, seperti aroma, terutama saat makanan disimpan di dalamnya dalam jangka waktu yang lama.

Namun demikian, hanya karena wadah Tupperware Anda masih memiliki aroma makanan yang sudah lama, bukan berarti Anda harus membuangnya.

Cara menghilangkan bau di wadah Tupperware

Menurut Allrecipes, cara menghilangkan bau wadah Tupperware bisa dilakukan dengan baking soda atau soda kue.

Yang perlu Anda lakukan adalah membilas wadah setelah selesai digunakan, mengisinya dengan air, dan menambahkan setidaknya satu sendok makan soda kue.


Kemudian, basahi tutupnya dan taburi dengan baking soda juga. Biarkan kedua bagian duduk selama satu jam sebelum dicuci seperti biasanya dan baunya akan hilang.

Jika itu tidak berhasil, menurut Food52, memaparkan wadah Tupperware yang bau ke sinar matahari langsung dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap.

Sebagai alternatif, setelah mencuci dengan sabun dan air, coba isi dengan cuka putih dan biarkan terendam selama sekitar tiga menit. Kemudian, cukup cuci kembali dengan sabun dan air.

Untuk solusi yang lebih tidak biasa, cobalah mengisi Tupperware dengan kertas koran yang kusut. Buka tutupnya, diamkan semalaman, dan cuci dengan sabun dan air sebelum digunakan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/12/163600376/kenapa-tempat-makan-tupperware-bau-penyebab-dan-cara-mengatasinya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke