Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mudah, 5 Cara Menghilangkan Polusi Udara di Dalam Ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kualitas udara di kota-kota besar, termasuk Jakarta, menjadi kekhawatiran karena polusi udara. Namun, sebenarnya polusi udara dalam ruangan menyumbang lebih dari 60 persen polusi udara.

Baik itu asap yang keluar dari dapur, pestisida dari tanaman hias, asap dari lilin, atau debu yang terkumpul di peralatan, polusi udara dalam ruangan ini terperangkap di dalam rumah dan memengaruhi suasana, termasuk siklus tidur, stres, dan kesehatan penghuni secara keseluruhan.

Dikutip dari Femina India, Sabtu (1/4/2023), berikut beberapa cara mengurangi efek berbahaya dari polutan udara dalam ruangan dan meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

1. Ventilasi udara

Ankit Ojha dan Anand Ojha, desainer utama Anand Atelier Associate, mengatakan bahwa ventilasi silang adalah suatu keharusan.

Sampai dan kecuali udara di dalam ruangan mana pun tidak berventilasi dengan baik, ruangan itu tidak akan pernah cukup baik. Ukuran jendela tidak masalah, memiliki satu itu penting, jelas mereka.

Selain itu, Punam Kalra, Desainer Interior dan Direktur Kreatif, I'm The Center for Applied Arts, mengatakan bahwa udara disegarkan dengan ventilasi yang baik dan sinar matahari yang cukup.

Ruang yang dirancang untuk ventilasi silang akan menghadirkan aliran udara yang signifikan yang dapat melonggarkan udara yang tergenang di ruang yang tercemar.

Menggunakan bukaan seperti jendela di dinding yang berdekatan memungkinkan Anda menghirup udara segar ke dalam ruangan.

Dia juga merekomendasikan elemen ruang kosong seperti lemari terbuka, rak mengambang, perabotan berongga dengan gaya ramping ideal untuk pergerakan udara yang baik di dalam ruang.

2. Merapikan dan membersihkan rumah

Tumpukan barang adalah tempat berkembang biaknya debu, jamur, dan semua polutan udara yang ditemukan di lingkungan dalam ruangan.

Pengaturan yang bersih dengan komposisi furnitur dan dekorasi yang harmonis dapat meminimalkan penumpukan polutan di dalam ruangan. Furnitur dan aksesori minimalis tidak hanya terlihat segar tetapi juga terasa bersih, sebut Kalra.

Adapun Ojha membagikan beberapa panduan membersihkan dan merapikan rumah. Pertama, karpet dapat dengan mudah menjebak polutan, oleh karena itu menyedotnya dengan vacuum cleaner secara teratur sangatlah penting.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, sering-seringlah memandikannya dan tempat tidurnya. Jika memungkinkan, jemur di bawah sinar matahari setiap hari.

Gunakan keset di pintu masuk rumah untuk mencegah debu keluar, dan bersihkan secara teratur. Buka jendela, dan nyalakan exhaust fan di dapur dan toilet untuk mengalirkan udara.

Pastikan perangkat AC, cooker hood, dan ventilator lain yang terpasang dirawat dengan baik dan diservis secara teratur. Filter pada peralatan ini harus dibersihkan secara rutin.

3. Otomatisasi rumah

Akses ke cahaya dan udara alami di ruangan mana pun memainkan peran penting, tetapi sering kali terjadi kekurangan ruang dari jendela dan itulah mengapa air purifier saat ini menjadi lebih populer, sebut Ojha.

Namun bukan itu saja, otomatisasi rumah dan integrasi teknologi ke dalam arsitektur ruang telah memberikan pendekatan yang lebih baik terhadap polusi udara dalam ruangan.

Seiring dengan ventilasi alami, sistem hibrida yang dikombinasikan dengan ventilasi mekanis menghadirkan serangkaian sistem HVAC untuk memurnikan udara dalam ruangan dan menciptakan pertukaran udara yang lebih baik antara dalam dan luar ruangan, terang Kalra.

4. Bahan organik

Menggunakan bahan dan finishing alami berarti memiliki interior yang steril dan bebas polusi.

Anda dapat menggunakan cat akrilik atau epoksi untuk dinding, batu alam untuk lantai, rami atau linen untuk pelapis, dan pewarna organik untuk aksen dekorasi guna memastikan suasana yang lebih sehat, terang Kalra.

Anda juga bisa menggunakan kain anti-mikroba pada elemen seperti karpet, gorden, sarung bantal, selimut, dan lainnya untuk mencegah bakteri dan polutan mikro lainnya.

5. Tanaman hias

Tanaman hias tertentu bekerja paling baik untuk membersihkan udara dalam ruangan. Kalra menyarankan English ivy, lili paris palem kuning, dan philodendron.

Tanaman ini dapat ditanam dalam pot, atau dalam terarium mini atau hidroponik untuk membersihkan udara yang tercemar sambil mengontrol kelembapan yang memperburuk jamur. Bermain aman dengan tanaman tidak berbunga yang mengurangi debu serbuk sari, papar dia.

Batasi zona basah dan kering taman dengan dudukan atau lanskap batu untuk tampilan yang rapi.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/01/173400776/mudah-5-cara-menghilangkan-polusi-udara-di-dalam-ruangan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke