Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tata Letak Kamar Tidur Terburuk yang Harus Dihindari, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Tata letak kamar tidur bisa menjadi salah satu aspek tersulit dalam mendesain kamar tidur. Pun ada banyak kesalahan tata letak kamar tidur yang sering dilakukan.

Ada banyak tata letak kamar tidur yang tidak tepat yang banyak dari kita tetap gunakan berkali-kali. Misalnya, meletakkan semua furnitur di dekat dinding dan posisi tempat tidur yang salah.

Dikutip dari Living Etc, Jumat (24/3/2023), berikut beberapa tata letak kamar tidur yang buruk dan harus dihindari.

1. Mengabaikan pemandangan saat masuk ke kamar tidur

Penting untuk mempertimbangkan ukuran, proporsi, dan orientasi ruangan saat merancang tata letak, jelas James Arkoulis, direktur kreatif Howark Designs.

Menurut Arkoulis, satu kesalahan umum adalah mengabaikan pemandangan saat Anda memasuki ruangan. Berjalan ke sisi lemari berlaci atau langsung ke sisi tempat tidur harus dihindari jika memungkinkan.

Pertimbangkan kursi kamar tidur bergaya dengan bantal berserakan, bagian depan perabot atau bagian tengah tempat tidur sebagai hal pertama yang Anda lihat, saran Arkoulis.

Kita secara tidak sadar tertarik pada simetri, jadi kamar tidur yang kacau atau tidak seimbang mungkin bukan tempat yang damai seperti seharusnya.

Pastikan tempat tidur, nakas, lampu baca, dan karpet kamar tidur berada di tengah dinding dan semua lampu langit-langit diselaraskan, terang dia.

2. Semua furnitur menempel ke dinding

Menjaga lantai sebebas mungkin untuk membuat kamar tidur kecil pun terasa lebih besar.

Namun, sebenarnya apa yang bisa dilakukan tata letak klasik ini adalah memenuhi dinding dan meninggalkan Anda dengan hamparan lantai kosong.

Selain membosankan, tampilan ini benar-benar dapat membuat ruangan terasa lebih kecil karena Anda dapat melihat dengan jelas dimensinya berkat dinding furnitur.

Jadi cobalah sesuatu yang sedikit berbeda dan apungkan furnitur. Anda bisa memulai dengan tempat tidur.

Tarik tempat tidur dari dinding sehingga Anda memiliki cukup ruang untuk berjalan di belakang dan lakukan hal yang sama dengan meja samping tempat tidur. Pilih headboard yang cukup besar.

3. Kekacauan di sekitar tempat tidur

Jangan mencoba dan menjejalkan terlalu banyak barang di sekitar tempat tidur. Jika Anda memiliki ruang untuk meja samping tempat tidur besar yang indah, maka bagus, pastikan memiliki sedikit ruang untuk bernapas di kedua sisi sehingga tidak membanjiri ruang yang tersedia sepenuhnya.

Namun, jika Anda memiliki kamar tidur sempit, ganti meja samping dengan rak atau jangan gunakan meja samping sama sekali untuk mencegah ruang terlihat berantakan.

Ketika merencanakan tata ruang kamar tidur, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan. Tempat tidur adalah fitur dominan dari setiap kamar tidur, yang merupakan titik fokus dan bertindak sebagai dasar untuk memusatkan sisa ruangan.

Jika ruang memungkinkan, selalu lebih baik untuk memiliki ruang di kedua sisi tempat tidur agar dapat masuk dengan nyaman di kedua sisi, serta ruang untuk meja samping tempat tidur.

Menempatkan tempat tidur cukup jauh dari pintu dan pastikan tidak menghadapnya jika Anda bisa akan membantu membuat ruang tidur terasa seperti tempat terpisah untuk beristirahat.

Pertimbangan utama dalam hal tata letak kamar tidur adalah pintu masuk ke kamar tidur, ungkap Andrew Griffiths dari A New Day.

Untuk membantu kamar tidur terasa santai, lebih baik Anda memiliki jarak antara pintu dan tempat tidur sehingga Anda merasa terlindung dan rileks dengan aman di ruang tersebut daripada berada beberapa langkah dari lorong. Jadi pikirkan tentang itu saat merencanakan posisi tempat tidur, ungkap Griffiths.

5. Menghilangkan karpet

Karpet sangat penting di ruangan mana pun. Karpet tidak hanya dapat menambahkan warna, pola, dan tekstur ke ruangan, mereka juga membantu mengatur tata letak.

Tata letak kamar tidur mutlak tidak-tidak menghilangkan permadani di ruangan, ujar desainer interior Marie Flanigan.

Apakah Anda memiliki lantai kayu atau karpet, saya suka kehangatan yang diberikan karpet ke sebuah ruangan, bahkan saat dilapisi karpet. Karpet memberikan simetri dan kehangatan yang indah ke ruang mana pun, tutur Flanigan.

Karpet bisa ideal untuk membuat zona dalam tata letak kamar tidur juga. Misalnya, jika Anda memiliki ruang ganti atau ruang duduk, meletakkan beberapa karpet di sekitar ruang yang berbeda ini membuatnya semakin terasa seperti ruangan di dalam ruangan.

Ini juga merupakan cara membuat kamar tidur kecil terasa lebih besar.

6. Tidak memanfaatkan sudut

Desainer interior Benji Lewis menyatakan, jika kamar tidur Anda kecil, jangan letakkan tempat tidur di tengah ruangan dan biarkan itu menghilangkan penyimpanan apa pun.

Dengan mengadopsi tempat tidur dalam pendekatan sudut, Anda dapat memberikan ruang di sampingnya agar sesuai dengan lemari berlaci yang dapat digandakan sebagai meja samping tempat tidur dengan lampu di atasnya, sebut Lewis.

Terinspirasi oleh kamar tidur pedesaan ini dan tempatkan tempat tidur dekat dengan dinding lalu gunakan karpet besar untuk membuat ruang di samping tempat tidur terasa lebih besar dan lebih terbuka.

7. Memilih tempat tidur terlalu besar

Salah satu kesalahan termudah yang dilakukan orang saat mengatur tata letak kamar tidur, adalah tidak cukup memikirkan penyimpanan di samping tempat tidur, ucap Griffiths.

Seringkali orang menginginkan tempat tidur sebesar mungkin, tetapi hal itu kemudian dapat menyebabkan kurangnya ruang untuk meja samping tempat tidur berukuran layak, imbuh dia.

Meskipun Anda mungkin tidak membutuhkan banyak penyimpanan atau ruang permukaan, Anda masih membutuhkan tempat untuk segelas air dan sumber pencahayaan yang layak, baik lampu sekitar maupun lampu tugas untuk membaca. Jadi pastikan Anda mempertimbangkannya sebelum membeli tempat tidur, saran Griffiths.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/24/160500176/7-tata-letak-kamar-tidur-terburuk-yang-harus-dihindari-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke