Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Warna Seprai dan Bed Cover Ini Bisa Bikin Kamar Tidur Tampak Luas

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih seprai dan bed cover sering kali merupakan langkah dekorasi kamar tidur terakhir yang dilakukan. Akan tetapi, di kamar tidur sempit, pilihan seprai dan bed cover bisa membuat kamar tidur tampak semakin sempit.

Dikutip dari Homes & Gardens, Rabu (22/3/2023), saat mencoba membuat kamar tidur sempit terlihat lebih luas, ada beberapa elemen desain yang perlu dipertimbangkan, mulai dari posisi cermin hingga warna dinding dan langit-langit.

Namun demikian, sering tidak disadari bahwa warna seprai dan bed cover bisa membuat kamar tidur tampak lebih luas.

Warna seprai yang bisa membuat kamar tidur tampak lebih luas

Sejumlah ahli mengungkapkan bahwa seprai warna netral yang hangat dapat secara optik memperluas ruang apa pun, sambil memainkan ide kamar tidur yang santai.

Konsensus umum di kalangan desainer interior adalah bahwa dekorasi dengan warna netral adalah pilihan terbaik untuk membuat ruangan kecil terlihat lebih besar.

Anda tidak akan pernah salah dengan warna-warna netral yang hangat untuk tempat tidur jika Anda mencoba membuat ruangan terlihat sebesar mungkin, jelas Kathy Kuo, desainer interior dan pendiri Kathy Kuo Home.

Menurut Kuo, warna-warna seperti krem, ecru, dan blush membuat tempat tidur terlihat mahal tanpa menarik perhatian dengan cara yang mengalihkan perhatian dari sisa ruangan.

Seprai dan bed cover warna netral memungkinkan Anda bermain-main dengan mencampur dan mencocokkan selimut dan bantal dekoratif untuk menemukan kombinasi sempurna yang membuat kamar tidur terlihat lebih luas juga, papar Kuo.

Dalam hal membuat kamar tidur terlihat lebih luas, warna seprai dapat memainkan peran penting. Warna yang lebih terang cenderung membuat dinding tampak lebih jauh, dan langit-langit tampak lebih tinggi.

Oleh karena itu, seprai berwarna lebih terang, seperti putih atau netral terang, dapat membuat kamar tidur terlihat lebih luas, ujar Julio Arco, desainer interior di Bark and Chase.

Studi dan penelitian menemukan bahwa ini karena warna yang lebih terang memantulkan lebih banyak cahaya, yang dapat menciptakan kesan ruang yang lebih luas. Di sisi lain, warna yang lebih gelap menyerap lebih banyak cahaya, yang dapat membuat ruangan terasa lebih kecil dan tertutup, terang Arco.

Di kamar tidur warna netral, ada juga lebih banyak kesempatan untuk bermain dengan tekstur dan pola di area yang lebih kecil seperti bantal, membantu menambah daya tarik pada kamar tidur kecil tanpa membebaninya dengan pola.

Menggunakan kombinasi warna yang lebih terang untuk bed cover dan seprai serta warna yang lebih gelap pada bantal akan menciptakan aksen yang indah sekaligus menjaga ilusi ruang yang lebih besar, imbuh Arco.

Desainer interior Carly Shafiroff dan pemilik Creative Interiors GB, Massachusetts menuturkan, pola dan warna sangat memengaruhi tidak hanya suasana ruang tetapi juga perasaan ruang secara spasial.

Motif seprai dan bed cover yang membuat kamar tidur sempit tampak luas

Kesalahan umum yang dilakukan orang saat mencoba membuat kamar tidur terlihat lebih luas adalah menghindari motif dalam seprai dan bed cover. Padahal, banyak motif dapat membantu memperluas ruang secara visual serta menambah kerumitan pada skema warna netral.

Misalkan Anda ingin menambahkan motif pada seprai tetapi juga ingin membuat ruangan terasa lebih besar.

Pilih motif yang menggunakan warna netral atau sejuk di mana kontras antara desain dan latar belakang tidak begitu terlihat, saran Max Guidon, desainer interior dan pendiri Guidon Studio.

Motif skala yang lebih besar juga akan lebih mudah untuk "dicerna" oleh mata, membuat ruangan terasa lebih luas, misalnya, menggabungkan pengulangan garis horizontal yang lebih tebal untuk menciptakan efek ruangan lebih luas daripada sebelumnya, imbuh Guidon.

Mendekorasi dengan garis-garis adalah teknik yang digunakan oleh banyak desainer untuk membuat ruangan terlihat lebih besar.

Shafiroff menjelaskan, mengganti seprai tua yang gelap, dengan warna yang lebih cerah dan segar tidak hanya membuat ruangan terasa lebih besar, tetapi juga menghadirkan palet yang meninggikan ruangan dan menciptakan tampilan yang lebih abadi.

Bahan seprai dan bed cover juga berpengaruh

Ada berbagai bahan seprai yang dapat dipilih. Banyak seprai terbaik hadir dalam berbagai finishing, mulai dari bahan yang sangat berkilau seperti sutra dan satin hingga tampilan matte dari 100 persen linen.

Opsi yang Anda pilih dapat memengaruhi seberapa besar, atau kecil tampilan kamar tidur Anda.


Memilih seprai dengan kemilau yang lebih tinggi akan meningkatkan cahaya yang dipantulkan dari tempat tidur dan dimasukkan ke dalam ruangan. Semakin terang sebuah ruangan terasa, semakin besar tampilannya, ucap Guidon.

Tekstur juga tidak hanya penting untuk bagaimana perasaan seprai di kulit Anda, tetapi juga memainkan peran besar dalam penampilan seprai maupun bed cover dan persepsi ukuran ruangan, jelas Arco.

Kain bertekstur seperti beludru atau korduroi dapat menciptakan bayangan, membuat ruangan terasa lebih kecil. Di sisi lain, kain halus dan mengkilap seperti satin atau sutra dapat memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

Penting untuk mempertimbangkan hal ini bersamaan dengan seberapa banyak cahaya alami yang didapat ruangan, dan skema pencahayaan kamar tidur akhir, saran Arco.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/22/142300976/warna-seprai-dan-bed-cover-ini-bisa-bikin-kamar-tidur-tampak-luas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke