Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membersihkan Kamar Mandi untuk Anda yang Sibuk

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi merupakan salah satu bagian rumah yang rentan kotor.

Selain itu, udaranya yang lembap juga membuat kamar mandi dapat menjadi tempat jamur berkembang biak.

Karena itu, penting untuk menjaga kebersihan kamar mandi agar tetap nyaman dan sehat.
Namun, Anda yang sibuk terkadang tak punya banyak waktu untuk membersihkan kamar mandi.

Dengan pembersihan harian, membersihkan kamar mandi dapat dilakukan dengan sedikit waktu.

Untuk Anda yang sibuk, berikut ini tips untuk membersihkan kamar mandi setiap hari dalam waktu singkat, dilansir Angi, Rabu (15/3/2023).

1. Lengkapi peralatan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melengkapi alat-alat pembersihan. Jika Anda menyimpan perlengkapan pembersih di kamar mandi, pembersihan akan lebih mudah.

Berikut perlengkapan yang dibutuhkan.

Periksa stok Anda secara berkala dan pastikan lap atau handuk dalam keadaan bersih.

Kamar mandi menyimpan banyak barang, mulai dari alat perawatan rambut hingga kebersihan mulut. Berikan tempat untuk alat-alat tersebut dengan wadah, keranjang, atau yang lainnya.

3. Bilas wastafel setelah digunakan

Luangkan waktu untuk membersihkan sisa pasta gigi, rambut, atau kotoran di wastafel kamar mandi setelah digunakan. Hal ini merupakan salah satu cara termudah untuk membuat kamar mandi terlihat dan terasa lebih bersih.

4. Bersihkan meja

Meja yang terletak di kamar mandi akan terkena banyak kotoran. Bersihkan meja rias di kamar mandi setiap hari dengan menggunakan pembersih semprot atau tisu disinfektan.

Jika Anda membiarkannya terlalu lama, kotoran dapat sulit dibersihkan.

4. Atasi noda sabun

Sediakan squeegee di kamar mandi untuk membantu penumpukan kotoran sabun di dinding dan lantai.

Setelah mandi, gunakan alat ini untuk mendorong semua genangan air ke saluran pembuangan sehingga mempercepat pengeringan. Langkah kecil ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik namun membuat perbedaan esar dalam kebersihan kamar mandi.

Untuk menghindari penumpukan botol sabun, Anda dapat menggantungkan shower caddy di sudut kamar mandi yang akan menampung botol sampo dan kondisioner. Saat botol sudah kosong, buanglah botol tersebut daripada membiarkannya menumpuk.

5. Bersihkan mangkuk kloset

Semakin sering membersihkan kloset, pembersihan akan semakin mudah. Anda juga dapat menghilangkan bau toilet dengan soda kue.

Tuangkan soda kue pada mangkuk kloset di malam hari, dan biarkan ia bekerja dengan sendirinya. Pada pagi hari, Anda cukup menyiramnya.

6. Periksa permadani dan handuk tangan

Untuk kamar mandi berkonsep kering dan dilengkapi dengan permadani, luangkan waktu sejenak setiap hari untuk memeriksa permadani. Jika perlu, kibaskan permadani sebelum Anda masuk.

Periksa juga handuk tangan, ganti handuk tangan yang kotor dengan yang baru. Sebagai bagian dari rutinitas mingguan, masukkan permadani dan handuk ke dalam mesin cuci.

7. Nyalakan exhaust fan

Jika terdapat exhaust fan di kamar mandi, nyalakan segera setelah Anda menyalakan keran. Setelah selesai, biarkan exhaust fan bekerja selama 10 hingga 20 menit untuk menghilangkan kelembapan di kamar mandi dan mencegah timbulnya jamur.

Jika kamar mandi Anda tidak dilengkapi exhaust fan, bukalah jendela kamar mandi atau gunakan kipas angin portabel untuk mengeluarkan kelembapan.

8. Bersihkan cermin kamar mandi

Bersihkan cermin kamar mandi setiap hari. Gunakan handuk mikrofiber untuk menyeka cipratan pasta gigi atau tetesan air sebelum menjadi lebih sulit dibersihkan.

9. Kosongkan tempat sampah


Kosongkan tempat sampah kamar mandi setiap hari. Bila perlu, bersihkan tempat sampah.

10. Tutup tirai kamar mandi

Jamur dapat tumbuh di sela-sela lipatan tirai kamar mandi. Untuk mengatasi hal ini, jaga agar tirai tertutup setiap saat. Keadaan tertutup memungkinkan tirai untuk benar-benar kering di sela-sela waktu mandi.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/15/171300276/tips-membersihkan-kamar-mandi-untuk-anda-yang-sibuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke