Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memilih Ukuran Permadani yang Tepat untuk Ruang Makan


JAKARTA, KOMPAS.com - Menempatkan permadani di ruang makan dapat mengubah tampilan dan nuansa ruangan secara instan. Permadani dapat menambah kehangatan dan menambahkan tekstur mewah.

Namun, bagaimana menentukan ukuran permadani yang tepat untuk ruang makan?

Dilansir The Spruce, Sabtu (11/3/2023), permadani harus dapat mengakomodasi kursi dan lalu lintas yang padat dengan nyaman, tanpa menimbulkan bahaya tersandung.

Permadani ruang makan yang terlalu kecil dapat menimbulkan bahaya tersandung, di samping terlihat canggung. Untuk mendapat keseimbangan yang tepat, pertimbangkan ukuran dan bentuk meja makan, kursi dan perabot lainnya di ruang tersebut.

Berikut ini tips memilih ukuran permadani yang tepat untuk ruang makan.

1. Memilih ukuran permadani yang tepat

Ikuti panduan berikut ini untuk memilih ukuran permadani yang tepat.

  • Sesuaikan dengan ukuran meja makan

Mengukur permadani berdasarkan meja makan Anda adalah cara terbaik untuk memastikannya sesuai dengan ruangan.

Selain membantu Anda menghindari bahaya tersandung, Anda dapat terhindari dari memilih karpet yang terlalu besar atau terlalu kecil.

  • Selalu akomodasi kursi

Untuk memberi gambaran tentang seberapa besar permadani yang harus digunakan, tambahkan 24 inci atau sekitar 60 cm ke semua sisi meja makan.


Hal ini memastikan bahwa kursi dapat masuk dan keluar tanpa menyentuh tepi permadani. Permadani yang terlalu kecil dapat lebih mudah tersangkut, berkerut, atau tertekuk, sehingga seiring waktu akan rusak.

  • Pertimbangkan furnitur lain

Pertimbangkan furnitur lain yang ada di ruangan. Hindari permadani yang terlalu besar sehingga harus diletakkan di bawah kaki depan furnitur lain. Selain membuat ruangan terasa tidak nyaman, hal ini juga membuat furnitur tersebut tidak seimbang.

2. Memilih bentuk permadani

Bentuk meja juga sangat memengaruhi permadani. Memilih permadani yang sesuai dengan bentuk meja akan membuat ruangan terasa harmonis.

Sebagai contoh, meja yang panjang terlihat paling baik dengan permadani yang panjang. Meja bundar terlihat paling baik dengan permadani bundar.

Namun, jangan ragu untuk memadukan bentuk jika Anda menginginkan suasana yang lebih ekspresif. Misalnya, permadani persegi digunakan untuk mengontraskan meja bundar, atau permadani oval untuk meja persegi panjang.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/11/220048976/tips-memilih-ukuran-permadani-yang-tepat-untuk-ruang-makan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke