Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Kesalahan yang Dilakukan Orang Saat Menjual Rumah Pertama Kali

Pasalnya, menjual rumah bukan hal mudah dan membutuhkan banyak pertimbangan. Karena itu, sebelum melego rumah, pastikan bahwa diri Anda dan properti telah siap. 

Mulai dari, menentukan harga jual, mendaftarkan rumah ke jasa jual-beli rumah, hingga mengurus segala surat-surat yang diperlukan. 

Pada intinya, ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebagai penjual. Jangan sampai merasakan penyesalan setelah rumah terjual. 

Zillow—perusahaan properti daring asal Amerika Serikat—melakukan survei terbaru terhadap 84 persen orang Amerika yang menjual rumah untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir berharap mereka melakukan sesuatu yang berbeda.

Jajak pendapat tersebut mengungkapkan banyak penjual pertama kali yang menyesal tentang harga, waktu, atau pemasaran rumah mereka.

Untuk menghindari kesalahan-kesalahan ini ketika tiba waktunya Anda menjual rumah, ada baiknya memahami kesalahan-kesalahan utama yang dilakukan para peserta survei tersebut. 

Nah, dilansir dari Martha Stewart, Kamis (9/3/2023), berikut empat kesalahan yang dilakukan saat menjual rumah pertama kali. 

Memang sulit memutuskan berapa harga jual rumah Anda. Menetapkan harga yang terlalu tinggi dapat menyebabkan penjualan lebih lambat, tapi menetapkan harga terlalu rendah akan membuat Anda menyesal kemudian. 

Ekonom senior Zillow, Nicole Bachaud, mengatakan penjual rumah cenderung menyesal karena memberi harga rumah mereka terlalu tinggi. 

Harga yang diminta tetangga mereka setahun lalu mungkin tidak lagi realistis. Mereka perlu menyesuaikan ekspektasi jika ingin menghindari rumah mereka bertahan lama di pasar. 

Mengabaikan daya tarik virtual 

Selanjutnya, kesalahan yang dilakukan saat menjual rumah pertama kali adalah mengabaikan daya tarik virtual. Pasalnya, hal ini sangat penting di zaman serba teknologi sekarang ini.

Sekitar 90 persen penjual pertama kali berpikir bahwa ada sesuatu yang dapat membantu mereka mendapatkan harga jual lebih tinggi.

Sebanyak 39 persen dari responden tersebut percaya bahwa foto-foto yang lebih baik dapat meningkatkan penjualan mereka (25 persen mengatakan bahwa tur virtual juga dapat membantu).

Banyak calon pembeli mencari rumah secara online, yang berarti Anda tidak boleh mengabaikan daftar situs web tersebut.

Pertimbangkan membuat paket media yang menyertakan fotografi beresolusi tinggi untuk membantu menyoroti fitur-fitur terbaik rumah Anda.

Menurut Zillow, listing yang menyertakan tur rumah virtual mendapatkan 69 persen lebih banyak dilihat dan 80 persen lebih banyak disimpan. 

"Meski waktu terbaik menjual rumah adalah pilihan pribadi, jika Anda memiliki fleksibilitas, waktu yang optimal untuk mendaftarkan rumah adalah pada paruh kedua April," kata Zillow.

Pengaturan waktu penjualan rumah dengan pembelian rumah lain adalah salah satu pemicu stres terbesar bagi penjual.

Sekitar 36 persen penjual rumah pertama kali berharap mereka tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjual rumah.

Sekitar 37 persen penjual mengatakan menjual rumah mereka sesuai jadwal dengan tanggal penutupan yang fleksibel atau menjual dengan cepat adalah prioritas utama mereka. 

Berhemat dalam perbaikan

Terakhir, kesalahan yang dilakukan saat menjual rumah pertama kali adalah berhemat dalam perbaikan atau renovasi. Merenovasi rumah sebelum menjualnya mungkin sepadan dengan biaya tambahan yang harus dikeluarkan.

Menurut survei Zillow, 25 persen partisipan percaya bahwa mereka bisa mendapatkan harga jual lebih tinggi jika berinvestasi pada lebih banyak perbaikan dan renovasi rumah.

Terlepas dari penyesalan ini, sebagian besar penjual (66 persen) melaporkan telah melakukan setidaknya dua proyek perbaikan sebelum menjual rumah dan 78 persen percaya proyek-proyek tersebut telah membantu mereka menjual rumah. 

"Proyek yang tepat dapat membuahkan hasil," imbuh Amanda Pendleton, pakar tren rumah Zillow.

Penjual harus berpikir secara strategis tentang laba atas investasi mereka sebelum melakukan perbaikan dan renovasi.

Lansekap, pengecatan interior, dan pembersihan karpet adalah proyek penjual yang paling sering diselesaikan untuk alasan yang bagus.

"Hal ini meningkatkan daya tarik online dan mengirimkan sinyal kuat kepada pembeli bahwa rumah tersebut terawat dengan baik," ucap Amanda. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/09/190000976/4-kesalahan-yang-dilakukan-orang-saat-menjual-rumah-pertama-kali

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke