Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Asal, Ini 6 Cara Membuat Dinding Aksen di Rumah

Dinding aksen adalah dinding yang dicat dengan warna berbeda dari dinding lainnya. Dinding ini memiliki tampilan cukup kontras dari warna dinding lainnya. 

Dinding aksen juga dapat menciptakan titik fokus, mengubah tampilan ruangan, serta membuat rumah terlihat lebih menonjol. 

Selain itu, dinding aksen menjadi salah satu aspek mendasar dari ruang yang tenang dan ramah karena menciptakan rasa keseimbangan. 

Namun, menentukan dinding mana yang harus dipilih sering kali membuat bingung. Sebetulnya, jawaban yang salah di sini.

Namun, beberapa dinding terlihat lebih baik jika dipilih dengan warna cat atau pola wallpaper daripada yang lain. 

Untuk membantu Anda, desainer interior berbagi cara membuat dinding aksen di rumah dikutip dari Homes and Gardens, Kamis (9/3/2023). 

Misalnya, sebuah ruangan yang panjang mungkin tidak memiliki titik fokus yang jelas dibanding  ruangan persegi dengan perapian dan rak buku built-in. Jadi, ini berarti mempercayai intuisi desain Anda sendiri. 

Desainer interior Jennifer Davis mengatakan hal pertama yang perlu dipikirkan adalah dinding mana yang terasa seperti jangkar.

Dalam feng shui, posisi komando atau memerintah adalah tempat paling nyaman untuk duduk, idealnya dengan pemandangan pintu.

"Kami sarankan menempatkan posisi komando ruang keluarga feng shui dan menjadikan dinding di belakang atau di depannya sebagai dinding aksen," katanya. 

Pilih dinding yang berdekatan dengan jendela

Lucy Searle, Pemimpin Redaksi Global Homes & Gardens, mengatakan mengecat dinding belakang area dapur dengan warna terakota gelap untuk menghangatkannya dan menciptakan kedalaman. 

"Dengan mengecat dinding yang berdekatan dengan jendela dengan warna hangat, Anda dapat membuat ruangan yang sejuk dan menghadap ke utara terasa lebih nyaman."

Sama dengan cermin yang diletakkan berdekatan jendela akan memantulkan banyak cahaya ke dalam ruangan, dinding yang lebih gelap dengan warna hangat akan mempengaruhi cahaya yang dipantulkan dan membuatnya terasa lebih hangat. 

Sebagai contoh, dinding di belakang perapian atau sofa mungkin masuk akal dijadikan dinding aksen.

"Jika meletakkan dinding aksen di dinding samping atau dinding tanpa potongan-potongan besar, ini akan membuatnya terasa tidak seimbang," Jennifer Davis memperingatkan.

Mengecat dinding di belakang sofa dengan warna sama dengan sofa adalah tren yang sedang populer dan bisa terlihat sangat berdampak. 

Pertimbangkan ke mana Anda ingin mengarahkan mata

Aturan praktis dari Jennifer Davis adalah memikirkan ke mana Anda ingin mengarahkan pandangan.

Ia mengatakan sering kali itu adalah dinding pertama yang Anda lihat saat masuk, tapi tidak selalu. Tergantung pada masing-masing ruang. 

"Kami juga suka menyoroti dinding kelima (plafon) karena sering diabaikan dan dapat menciptakan dampak sangat besar di ruang lebih kecil. 

Namun, tidak harus dinding yang pertama kali Anda lihat, tapi dinding tersebut harus dinding yang memberikan dampak terbesar. Jika akan mengecatnya, pastikan memilih warna dan hasil akhir yang berdampak besar!

Dia mendorong klien untuk bereksperimen dengan cat dan media lain untuk menciptakan tampilan yang benar-benar dramatis di rumah.

Hal ini bisa saja berupa kilau yang berbeda dari dinding lainnya, wallpaper yang bisa dilepas, atau mural dinding. 

Gunakan dinding aksen untuk menonjolkan detail arsitektur 

Menurut Grace Baena, desainer interior Kaiyo Used Dressers, mengatakan dinding di seberang pintu masuk kamar biasanya dijadikan sebagai dinding aksen. Hal ini dapat berubah tergantung pada tata letak ruangan.

Dia menjelaskan ruangan dengan sudut atau variasi arsitektur lainnya, seperti rak buku built-in, batu bata ekspos, atau panel dinding, dapat memperoleh manfaat dari dinding aksen yang ditempatkan di area berbeda dari ruangan lainnya.

Hal ini sangat tergantung pada bentuk ruang keluarga Anda dan bagaimana ingin menggunakannya, jadi luangkan waktu di ruangan sebelum mengambil kuas. 

Dinding mana yang terbaik untuk dijadikan aksen di ruang keluarga?

Terkadang, dinding terbaik untuk memberi aksen pada ruang keluarga adalah dinding yang mengoreksi atau memperbaiki proporsi ruang.

Sebagai contoh, jika ruang keluaarga sempit dan panjang, mengecat atau melapisi dinding terjauh dengan warna lebih gelap daripada tiga dinding lainnya akan membuatnya lebih maju secara visual, ruangan tampak lebih pendek, serta tidak terlalu sempit.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/09/071900876/jangan-asal-ini-6-cara-membuat-dinding-aksen-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke