Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Fakta Menarik Kucing British Shorthair, Ras Kuno dan Hampir Punah

Bristih shorthair adalah ras kucing berukuran sedang hingga besar yang sangat kuat dengan tubuh sangat berotot dan tulang yang berat. 

Selain itu, kucing British shorthair memiliki penampilan yang bulat dan gembul. Hampir semua bagian tubuhnya berbentuk bulat, dari kepala, mata, pipi, cakar, hinggga ekor dengan ujung membulat.

Penampilan ini menjadi ciri khas kucing asal Inggris tersebut serta membuatnya terlihat lucu dan menggemaskan. 

Tampilan ini membuat kucing British shorthair menjadi salah satu ras kucing favorit yang banyak dipelihara dan paling populer kelima di Amerika Serikat pada 2014.

Sama dengan ras kucing lainnya, Bristish shorthair memiliki sejumlah keunikan dan kelebihan. Dilansir dari Mental Floss, Rabu (3/1/2023), berikut fakta menarik kucing British shorthair. 

Ketika Romawi menginvasi Britania Raya pada 43 Masehi, mereka membawa serta kucing British shorthair.

Disukai "bapak kucing mewah"

British shorthair dulunya dikenal sebagai kucing jalanan dan tikus gudang. Hingga akhirnya, Harrison Weir, seorang penyayang binatang abad ke-19 asal Inggris, yang juga dikenal sebagai "bapak kucing mewah", mulai mengembangbiakkan kucing British shorthair. 

Dia memamerkan ras kucing British shorthair di Crystal Palace London pada 1871 dalam sebuah acara yang dianggap banyak orang sebagai pertunjukan kucing pertama di dunia.

Pertunjukan tersebut dipenuhi dengan kucing-kucing impor yang eksotis, termasuk kucing Persia dan kucing yang mirip dengan kucing Siam.

Namun, Weir lebih menyukai ras asli negaranya. "Cinta pertama saya akan selalu untuk kucing domestik berbulu pendek," tulis Weir dalam bukunya tentang berbagai ras kucing, Our Cats and All About Them (1889). 

Akibatnya, para penggemar kucing berhenti mengembangbiakkan British shorthair selama Perang Dunia I dan II dan membuat ras ini hampir punah.

Untuk memastikan kelangsungan hidup ras ini, para penggemar kucing British shorthair mengawinkan kucing mereka dengan kucing Persia dan kucing lainnya.

Walhasil, kucing British shorthair tetap bertahan dan pada 1980, Cat Fanciers’ Association (CFA), mengakui kucing ini sebagai ras resmi di Amerika. 

Tidak semua bulu British shorthair berwarna abu-abu 

Beberapa orang berpikir bahwa semua kucing British shorthair berwarna abu-abu keperakan dengan mata tembaga. Tampilan itu biasanya jenis kucing British blue.

Meski British blue adalah variasi yang populer dari ras ini, itu bukan satu-satunya. Kucing British shorthair tersedia dalam berbagai warna, dari hitam, biru, cream, putih, coklat kekuningan, coklat tua, hingga coklat kekuningan. 

Anda dapat menemukan kucing British shorthair dengan pola titik warna, kulit penyu, dua warna, dan tabby. 

Selain itu, tekstur bulunya relatif keras karena dimaksudkan sebagai perlindungan bagi kucing. Sedangkan untuk warna mata, berkisar dari emas ke tembaga hingga biru-hijau. 

Namun, ras kucing berbadan padat ini memiliki kecenderungan obesitas dan mudah mencapai timbangan dengan berat lebih tinggi.

PetMD baru-baru ini mendaftarkan British shorthair sebagai salah satu dari 10 kucing tergemuk.

Pemilik British shorthair disarankan memberi kucing mereka makanan sehat dan banyak berolahraga karena kucing obesitas mengalami peningkatan risiko diabetes, penyakit jantung, juga radang sendi.  

Menjadi magnet untuk berita-berita aneh 

Fakta menarik kucing British shorthair lainnya adalah telah muncul dalam beberapa berita internasional yang aneh.

Misalnya, pada akhir 2014, penagih utang negara di Kota Novosibirsk, Siberia, Rusia, mencoba memaksa seorang pria untuk membayar pajak sebesar 12.000 rubel atau sekitar Rp2,4 juta. 

Karena si pengutang tidak memiliki harta benda berharga, para penagih mengancam akan menyita induk kucing British shorthair dan tiga anak kucing miliknya. 

"Karena hewan-hewan tersebut memiliki silsilah dan mahal, perwakilan hukum memutuskan menahan induk kucing tersebut," kata petugas pengadilan di wilayah tersebut dalam sebuah pernyataan.

Pria itu akhirnya membayar pajaknya dan kucing peliharaannya dikembalikan.  

Suara dengkurannya mencapai 67,7 desibel dan dilaporkan sama berisiknya dengan mesin pemotong rumput.

Sayangnya, Smokey mati karena gagal ginjal pada 2014. Dia diabadikan dalam Guinness World Records sampai kucing lain, Merlin, memecahkan rekor dengkurannya pada 2015 dengan dengkuran 67,8 desibel. 

Nah, itu dia sejumlah fakta menarik kucing British shorthair. Bagaimana Anda tertarik memeliharanya? 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/01/170500276/7-fakta-menarik-kucing-british-shorthair-ras-kuno-dan-hampir-punah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke