Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Ras Anjing Keluarga Terbaik yang Lucu dan Menyenangkan

Namun, memilih anjing keluarga yaang terbaik tak bisa dilakukan secara asal. Gampangnya, memilih anjing keluarga harus sesuai dengan kepribadian Anda. 

Misalnya, mengikuti kesibukan rumah tangga, anjing yang bisa diajak berjalan-jalan, anjing yang bisa diajak bersantai pada pagi hari, atau anjing yang suka meringkuk sehingga Anda tak khawatir meninggalkannya lama saat bekerja.

Namun, seperti halnya penampilan dan definisi keluarga yang telah berkembang selama bertahun-tahun, begitu pula harapan akan anjing keluarga terbaik.

Michelle Beck, dokter hewan di Backlund Animal Clinic, Omaha, Amerika Serikat, menyesuaikan anjing dengan gaya hidup Anda adalah hal penting dari sudut pandang kualitas hidup. 

Jika Anda adalah tipe orang yang tinggal di rumah dan memiliki anjing dengan banyak energi atau sangat aktif, anjing tersebut akan merasa bosan dan mulai bertingkah. 

Anjing keluarga terbaik adalah memiliki kepribadian santai, lembut, penyayang, menyenangkan, serta ramah dan akrab untuk anak-anak dan lansia. 

Nah, disadur dari Daily Paws, Jumat (26/8/2022), berikut sejumlah ras anjing terbaik untuk keluarga. 

Labrador tak hanya menjadi anjing keluarga terbaik, tapi juga teman berburu dan berkemah. Labrador retriever memiliki kepribadian yang sangat mudah bergaul, sabar dengan anak-anak yang usil, serta tidak mudah terluka oleh permainan kasar dan jatuh. 

Irish setter

Anjing berenergi tinggi lainnya yang cocok untuk keluarga adalah Irish setter. Ras anjing ini menjadi pilihan tepat untuk orang-orang dengan gaya hidup aktif atau memiliki halaman belakang untuk berlari serta bermain dengan mainan di luar ruangan.

Irish setter adalah salah satu anjing keluarga terbaik karena akrab dengan anak-anak dan anjing lainnya, sangat pintar, mudah dilatih, serta memiliki kekuatan dan ukuran yang cukup untuk melakukan petualangan atau aktivitas apa pun selama yang Anda inginkan.  

Dengan kata lain, Newfoundland cocok menjadi anjing terbaik untuk keluarga. Sebagai anjing pekerja, Newfoundland mampu belajar dan mengikuti petunjuk dengan cepat, membuat keputusan secara mandiri, serta memiliki naluri alami untuk menjaga dan mengasuh orang-orangnya.  

French bulldog 

French bulldog merupakan anjing keluarga favorit bagi penghuni apartemen. Anak anjing yang sangat mudah beradaptasi ini merespons pelatihan dengan baik, hanya membutuhkan sedikit ruang atau latihan, dan memiliki reputasi sebagai sahabat yang penuh kasih sayang dan pendiam.

Cavalier king charles juga merupakan anjing yang cerdas, berumur panjang, serta menjadi teman berbulu yang setia untuk anak-anak hingga lansia. 

"Bagi saya, mereka adalah anjing keluarga yang sempurna. Mereka cerdas, sangat manis, dan sangat mudah dilatih," ujar Beck.  

Pudel standar

Pudel standar adalah pilihan bijak untuk menjadi anjing keluarga serta teman bermain yang energik bagi anak-anak.

Tinggi, anggun, dan cerdas, Pudel standar dibiakkan sebagai anjing pelacak sehingga cukup tangguh untuk kegiatan di luar ruangan.

Anak-anak tidak akan kesulitan mengajari mereka tidak hanya isyarat dasar, tetapi juga berbagai macam trik.

Pudel memiliki usia hidup 10-18 tahun sehingga menjadi pilihan anjing peliharaan yang baik untuk keluarga. Meski bulunya tebal dan keriting, Pudel agak hipoalergenik dan jarang merontokkan bulunya. 

Ras anjing ini terkenal dengan sikapnya yang penyayang dan tenang, persis seperti yang Anda inginkan dari anjing keluarga yang baik hati.

Meski bulunya perlu penyikatan rutin untuk tetap halus dan terlihat cantik, ini mungkin merupakan kegiatan yang diawasi dengan baik yang dapat diikuti anak-anak untuk belajar lebih banyak tentang kepemilikan dan tanggung jawab terhadap anjing peliharaan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/06/200922676/7-ras-anjing-keluarga-terbaik-yang-lucu-dan-menyenangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke