Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Dekorasi Imlek untuk Keberuntungan di Tahun Kelinci Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun Baru Imlek jatuh pada 22 Januari 2023 mendatang. Pada dasarnya, Tahun Baru Imlek adalah perayaan datangnya musim semi dan awal tahun yang baru.

Dikutip dari Good Housekeeping, Senin (9/1/2023), berdasarkan kalender lunar, tahun 2023 dimulai pada tanggal 22 Januari tahun ini. Jika Anda merayakannya, maka sudah saatnya mempersiapkan dekorasi Imlek untuk membawa kebahagiaan dan keberuntungan bagi Anda dan keluarga.

Meskipun merupakan tradisi Tahun Baru Imlek bagi beberapa rumah tangga untuk mendekorasi pada Malam Tahun Baru, ada pula yang mulai mendekorasi sekitar sepuluh hari sebelumnya.

Hampir semua dekorasi Imlek melibatkan simbol keberuntungan dan warna merah, yang dikenal mewakili keberuntungan dan kebahagiaan. Setiap tahun dikaitkan dengan salah satu dari 12 hewan zodiak Tionghoa.

Adapun tahun ini adalah Tahun Kelinci Air, simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa.

Berikut beberapa dekorasi Imlek untuk mendatangkan keberuntungan di Tahun Kelinci Air. 

1. Lampion merah

Di dalam dan di luar rumah, lampion merah berbentuk ulat dan dengan jumbai dekoratif adalah dekorasi penting Tahun Baru Imlek. Ketika digantung di depan pintu, lampion merah dianggap dapat menjauhkan nasib buruk.

Namun, lampion merah juga menjadi simbol kebahagiaan ketika digantung di tempat lain.

2. Karakter Fu

Hiasi ruangan Anda dengan kaligrafi kertas yang menampilkan karakter Fu terbalik. "Fu" diterjemahkan menjadi kebahagiaan, keberuntungan, dan nasib baik.

Menempatkan karakter Fu dimaksudkan untuk melambangkan keberuntungan yang "mengalir" ke rumah Anda dan tamunya.

3. Angpao merah

Tradisi memberikan amplop angpao merah sudah ada sejak lama. Angpao merah biasanya diisi dengan uang dan biasanya dihiasi dengan simbol dan gambar.

Angpao merah dapat memberikan lebih banyak kebahagiaan dan keberuntungan bagi penerimanya. Anda juga bisa menggunakan amplop merah sebagai dekorasi, baik digantung di pohon seperti ornamen atau dilipat menjadi origami.

4. Bunga simbol keberuntungan dan kebahagiaan

Untuk melambangkan awal musim semi, hiasi dengan bunga dan tanaman yang bermekaran. Bunga anggrek adalah simbol kesuburan dan kehalusan, sementara bunga peony terkait dengan kekayaan, kehormatan, dan kemakmuran.

Adapun bunga persik adalah simbol pertumbuhan, kemakmuran, dan romansa, sementara bunga krisan dikatakan dapat meningkatkan kekayaan dan keberuntungan.

5. Boneka kelinci

Siapa pun yang ulang tahunnya jatuh setelah 23 Januari secara resmi akan lahir di tahun kelinci. Budaya Tionghoa percaya kelinci adalah simbol kedamaian, umur panjang, dan kemakmuran.

Boneka kelinci kain menggemaskan ini sangat cocok untuk mendekorasi dan dijadikan hadiah untuk anak-anak.


6. Pohon jeruk

Dipercaya membawa keberuntungan dan keberuntungan, pohon jeruk dan kumquat menjadi dekorasi yang populer selama Tahun Baru Imlek. Tempatkan satu di depan pintu masuk rumah untuk menyambut tamu.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/09/075600076/6-dekorasi-imlek-untuk-keberuntungan-di-tahun-kelinci-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke