Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Dekorasi Kamar Tidur Sempit agar Tampak Lebih Luas

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur adalah tempat istirahat, tempat perlindungan, dan tempat untuk mendukung ketenangan setelah sibuk beraktivitas. Oleh sebab itu, kamar tidur harus menjadi ruangan yang nyaman dan hangat.

Namun, bagaimana dengan kamar tidur sempit atau kamar tidur kecil?

Dikutip dari Femina India, Rabu (4/1/2023), Anda dapat dengan mudah mengubah kamar tidur sempit atau kecil menjadi kamar yang tenang dan nyaman.

Berikut beberapa tips dekorasi kamar tidur sempit agar tampak lebih luas dan memberikan kenyamanan saat beristirahat.

1. Warna kamar tidur

Ankit Ojha dan Anand Ojha, desainer interior utama di Anand Atelier Associate mengatakan bahwa interior putih sangat populer dan memberikan tampilan yang menyegarkan pada ruangan.

Warna putih membuat ruang terlihat lebih terang dan cerah dengan cahaya alami yang jatuh di atasnya.

Interior putih dengan banyak tanaman dalam ruangan, furnitur atau aksesoris vintage, kain berwarna kontras, dan aksesoris pribadi yang dipilih dengan cermat kamar tidur terlihat lebih cantik dan lapang, jelas mereka.

Desainer interior Punam Kalra menyarankan untuk memilih warna yang lebih terang. Putih hangat, putih sejuk, warna netral seperti warna beige, dan warna pastel bisa menjadi pilihan.

Ruang-ruang yang diatur oleh warna-warna cerah berbasis putih seperti taupe, peach, powder blue, blush pink, dan banyak lagi, cenderung memantulkan cahaya untuk membuat hamparannya berlipat ganda.

Anda dapat menggunakan warna-warna tersebut dalam segala hal mulai dari tempat tidur hingga kepala tempat tidur, dan memantulkan cahaya dengan sentuhan akhir yang lebih halus dan tekstur halus di permukaan.

Dinding teraso, lantai marmer, dan lampu kristal juga melengkapi tren kamar tidur serba putih.

Menurut Kalra, Anda dapat menghadirkan efek monokrom seperti itu dengan warna lantai dan dinding yang terkoordinasi untuk mendapatkan tampilan kamar tidur yang lebih luas.

3. Minimalis

Ankit dan Anand Ojha mengatakan bahwa kamar tidur secara otomatis terlihat lebih luas  ketika memiliki ruang lantai yang bebas.

Minimalisme dan kesederhanaan akan memberikan ruang bebas kekacauan, yang memungkinkan kita bereksperimen dengan warna berbeda dan menciptakan kombinasi yang kontras. Ini akan membuat kamar tidur lebih tenang dan santai, mewah dan berkelas.

Kalra juga menyarankan untuk meminimalkan latar belakang dengan furnitur kompak dan dekorasi yang memberikan daya tarik.

4. Furnitur dan penyimpanan

Punam menjamin perabot built-in. Menggunakan furnitur built-in di sepanjang tata letak kamar tidur yang bersih dapat memberikan garis besar yang rapi pada komposisi visual interior. 

Selain itu, dia menyarankan siluet mungil dan palet monokrom untuk penyimpanan khusus dan bereksperimen dengan peningkatan hemat ruang seperti meja konvertibel, penyimpanan di bawah tempat tidur, dan lainnya.

Sebagai alternatif, Ankit dan Anand Ojha menyarankan rak kayu atau rak kaca ramping yang dipadukan dengan pilihan perangkat keras dan material yang tepat untuk menciptakan perbedaan mencolok pada ruang.

Hadirkan tampilan terorganisir dengan penyimpanan tersembunyi di balik cermin atau bantalan.

5. Kesimbangan

Kalra mengingatkan untuk memperhatikan keseimbangan visual dan komposisi. Elemen simetris seperti sepasang lampu gantung, konsol 4 pintu, dan banyak lagi, menandakan keseimbangan langsung.

Komposisi seperti dinding galeri kisi, meja rias kembar, atau bahkan dekorasi identik dapat memperpanjang sudut pandang Anda dan membuat ruangan terasa lebih besar.

Secara paralel, hubungan antara kesinambungan dan ilusi paling baik diilustrasikan dengan karpet yang menutupi seluruh lantai, tirai dari langit-langit ke lantai, dan tirai tipis yang membentang di sepanjang dinding.

Elemen penghubung ini adalah kunci kesan visual ruang, jelas Kalra. Tirai dari langit-langit ke lantai akan memberikan simetri pada ruang dan membuat ruangan tampak lebih tinggi.

Gunakan kain linen atau katun dengan warna terang, saran Anand dan Ankit Ojha.

6. Cermin di dinding


Ankit dan Anand Ojha berbagi satu trik mudah untuk mengubah kamar tidur sempit tampak lebih luas, yakni tambahkan satu atau dua cermin untuk mempercantik ruangan.

Cermin memantulkan cahaya, memberikan ilusi ruang yang jauh lebih besar. Pilih dinding dengan cahaya alami atau buatan maksimum yang jatuh ke atasnya; ini akan membantu memaksimalkan dampaknya, saran mereka.

Punam juga menyarankan untuk menggunakan panel dinding reflektif yang menggambarkan ilusi ruang yang lebih besar.

7. Samarkan batas ruang

Berikan lebih banyak fokus pada bukaan seperti jendela, balkon, atau tempat duduk, dan sertakan sebagai bagian dari ruang. Gunakan furnitur yang menghubungkan ruang dengan satu tema, ungkap Kalra.

Pikirkan benda-benda yang terinspirasi dari alam seperti dipan kayu, kursi rotan, meja kayu, tirai bambu, lampu buatan tangan, dan lainnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/04/210000376/tips-dekorasi-kamar-tidur-sempit-agar-tampak-lebih-luas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke