Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 5 Tips Aman Memasak dengan Panci Presto

JAKARTA, KOMPAS.com - Panci presto atau pressure cooker adalah peralatan masak yang memungkinkan Anda memasak makanan dengan cepat.

Namun, banyak orang takut menggunakan panci presto karena memasak dengan cepat dan menyebabkan berantakan saat memasak, seperti saus tumpah.

Akan tetapi, panci presto seharusnya tidak menjadi penyebab kekhawatiran karena panci presto saat ini dibuat dengan berbagai fitur keselamatan yang memastikan Anda tidak akan mengalami masalah ledakan seperti panci presto model lama.

Dikutip dari Cookist, Senin (19/12/2022), berikut beberapa tips aman memasak dengan panci presto.

1. Periksa panci presto sebelum digunakan

Tips pertama untuk memasak dengan panci presto adalah mengecek panci presto sebelum memasak. Disarankan untuk selalu memeriksa gasket atau cincin karet yang melapisi tutup panci untuk memastikan tidak kering atau retak.

Beberapa pabrikan merekomendasikan untuk mengganti karet ini setiap tahun, tergantung seberapa sering panci digunakan.

Selain itu, penting untuk memastikan bahwa tidak ada makanan kering di tepi panci, yang dapat merusak segelnya.

2. Jangan memenuhi panci

Hindari pengisian panci yang berlebihan. Untuk sebagian besar makanan, panci presto dapat diisi hingga lebih dari dua pertiga penuh, untuk menghindari kemungkinan makanan menghalangi ventilasi.

Makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian, yang cenderung membengkak saat dimasak, sebaiknya hanya diisi sekitar setengah dari panci.

3. Selalu gunakan cairan secukupnya saat memasak

Pressure cooker atau panci presto membutuhkan cairan untuk menghasilkan uap yang memasak makanan. Takaran yang dibutuhkan setidaknya setengah cangkir air atau cairan lain.

Jika uap tampaknya tidak terbentuk dengan jumlah ini, maka panci dapat dibuka untuk mengeluarkan uap terlebih dahulu dan menambahkan sedikit lagi hingga tekanan tercapai.

4. Berikan perhatian khusus saat memasak makanan yang menghasilkan buih

Perhatian khusus harus diberikan saat memasak makanan yang berbuih. Pasalnya, buih dapat menyumbat katup uap dan lubang pelepas tekanan.

Makanan yang berbusa termasuk pasta, rhubarb, kacang polong, oatmeal, dan saus apel harus mengikuti resep tepercaya saat dimasak untuk memastikan bahwa jumlah dalam panci jauh di bawah batas pengisian maksimum yang disarankan dari panci presto biasa.

5. Cuci panci presto secara menyeluruh setelah setiap kali digunakan

Terakhir, panci presto harus dibersihkan secara optimal dengan melepas paking dan mencucinya secara terpisah, bersama dengan tutup dan panci.

Selain itu, klep perlu dibersihkan dengan tusuk gigi. Pastikan klep bergerak bebas dan tidak macet.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/19/090500576/simak-5-tips-aman-memasak-dengan-panci-presto

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke