Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Harus Mengganti TV? Ini 5 Hal yang Harus Dipertimbangkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika menata ulang rumah, TV kadang luput dari perhatian. Akan tetapi, mengganti TV dipandang bukan sesuatu yang harus dilakukan buru-buru.

Apakah Anda benar-benar membutuhkan TV baru juga merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan dengan hati-hati, serta apa yang harus dilakukan dengan TV lama setelah membeli TV baru.

Dikutip dari Living Etc, Kamis (15/12/2022), berikut beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk mengganti TV.

1. Sudah berapa lama Anda memiliki TV tersebut?

Pertanyaan pertama yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri adalah sudah berapa lama Anda memiliki TV tersebut.

Bagi siapa pun yang tidak menyimpan daftar mendetail tentang kebiasaan berbelanja mereka, ini mungkin tidak menjadi perhatian utama, dan mudah tertipu oleh semua iklan teknologi canggih dan lupa bahwa Anda membeli TV beberapa bulan yang lalu.

Keyakinan umum mengatakan bahwa TV rata-rata dapat bertahan antara 4 dan 7 tahun, tergantung pada penggunaan, potensi kerusakan, dan faktor lainnya.

Jadi, jika Anda telah memiliki TV selama lebih dari 5 tahun dan merasa bahwa rumah perlu ada penyegaran, maka sangat masuk akal untuk mulai meneliti merek TV dan fitur terbaik.

2. Apakah Anda memerlukan TV yang lebih besar?

Salah satu alasan besar yang membuat orang merasa perlu membeli TV baru adalah ukurannya.

Pilihan ini tergantung pada preferensi dan keadaan pribadi, karena TV terbaik tersedia dalam semua ukuran. TV 32 inci atau 40 inci ideal untuk apartemen kecil, kamar tidur, dan dapur.

Adapun TV 85 inci terbaik lebih cocok untuk ruang tamu besar atau bahkan teater rumah.

3. Apakah Anda membutuhkan teknologi yang lebih baru?

Anda pasti pernah mendengar semua teknologi teranyar TV, misalnya OLED, QNED, 4K, 8K, Mini LED, dan seterusnya.

Namun, mungkin sulit untuk mengetahui mana yang benar-benar akan meningkatkan pengalaman menonton Anda dan mana yang hanya ditambahkan yang tidak akan Anda sadari.

Singkatnya, resolusi yang lebih baik, seperti HD, Full HD, 4K, dan 8K, akan memberi Anda lebih banyak detail dan kejernihan gambar, membuatnya tampak lebih nyata saat Anda menaikkan skala.

Fitur TV 8K sangat baru sehingga sebenarnya tidak banyak konten yang dibuat dalam format saat ini, tetapi ini adalah cara yang baik untuk mempersiapkan penyiapan Anda di masa mendatang.

Jenis panel sedikit lebih umum, tetapi kebanyakan orang cenderung menggunakan OLED atau  QLED. Sederhananya, teknologi ini memberikan kecerahan dan kontras yang lebih baik dengan lebih banyak cahaya yang saling berdekatan.

4. Berapa anggaran Anda?

Banyak saran yang telah disebut di atas didasarkan pada asumsi bahwa harga bukanlah prioritas nomor satu. Namun, anggaran mungkin menjadi faktor penentu ketika bertanya-tanya apakah Anda perlu mengganti TV saat ini atau tidak.

Jika Anda benar-benar perlu membeli TV baru tetapi tidak memiliki anggaran yang besar, maka ada beberapa pilihan.


Pastikan teliti sebelum memutuskan untuk membeli. Bandingkan beragam merek TV dan fitur yang disediakan, yang sesuai dengan anggaran Anda.

5. Bisakah menggunakan kembali TV lama?

Jika Anda memutuskan untuk menukar TV lama Anda dengan sesuatu yang baru, mengapa tidak menggunakan kembali TV lama?

Ada begitu banyak tempat bagus di sekitar rumah yang dapat memanfaatkan TV, misalnya di kamar tidur atau ruang makan. Anda dapat menggunakan beberapa model TV sebagai monitor atau membuat seluruh ruang media.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/15/134100376/kapan-harus-mengganti-tv-ini-5-hal-yang-harus-dipertimbangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke