Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perlukah Melepas Kemasan Saat Menyimpan Bahan Makanan?

Hal ini untuk menjaga kesegarannya dan terhindar dari kotoran, debu, dan serangga seperti semut serta lalat. 

Setelah tiba di rumah, beberapa orang akan langsung memasukkan produk makanan ke  kulkas tanpa melepaskan kemasannya.

Ada pula yang membiarkan produk makanan tetap dalam kemasannya dan menyimpannya di  meja dapur lantaran kulkas sudah penuh. Akan tetapi, apakah cara ini tepat?

Dilansir dari Martha Stewart, Senin (21/11/2022), Global Produce Field Inspector di Whole Foods Market dan US Department of Agriculture (USDA), Katy Green, mengatakan semua buah dan sayuran yang disimpan pada suhu ruangan seperti alpukat, pisang, tomat, kentang, beberapa jenis jeruk, terong, dan bawang bombai harus dikeluarkan dari kemasannya. 

Setelah itu, menyimpannya di area sejuk, kering, dan banyak ventilasi. Untuk kentang, simpan lingkungan gelap, sedangkan pisang tidak boleh disimpan di dekat tomat dan alpukat, kecuali ingin mencoba mematangkannya.

Makanan yang tetap dalam kemasannya dan disimpan di kulkas

Menurut Green, produk makanan seperti buah apel harus disimpan di laci dalam kulkas. Namun, jangan lupa memasukkannya ke kantong plastik berlubang terlebih dulu.

“Ini untuk membantu memerangkap kelembapan sekaligus melepaskan gas etilen yang dikeluarkan apel saat matang,” jelasnya. 

Makanan lain seperti brokoli dan kembang kol juga perlu disimpan dalam laci kulkas. Selain itu, tidak perlu dikeluarkan dari kemasannya dan mencucinya sampai siap digunakan.

Untuk paprika dan cabai yang belum dipotong, tempat dan cara penyimpanannya sama dengan brokoli dan kembang kol.

Selanjutnya, kacang hijau, kacang kapri, dan kacang polong segar juga disimpan di laci kulkas. Namun, harus cepat menggunakannya karena cenderung lebih cepat busuk.

Selanjutnya, jenis makanan lain yang bisa langsung disimpan di kulkas tanpa mengeluarkannya dari kemasan adalah buah beri segar, wortel tanpa daun hijaunya, anggur yang masih berbatang, dan mentimun.

Namun, mentimun sebaiknya disimpan di area terhangat kulkas, misalnya rak penyimpanan di area pintu kulkas. 

Ada beberapa makanan yang harus melalui beragam persiapan sebelum menyimpannya di kulkas, salah satunya eledri.

Bagian bawah batang seledri perlu dipotong, dibungkus dengan tisu basah, dan membungkus semua permukaannya dengan aluminium foil sebelum menyimpannya ke laci kulkas.

Untuk tanaman herbal, potong sekitar setengah inci dari bagian bawahnya dan masukkan ke gelas berisi air, lalu letakkan di area yang tidak terlalu dingin di kulkas, dan ganti airnya setiap hari. 

Namun, untuk selasih (basil) dan mint harus disimpan dalam segelas air di meja dapur alih-alih dalam kulkas.

Jika ingin menyimpannya di kulkas, jangan mencucinya. Letakkan beberapa tisu dapur di dalam kantong plastik, masukkan selasih dan mint, dan taruh di kulkas tanpa menutup kantongnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/21/190000076/perlukah-melepas-kemasan-saat-menyimpan-bahan-makanan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke