Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui, Ini 5 Cara Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Mengingat, rumah tak hanya menjadi tempat perlindungan, tapi juga investasi jangka panjang. Seperti investasi lainnya, Anda dapat meningkatkan nilai jual rumah dengan melakukan beberapa renovasi dan pembelian cerdas. 

Jadi, menghabiskan uang dan waktu untuk perbaikan rumah sesegera mungkin, dapat memperoleh hasil bagus dari waktu ke waktu. Apalagi, bila berencana menjual rumah ke depannya. 

Nah, disadur dari My Decorative, Sabtu (5/11/2022), berikut beberapa cara meningkatkan nilai jual rumah. 

Pastikan juga rumah dibangun di area atau lingkungan yang terpelihara dengan baik. Selanjutnya, lihat halaman, taman, atau kolam renang rumah.

Apakah area tersebut terlalu membosankan dibanding milik tetangga? Jika ya, inilah saatnya menanam beberapa bunga di halaman dan menerapkan lapisan cat baru untuk rumah. 

Setelah selesai dengan eksterior, masuk ke bagian dalam rumah. Perhatikan ruangan-ruangan, seperti ruang tamu, kamar mandi, dan dapur, untuk melihat apakah sudah ketinggalan zaman atau tidak.

Jika furnitur sudah tidak layak pakai, sebaiknya ganti dengan yang baru seperti sofa, karpet, dan meja makan.

Selain itu, letakkan beberapa dekorasi sederhana guna menciptakan perbedaan besar pada tampilan serta nuansa rumah seperti beberapa karya seni dan memperbarui kap lampu di rumah.

Atur barang-barang agar sesuai dengan rumah dan pilih warna yang tepat untuk menciptakan suasana yang hidup. 

Menurut survei Build It Green, sebuah organisasi nirlaba di California, Amerika Serikat, ada peningkatan enam persen dalam nilai rumah warga di Los Angeles County pada 2014.

Sementara itu, nilai rumah di Washington, D.C pada 2015 juga meningkat menjadi lima persen. Angka ini memberi tahu bahwa membuat rumah menjadi "hijau" sangat diperlukan untuk meningkatkan nilai jual rumah.

Untuk melakukannya, mulailah mencari tahu jumlah energi yang digunakan di rumah, kemudian tingkatkan energi yang digunakan dalam hal insulasi, peralatan, sistem pemanas dan pendingin, jendela, atau panel surya.

Dengan melakukan ini, Anda dapat menghemat penggunaan energi di rumah dan mengurangi biaya untuk tagihan listrik. 

Buat lebih cerdas 

Memiliki beberapa perangkat yang aman dan cerdas di rumah juga menjadi cara meningkatkan nilai jual rumah. Anda dapat pergi ke termostat, detektor karbon monoksida, pencahayaan, detektor kebakaran, kamera keamanan, dan smart lock atau pintu pintar.

Perangkat semacam ini dapat melindungi Anda dari pencuri yang selalu menemukan peluang  masuk ke rumah.

Mengaplikasikan semua perangkat cerdas ini pada awalnya mengeluarkan sejumlah besar uang, tapi dapat meningkatkan nilai jual rumah ke depannya. 

Jadi, untuk menghindarinya, disarankan melakukan beberapa perbaikan yang dapat membuat rumah mudah dibersihkan dan terawat untuk waktu lama.

Dengan demikian, nilai jual rumah akan meningkat. Anda bisa mulai dengan menggunakan karpet yang tahan noda, pelapis kayu dengan perawatan tinggi, atau lantai kayu keras.

Tidak sulit menemukan peralatan semacam ini. Karena itu, cobalah mengganti barang-barang lama dengan peralatan tersebut agar rumah menjadi lebih layak huni. 

Ciptakan rumah tampak lebih besar

Rumah berukuran besar sering kali membuat orang berpikir bahwa nilainya lebih tinggi daripada rumah lebih kecil.

Untuk mengakali rumah kecil tanpa ingin membangunnya kembali, Anda dapat membuat ruang tambahan dengan membangun dek atau menyelesaikan ruang bawah tanah.

Selain itu, mengatur furnitur di rumah untuk menciptakan lebih banyak ruang. Biasanya, bersihkan rumah dan mulailah menerapkan desain serta gaya hidup minimalis. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/05/124200276/ketahui-ini-5-cara-meningkatkan-nilai-jual-rumah-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke