Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hal Takhayul tentang Kucing di Seluruh Dunia, Ada dari Indonesia

Misalnya, kucing hitam dinggap berhubungan dengan makhluk gaib dan membawa sial. Akibatnya, kucing hitam kerap mendapat perlakukan buruk serta banyak orang menghindari memeliharanya. 

Hal-hal takhayul ini sebenarnya berbahaya bagi keberlangsung hidup serta populasi kucing. Untuk itu, penting tidak mempercayai hal tersebut. 

Dilansir dari Mental Floss, Minggu (30/10/2022), berikut tujuh hal takhayul tentang kucing.

Karena alasan itu, orang-orang berusaha tidak melakukan percakapan penting atau pribadi saat kucing berada di dalam ruangan demi berjaga-jaga jika kucing mendengarkannya.  

Kucing menggaruk wajah mengundang pengunjung yang tidak tidak diharapkan datang  

Menurut takhayul Jepang, jika seekor kucing membasuh wajahnya dengan cakarnya, itu berarti mengundang pengunjung yang tidak diharapkan untuk datang.

Selain itu, takhayul serupa ada di negara lain, dengan beberapa orang di Amerika Serikat mengharapkan kunjungan dari anggota pendeta jika kucing mulai membersihkan kumisnya.

Kucing bersin membawa keberuntungan, kecuali 

Selanjutnya, hal takhayul tentang kucing adalah bisa membawa keberuntungan saat berin. Di Italia, mendengar kucing bersin dapat membawa keberuntungan. Secara khusus, jika hewan peliharaan bersin, itu berarti ada uang yang menghampiri Anda.

Jika pengantin wanita mendengar kucing bersin pada hari pernikahannya, itu berarti pernikahannya akan berjalan baik.

Namun, berhati-hatilah—sementara satu bersin mungkin merupakan keberuntungan, jika kucing bersin tiga kali, itu menandakan bahwa Anda akan terserang flu. 

Mungkin itu ada hubungannya dengan keyakinan Eropa bahwa penyihir memiliki kucing hitam sebagai pertanda jahat.

Selain itu, takhayul kucing hitam adalah seekor kucing hitam yang berjalan ke atas kapal, kemudian mundur lagi, menandakan kapal akan tenggelam pada pelayaran berikutnya. 

Kucing bisa bangkitkan orang mati

Hl takhayul tentang kucing lainnya adalah dapat membangkitkan orang mati. Di beberapa bagian Eropa Selatan, cerita rakyat mengatakan bahwa jika seekor kucing melompati kuburan seseorang, orang yang telah mati tersebut diyakini akan bangkit kembali sebagai vampir. Cerita takhayul ini pun menyebar ke luar Eropa Selatan.

Menulis pada akhir abad ke-19, William Henderson menceritakan bahwa di Inggris seekor kucing melompati peti mati selama pemakaman dan tidak ada yang mau bergerak sampai kucing itu terbunuh. 

Hal yang harus dilakukan hanyalah “memberi makan kucing dari sepatunya”. Namun, cerita takhayul ini tidak mengatakan apa yang seharusnya terjadi selanjutnya atau bagaimana mengeluarkan makanan kucing yang tidak dimakan dari sepatu. 

Kucing basah menimbulkan hujan 

Terakhir, hal takhayul tentang kucing datang dari Indonesia. Anda mungkin kebingungan antara sebab dan akibat yang terjadi di sini, tetapi di beberapa bagian Indonesia, kucing dikaitkan dengan cuaca.

Jika orang ingin hujan, mereka akan menyiramkan air ke kucing. Hal ini membuat kucing yang tersiram tersebut menjadikannya hujan sebagai bentuk balas dendam. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/30/145400676/7-hal-takhayul-tentang-kucing-di-seluruh-dunia-ada-dari-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke