Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Buang Kotoran Hewan Peliharaan Sembarangan, Ini Risikonya

Jika tugas ini juga sering kamu lakukan, pastikan kotoran hewan peliharaan tidak dibuang sembarangan.

Selain menimbulkan bau tak sedap yang mengganggu, membuang kotoran hewan peliharaan dengan sembarangan juga merupakan perbuatan tercela yang memiliki beragam risiko.

Dikutip dari akun Instagram @dokterhewan, Rabu (26/10/2022), berikut ini adalah risiko membuang kotoran hewan peliharaan sembarangan.

Jika dibuang sembarangan, apalagi di selokan, kotoran hewan akan menyumbat saluran air, menimbulkan bau, hingga menyebabkan banjir.

Memunculkan stigma negatif

Membuang kotoran hewan peliharaan secara sembarangan juga merupakan tindakan egois yang akan membuat semua pencinta hewan kena getahnya.

Hal ini pada akhirnya menghadirkan stigma negatif yang membuat masyarakat menganggap pencinta hewan itu hidupnya jorok.

Membuang kotoran hewan peliharaan secara sembarangan juga dapat membuat banyak pihak yang benci hewan dan tidak segan menyakitinya.

Risiko penyebaran penyakit

Jika kotoran hewan dibuang sembarangan, area rumahmu akan tercemar bibit penyakit zoonosis (jenis penyakit yang dapat ditularkan hewan ke manusia).

Kotoran hewan peliharaan mungkin saja mengandung bibit penyakit yang dapat menular ke manusia.

Infeksi parasit yang paling mungkin terjadi. Cacingan, bahkan toxoplasma (spesies organisme yang hidup sebagai parasit) bisa mencemari area tempat tinggalmu jika kotoran hewan tidak dibuang dengan baik.

Bagaimana solusinya?

• Kotoran hewan peliharaan harus dibuang ke dalam kantong dan diikat dengan rapat, kemudian masukkan ke dalam tempat sampah tertutup.

• Jika hewan peliharaanmu bisa buang air besar sendiri di kamar mandi, kamu hanya perlu menyiramnya.

• Jika ingin membuang kotoran hewan ke kloset, hal ini diperbolehkan, asalkan bahan pasir dapat larut dengan mudah serta ukuran gumpalan tidak terlalu besar.

• Apabila kamu punya lahan khusus, buatlah lubang dengan kedalaman satu meter (jauh dari sumber air atau aliran air) dan buat penutup. Jika memungkinkan, bakar agar bibit penyakit yang ada di dalamnya mati.

• Terapkan pola hidup sehat. Cuci tangan setelah mengurusi kotoran hewan peliharaan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/26/220558376/jangan-buang-kotoran-hewan-peliharaan-sembarangan-ini-risikonya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke