Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Sejarah, Jenis, dan Arti Bunga Gerbera Daisy

Bunga gerbera daisy memiliki tampilan yang cantik dengan warna indah serta memikat, dari merah, oranye, pink, putih, hingga kuning. Tak heran, membuat gerbera daisy telah lama menjadi favorit banyak pencinta bunga di seluruh dunia. 

Selain, daya tarik visualnya, bunga gerbera daisy memiliki aroma harum serta umur yang panjang saat dijadikan bunga potong maupun ditaruh dalam vas.

Alasan-alasan inilah yang membuat bunga gerbera daisy digunakan dalam berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, kelulusan, dan buket bunga. 

Untuk mengenal lebih jauh, Kompas.com telah merangkum sejumlah informasi tentang bunga gerbera daisy dari Petal Republic, Minggu (16/10/2022). 

Nama umum lainnya dari tanaman bunga ini, di antaranya bunga daisy Transvaal, daisy Barberton, dan daisy Afrika.

Tanaman ini diklasifikasikan di bawah keluarga Asteraceae, keluarga yang sama dengan bunga matahari, bunga daisy, serta bunga aster.  

Nama gerbera daisy mengacu pada seluruh genus Gerbera yang dinamai ahli botani Jerman terkenal Traugott Gerber oleh Jan Frederik Gronovius.

Gronovius adalah seorang ahli botani Belanda yang menemukan bunga di Afrika Selatan pada 1737. Sampai hari ini, tidak jelas mengapa ia menamai bunga itu dengan nama Gerbera.

Salah satu spesies gerbera paling awal dan umum adalah Gerbera jamesonii. Varietas gerbera ini ditemukan pada 1889 di Transvaal, Afrika Selatan, oleh orang Skotlandia, Robert Jameson.

Dijuluki bunga paling populer kelima di seluruh dunia, gerbera daisy memiliki kepala  menonjol yang disebut cakram, mirip dengan bunga matahari. 

Cakram ini dikelilingi kelopak yang hadir dalam warna yang cantik dan menawan, seperti merah muda, putih, kuning, oranye, dan merah.

Meski ada varietas mini, sebagian besar bunga gerbera daisy berukuran besar dan tumbuh hingga diameter 20 sentimeter. 

Walau berasal dari Afrika Selatan, tanaman hias favorit banyak orang ini sekarang tumbuh dan dijumpai di seluruh dunia. Bunga gerbera daisy sering ditanam di pekarangan rumah dan digunakan sebagai bunga potong untuk karangan bunga.

Gerbera daisy mudah tumbuh di sebagian besar kondisi penanaman, tetapi tidak berkembang baik di daerah dengan suhu sangat rendah atau sering terjadi curah hujan tinggi. 

Sebagian besar bunga gerbera daisy mekar pada musim semi dan musim panas meski bunga ini selalu tersedia sepanjang tahun.  

Makna bunga gerbera daisy berdasarkan budaya 

Arti bunga gerbera daisy berbeda-beda, tergantung budaya dan warnanya. Namun, seperti keluarga bunga daisy lainnya, gerbera diyakini melambangkan keindahan, ketulusan, dan kemurnian.

Selain itu, gerbera daisy juga dikaitkan dengan keceriaan karena segudang warna yang ditawarkannya. Berikut makna bunga gerbera daisy di setiap budaya.

  • Gerbera tunggal

Gerbera tunggal adalah jenis bunga gerbera daisy yang paling umum. Mereka memamerkan façade sederhana dengan kuntum cakram tengah berwarna hijau yang dikelilingi deretan kuntum bunga ray yang tidak tumpang tindih.  

  • Gerbera ganda

Gerbera ganda, yang juga disebut gerbera daisy dupleks, memiliki dua baris kuntum atau kelopak bunga kecil dan besar yang tumpang tindih. Kuntum cakram pusat biasanya berwarna hijau, hitam, atau merah tua.

Varietas terracotta adalah salah satu contoh bunga gerbera daisy tipe ganda yang terkenal. Ini memiliki kelopak kuning ganda dengan sedikit peace di sekitar mata merah gelapnya. 

Bagian pusat biasanya berwarna hijau, merah, atau hitam. Salah satu contoh gerbera daisy jambul ganda adalah varietas Winter Queen. Ini memiliki kelopak putih dengan cakram pusat hitam atau mata.  

  • Gerbera daisy ganda jambul penuh

Gerbera daisy ganda jambul penuh menampilkan dua baris kelopak luar dan dua baris kelopak dalam. Baris pertama kelopak bagian dalam terdiri atas kuntum bunga kecil yang mengelilingi dan sering menutupi piringan di tengah.

Karena itu, kuntum yang bisa berwarna merah, hijau, atau hitam bisa tertutupi atau disembunyikan sebagian. Giant Spinner adalah salah satu dari banyak bunga gerbera daisy ganda jambul penuh yang menarik.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/16/132400276/mengenal-sejarah-jenis-dan-arti-bunga-gerbera-daisy-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke