Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Warna Cat yang Harus Dihindari di Dapur Menurut Desainer Interior

Karena itu, memilih warna cat dapur tak hanya mempertimbangkan tren, tapi juga kualitasnya agar dapat bertahan selama bertahun-tahun mendatang. 

Warna cat bersifat subjektif. Secara realistis, tidak ada warna yang tidak bisa dipilih. Ini hanya masalah menemukan warna yang tepat untuk melengkapi ruangan. 

Namun, dilansir dari The Express, Minggu (9/10/2022), beberapa desainer interior dan pakar warna membagikan warna cat yang harus dihindari saat mendesain dapur.  

Meski menjadi pilihan populer untuk dapur berwarna-warni, warna merah tua dan ruby bisa terasa luar biasa, terutama di bawah lampu yang lebih terang. 

Chloe Batteson, desainer interior di Batteson Studio, mengatakan warna-warna ini dapat menciptakan drama serta membuat dapur terasa terlalu panas dan melelahkan. 

Karena itu, ia menyarankan pemilik rumah mencoba nada yang lebih bersahaja untuk suasana lebih tenang. 

Tobie Lewis dari Valspar Paints mengatakan dapur dapat menjadi ruang bersantai sambil memasak, makan, atau menjamu teman-teman Anda.

Bagi banyak orang, merah agak terlalu kuat dan cukup mengganggu untuk dapur. Untuk itu, sebaiknya mempertimbangkan menggunakannya di area yang lebih kecil seperti lemari.

“Ini mengubah ruang dengan menambahkan semburat warna ke ruangan tanpa terlalu dominan," ucap Tobie.

Desainer interior Amy Youngblood, pemilik interior Amy Youngblood, menyarankan menghindari warna yang lebih hangat seperti kuning dan oranye karena dapat dengan mudah membuat dapur terlihat ketinggalan zaman, terasa tertutup, serta membuat stres. 

Untuk merangkul warna cerah di dapur kuning, dia merekomendasikan menggunakannya di lemari daripada dinding untuk pernyataan berani yang tidak terasa terlalu berlebihan. 

Selain itu, pertimbangkan cahaya alami di dapur. Misalnya, dapur yang menghadap ke barat atau selatan, terutama yang memiliki konservatori atau skylight, bisa menjadi berlebihan jika dicat kuning.

Sebagai gantinya, cobalah warna kuning yang lebih dingin dengan nada kehijauan untuk ruang yang lebih santai.

“Ini karena warna yang lebih sejuk menciptakan rasa tenang, sedangkan cream dan putih justru akan membuat ruangan terasa lebih cerah,” kata Amy.  

Namun, warna putih cemerlang dapat membuat ruangan terasa terlalu klinis dan tidak praktis.

“Saya tidakmerekomendasikan putih cemerlang karena menciptakan lingkungan dingin, klinis, dan tidak kondusif untuk suasana rumahan. Sebagai warna buatan manusia, itu adalah satu-satunya yang tidak muncul di alam, membuatnya terasa sangat menggelegar," kata Chloe. 

Dia merekomendasikan nada yang lebih hangat seperti pink lembut atau cream. Coba gunakan meja marmer atau granit gelap atau backsplash untuk tampilan tak lekang waktu, tapi tetap modern. 

Coklat tua

Coklat tampak seperti warna kontroversial untuk dapur, terutama mengingat pergerakan baru-baru ini menuju bahan organik seperti lemari dapur kayu.

Namun, memiliki terlalu banyak warna yang sama dalam satu ruangan bisa menjadi masalah. Tren warna coklat memang menjamin tampilan yang modern, tapi tidak selalu diterapkan dengan baik di dapur.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/09/180645976/4-warna-cat-yang-harus-dihindari-di-dapur-menurut-desainer-interior

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke