Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Alasan Kucing Suka Duduk di Atas Keyboard dan Cara Mencegahnya

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa pemilik kucing mungkin sudah tidak asing dengan pemandangan hewan peliharaannya menduduki atau berbaring di atas keyboard komputer atau laptop.

Meski perilakunya terlihat menggemaskan, mereka bisa cukup mengganggu bagi orang-orang yang sedang bekerja atau mengerjakan tugas sekolah.

Certified Animal Behavior Consultant sekaligus pendiri dan presiden emeritus Cat Writers’ Association, Amy Shojai, mengungkapkan, ada beberapa alasan di balik perilaku kucing ini.

“Kucing sering kali tertarik pada kehangatan benda elektronik, dan ingin tidur di atas laptop,” ujarnya, dilansir dari Daily Paws, Sabtu (1/10/2022).

  • Mencari perhatian

Menurut Shojai, beberapa kucing akan mengeong untuk mendapatkan perhatian pemiliknya. Namun, ada pula yang memasuki ruang pribadi pemiliknya saat mereka menginginkan sesuatu.

Apabila mereka harus memblokir akses pemiliknya ke keyboard komputer, mereka akan melakukannya. Jadi, kucing akan mendapat perhatian atau apa pun yang diinginkannya.

Shojai mengatakan, untuk membujuk sahabat bulu menjauhi komputer, kamu bisa mengisi mangkuk makanan atau melemparkan mainannya.

  • Ingin dekat dengan pemiliknya

Alasan lain kenapa kucing duduk di keyboard adalah adanya kemungkinan mereka hanya ingin dekat dengan pemiliknya.

Ada beberapa penelitian yang secara berulang menunjukkan, kucing berkemampuan untuk menyayangi pemiliknya.


Jadi, perilaku berdiam diri di atas keyboard mungkin karena mereka ingin dekat denganmu dan minta dibelai.

  • Naluri berburu dan ingin bermain

Shojai mengatakan, kucing dapat melihat perilakumu yang menjadi diam, serius, mata menyipit, dan menekan tombol keyboard sebagai sesuatu yang penting untuk diamati.

“Suara dan pemandangan mangsa yang bergeraklah yang memberi rangsangan untuk mengejar dan menangkap. Ini perilaku bawaan alami pada kucing, sama seperti mendengkur,” jelasnya.

Ia melanjutkan, gerakan manusia menekan tombol keyboard untuk mengetik mungkin memicu sesuati di otak kucing peliharaan.

Lebih lanjut, melihat pemiliknya mengetik bisa menjadi pengayaan yang merangsang kucing. Mereka mungkin mengira pemiliknya sedang bermain dan ingin ikut bersenang-senang.

Bisa memengaruhi performa komputer atau laptop

Kucing tidak merasa kesakitan ketika duduk di atas keyboard, kecuali ketika mereka terlalu penasaran dan mulai bermain dengan kabel. Akan tetapi, komputer atau laptop mungkin mengalami masalah.

Sebab, bulu dan sepihan kulit kering dari kucing sering tersangkut di antara tombol keyboard. Walhasil, kamu harus melepasnya untuk pembersihan menyeluruh agar tombol bisa ditekan dan bekerja dengan baik.

Lebih lanjut, jika kucing peliharaan sering tidur di atas keyboard laptop yang menyala, ini dapat menyebabkan sistem menjadi terlalu panas.

Cara mencegah kucing duduk di keyboard

Untuk menjaga performa komputer atau laptop tetap baik, ada beberapa cara mencegah kucing duduk di atas keyboard.

Sebelum duduk di depan laptop atau komputer, ciptakan rutinitas yang melibatkan kucing dalam permainan interaktif. Beri pengayaan lingkungan agar sahabat bulu terhibur saat kamu fokus pada layar.

Cara lain untuk dicoba adalah menghadirkan tempat bersantai untuk kucing, misalnya kotak berisi selimut tebal, tempat tinggi untuk bertengger, pohon kucing, atau tempat tidur kucing dengan fitur penghangat.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/01/132600476/3-alasan-kucing-suka-duduk-di-atas-keyboard-dan-cara-mencegahnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke