Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Wastafel Stainless Steel dengan Tepung

Hal ini karena stainless steel dikenal tahan lama, terjangkau, serta perawatannya rendah. Meski demikian, material stainless steel juga memiliki kekurangan seperti rentan kusam, mengalami kerusakan akibat noda air serta buih sabun, dan mudah tergores. 

Selain itu, wastafel stainless steel sulit dibersihkan karena pembersih serbaguna biasanya dapat meninggalkan residu bergaris.

Untungnya, ada bahan pembersih yang aman untuk membersihkaan wastafel stainless steel tanpa menggoresnya, yakni tepung. 

Tepung tidak hanya berfungsi membuat wastafel bersih, tetapi juga merupakan produk ramah lingkungan yang benar-benar aman untuk lingkungan. 

Namun, tepung jarang digunakan orang sebagai bahan pembersih. Padahal, serbuk serbaguna ini bertindak sebagai abrasif ringan yang akan membersihkan kotoran pada permukaan di semua celah kecil wastafel.

Namun, bila Anda termasuk orang-orang yang tidak bisa melihat dapur kotor, metode membersihkan wastafel ini dapat dilakukan setiap hari.

Nah, untuk membantu Anda, berikut cara membersihkan wastafel stainless steel dengan tepung dilansir dari Simplemost, Minggu (25/9/2022).

Setelah itu, gosok semua permukaan wastafel stainless steel hingga kering dengan lap bersih. Kemudian, taburi sedikit tepung terigu. Jumlah sebenarnya tidak masalah, mulailah dalam jumlah kecil, lalu tingkatkan sesuai dengan kebutuhan. 

Selanjutnya, gunakan lap kering kedua untuk mengoleskan tepung ke wastafel stainless steel. Taburkan tepung pada permukaan wastafel, terlebih yang bagian dasar dan kecil yang sulit dijangkau. 

Nemaun, hindari menggunakan terlalu banyak tepung dan air lantaran dapat menyebabkan penyumbatan di saluran pembuangan. 

Kombinasi tepung dan minyak siku dapat membersihkan serta mengilaukan kembali permukaan wastafel stainless steel.

Sama dengan tepung, baking soda tidak meninggalkan zat beracun. Baking soda adalah pembersih abrasif riangan yang dapat menangani endapan air keras dan lemak ringan, tetapi juga bisa menghilangkan bau bak cuci serta saluran pembuangan Anda.

Caranya, bersihkan wastafel seperti biasa dengan air sabun panas atau semprotan serbaguna. Tidak perlu menunggu sampai kering, taburkan baking soda dan gosok perlahan permukaan stainless steel.

Selanjutnya, semprotkan cuka murni, lalu bilas ke saluran pembuangan dengan air. Setelah itu, selesaikan pembersihan wastafel dengan menggosokkan beberapa tetes minyak zaitun.

Namun, hindari tidak berlebihan karena terlalu banyak minyak akan membuat Anda harus memulainya dari awal lagi. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/25/084400876/cara-membersihkan-wastafel-stainless-steel-dengan-tepung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke