Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Membuat Rumah yang Aman untuk Anak Anjing Baru

Jadi, ketika memiliki anak anjing baru, kamu perlu membuat rumahmu aman dan memiliki semua yang mereka butuhkan saat tumbuh dan berkembang.

Dilansir dari Beauty Harmony Life, Rabu (31/8/2022), berikut ini adalah delapan cara membuat rumah yang aman untuk anak anjing baru.

Selama waktu ini, penting bagimu dan anak anjing barumu untuk rukun dan menetapkan rutinitas sehingga kamu berdua tahu apa yang diharapkan dari satu sama lain.

Penting juga bagimu untuk mengetahui jenis makanan yang disukai anak anjingmu serta pola makannya saat ini sebelum membuat perubahan apa pun.

Kamu perlu memastikan bahwa setiap perubahan akan bermanfaat bagi kedua pihak yang terlibat.

Jika anak anjingmu memiliki masalah alergi sebelumnya atau memiliki perut sensitif, kamu dapat melihat beberapa rekomendasi online tentang makanan anjing terbaik untuk perut sensitif.

Kamu juga perlu menetapkan batasan untuk anak anjingmu sehingga dia tahu ke mana dia bisa pergi dan tidak bisa pergi di dalam rumahmu.

Sebaiknya kamu juga tidak menggunakan produk pembersih yang mengandung pemutih atau amonia, yang mana itu dapat menyebabkan luka bakar jika masuk ke mata atau hidung.

Cara terbaik untuk menjauhkan pembersih dan bahan kimia berbahaya dari rumahmu adalah dengan meletakkannya di tempat khusus dengan penghalang.

Kamu juga harus menjauhkan semua perlengkapan pembersih agar tidak dapat diakses oleh anak anjing yang penasaran.

Bisa saja mereka mengunyah atau menelannya secara tidak sengaja saat bermain dengan mainan atau camilan lain.

Tempat sampah di rumahmu bisa menjadi potensi bahaya bagi kesehatan anak anjingmu.

Jika memiliki anjing yang rentan terhadap kecelakaan, kamu tahu betapa frustasinya ketika kecelakaan itu terjadi karena sesuatu seperti tong sampah plastik.

Karena itu, penting bagi kamu untuk memastikan tempat sampah di rumahmu aman sehingga tidak terbalik atau pecah, yang dapat menyebabkan cedera atau bahkan kematian jika tertelan oleh hewan peliharaanmu.

Jauhkan mereka dari toilet

Toilet atau kloset adalah salah satu tempat yang kemungkinan besar akan dituju oleh anak anjingmu.


Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kecelakaan di kamar mandi adalah dengan mengawasi anjing kecil saat menggunakan kloset.

Tapi, jika kamu memiliki hewan peliharaan lain yang mungkin mengira kloset sebagai kotak kotoran, mengamankan kloset akan memastikan tidak ada lagi kecelakaan yang terjadi di sana.

Ada banyak cara untuk mengamankan kloset. Yang paling sederhana adalah menutup tutup kloset dan meletakkan sesuatu yang berat di atasnya.

Jika kamu memiliki kabel ekstensi, pastikan selalu berada di luar jangkauan. Jangan lupa bahwa anak anjing bisa naik ke furnitur untuk mendapatkan kabel yang menggantung dari atas, seperti kap lampu atau tirai.

Buat rumahmu bersih dan teratur

Untuk membuat rumahmu ramah hewan peliharaan, kamu harus memastikan bahwa rumahmu bersih dan teratur.

Jika kamu memiliki karpet, penting untuk menyedot debu karpet sebelum membawa anak anjing.

Selain memastikan bahwa tidak ada mainan di atas meja, (terutama yang ujungnya tajam), penting juga untuk menyingkirkan benda-benda di sekitar rumah yang bisa berbahaya bagi anak anjing.

Ini termasuk seperti tali pancing, gantungan tanaman, peralatan berkebun, dan barang-barang lain yang dapat menimbulkan risiko jika tertelan oleh anjingmu.

Cara lain untuk menjaga keamanan rumahmu adalah dengan menjaganya tetap teratur.


Pastikan semua kabel benar-benar dicabut dan tidak terlihat sebelum membawa pulang hewan peliharaan sehingga mereka tidak tersangkut atau terlilit kabel.

Kamu juga ingin memastikan bahwa semua tempat sampah dikosongkan secara teratur sehingga tidak ada ruang bagi produk limbah untuk dihinggapi hama dan bakteri.

Kamu juga tidak boleh membiarkan anjingmu berkeliaran bebas di sekitar rumah karena ini bisa berbahaya bagi mereka jika menabrak sesuatu, seperti stopkontak atau perabot.

Kandang sangat bagus untuk menjaga anak anjing pada malam maupun siang hari ketika kamu tidak di rumah atau ingin mereka tinggal di dalam bersamamu.

Kamu harus memasukkan anak anjingmu ke dalam kandang ketika kamu meninggalkan rumah pada pagi hari sehingga mereka tidak akan mencoba mengikutimu saat sibuk bersiap-siap untuk bekerja atau sekolah.

Untuk memastikan anjingmu merasa aman di dalam kandangnya, beri alas atau selimut agar memberikan kenyamanan di dalam kandang.

Kamu juga bisa meletakkan suguhan atau mainan di dalam kandang agar hewan peliharaanmu merasa lebih aman saat dikurung di dalamnya.

Buang tanaman beracun

Dalam hal menjaga keamanan rumah untuk anak anjing atau anjing baru, kamu ingin memastikan bahwa lingkungannya seaman mungkin.


Ini berarti membuang tanaman beracun dari rumahmu dan menjauhkannya dari hewan peliharaan.

Daftar tanaman beracun sangat panjang dan mencakup banyak tanaman umum, seperti rhubarb, daffodil, dan peterseli, yang sangat beracun jika tertelan oleh anjing.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/31/183000776/8-cara-membuat-rumah-yang-aman-untuk-anak-anjing-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke