Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ahli Ungkap, 6 Cara Mudah Dekorasi Rumah Kontrakan agar Lebih Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com – Rumah sewaan atau rumah kontrakan memang hanya ditempati untuk beberapa saat, tetapi tidak ada salahnya untuk mendekorasinya supaya terasa lebih nyaman ketika ditinggali.

Sebab, tidak semua rumah kontrakan menawarkan nuansa, gaya interior, bahkan pilihan warna yang sesuai dengan selera calon penghuni rumah.

Walhasil, dekorasi rumah kontrakan pun perlu dilakukan. Tidak hanya membuat bangunan terasa lebih nyaman untuk ditinggali, juga menghadirkan nuansa homey.

Disadur dari Hunker, Sabtu (27/8/2022), para desain interior mengungkapkan, ada beberapa cara mendekorasi rumah kontrakan agar lebih nyaman. Deratan cara ini pun cukup mudah untuk diikuti.

Sebelum menilik lebih jauh, pastikan kamu sudah mengantongi izin untuk mendekorasi rumah kontrakan dari pemilik rumah guna menghindari konflik.

Jika ingin memperbarui lantai, backsplash dapur, atau dinding kamar mandi rumah sewaan, gunakan stiker peel and stick, ujar Tiffany Leigh Piotrowski dari Tiffany Leigh Design.

Perubahan yang tidak permanen ini mudah untuk dipasang dan dilepas. Harganya pun cenderung lebih murah daripada material aslinya.

2. Perbanyak perabot multifungsi

Meski rumah kontrakan berukuran besar, tidak ada salahnya untuk menggunakan perabot multifungsi. Selain menunjang kegiatan sehari-hari, deretan perabot ini pun menyediakan tempat penyimpanan ekstra.

Shaolin Low dari Studio Shaolin menuturkan, jika ingin menghadirkan kursi kecil jenis ottoman di ruang tamu, pilih yang bagian dalamnya kosong guna memudahkanmu menyimpan barang-barang.


 

Bisa pula menghadirkan sofa dengan kompartemen penyimpanan tersembunyi, atau tempat tidur yang bagian bawahnya memiliki laci penyimpanan.

3. Gantung karya seni dan cermin

Piotrowski menuturkan, cara lain untuk mendekorasi rumah kontrakan adalah dengan menggantung karya seni atau cermin.

Kamu tidak perlu mencari barang yang harganya sangat mahal. Kamu bisa mencetak dan menggantung foto-foto yang diambil selama liburan.

Menurut Piotrowski, ini adalah salah satu cara untuk memulai obrolan saat ada tamu yang berkunjung, serta mengingatkan penghuni akan ingatan-ingatan selama liburan tersebut.

Sementara itu, Pramiti Bhargava dari BlueGrape Staging, mengatakan bahwa cermin juga bisa digantung, terutama bagi mereka yang tinggal di rumah sewaan berukuran kecil.

Sebab, mereka dapat membantu membuat ruangan terasa lebih besar. Cermin pun bisa dijadikan sebagai karya seni.

4. Tingkatkan tampilan rangka lampu

Piotrowski mengungkapkan, entah itu lampu jenis pendant, sconce, atau yang menyerupai keduanya, rangka lampu adalah salah satu elemen desain yang paling berdampak, meski kerap diabaikan.

“Karena rangka lampu biasanya digantung di plafon kosong, mereka dapat secara tidak sengaja menjadi titik fokus dalam ruangan,” ujarnya.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu mengeluarkan sedikit uang ekstra untuk meningkatkan tampilan rangka lampu dengan memilih model yang lebih menarik.


5. Perbarui tampilan kamar mandi

Pembaruan sederhana untuk tampilan kamar mandi, seperti mengganti perangkat keras maupun menggantung rak penyimpanan, dapat membantu membuat rumah sewaan terasa lebih nyaman dihuni.

McCall Dulkys dari Interiors By McCall menyarankan, jika memungkinkan, untuk mengganti cermin kamar mandi.

Sementara itu, Bhargava dan Piotrowski menyarankan untuk memperbarui tirai shower dan meninggikan batang tirai hingga mendekati plafon.

Adapun cara ini untuk menciptakan ilusi visual bahwa ruangan terasa lebih besar dan plafon terlihat lebih tinggi daripada ukuran aslinya.

6. Hadirkan dinding aksen

Bhargava merekomendasikan untuk menghadirkan dinding aksen dengan mengecat atau menggunakan wallpaper berpola jenis peel and stick. Mereka dapat membuat perubahan yang besar.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/27/132900776/ahli-ungkap-6-cara-mudah-dekorasi-rumah-kontrakan-agar-lebih-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke