Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Menambahkan Warna ke Ruangan Bergaya Minimalis

Minimalisme dalam desain interior berarti merangkul ruang yang rapi dan menggunakan hal-hal penting untuk menciptakan ruang yang sederhana. 

Namun, bukan berarti ruang minimalis membosankan. Minimalis juga tidak selalu berarti mendekorasi dengan warna netral.

Meski warna netral merupakan landasan gaya minimalis, tidak ada aturan yang melarang menambahkan warna-warna cerah ke ruang minimalis. Anda hanya perlu mendekati warna sedikit lebih strategis.

Jika dilakukan dengan baik, beberapa semburan warna dapat terlihat luar biasa di ruang bergaya minimalis. 

Dilansir dari House Digest, Senin (22/8/2022), berikut lima cara menambahkan warna ke ruangan bergaya minimalis. 

Fitur dinding seperti wainscotting dan beadboard menambah daya tarik visual pada sebuah ruang tanpa membebaninya dengan terlalu banyak detail.

Fitur dinding ini juga mudah dicat sehingga sesuai dengan dekorasi rumah secara keseluruhan. Disarankan menggunakan cat dan primer dalam satu untuk membantu menutupi noda kayu atau cat sebelumnya. 

Primer tugas berat dapat membantu menutupi area mengkilap yang membandel. Fitur dinding lain yang dapat diwarnai seperti beadboard dan rak buku built-in.

Ketika memilih warna untuk ruang minimalis, pastel adalah pilihan bagus karena cukup ringan untuk menambahkan warna yang halus.

Namun, jika ingin tampil lebih berani, biru dan hijau sering kali dianggap netral karena dapat menambah warna, tetapi tidak membebani ruangan. Anda juga bisa memilih rona yang lebih kalem agar warnanya tidak secerah dulu. 

Furnitur warna-warni juga dapat menambahkan sedikit kepribadian pada ruangan. Untuk tampilan yang lebih besar, Anda dapat memilih sofa warna-warni, sedangkan tampilan lebih kecil dapat dibuat dengan kursi beraksen.

Trik untuk menambahkan furnitur berwarna-warni di ruangan minimalis adalah memilih desain sofa yang menonjolkan garis-garis bersih dan tidak terlalu rewel.

Carilah furnitur berkaki terbuka, bentuk persegi, atau sedikit ornamen. Biru dan hijau adalah warna yang mudah untuk dimasukkan ke sebagian besar desain interior.

Namun, jika mencari warna yang lebih berani, kuning cerah dan oranye bisa menjadi pilihan. Kedua warna ini juga menjadi warna cerah yang sedang tren untuk sofa.

Finishing metalik juga merupakan cara menarik untuk menambahkan warna dan sentuhan glamor pada ruangan bergaya minimalis. 

Karya seni bisa menjadi pilihan bagus untuk menambahkan kepribadian ke sebuah ruangan. Ketika ruangan sebagian besar netral, Anda dapat merasa percaya diri untuk memilih potongan yang lebih berani dan berwarna untuk kontras dengan dekorasi rumah lainnya.

Menggunakan karya seni berukuran besar menciptakan titik fokus yang menciptakan dampak di dalam ruangan. 

Tekstur warna-warni

Ruang minimalis dapat terasa nyaman dengan menambahkan tekstur di seluruh ruangan. Tekstur merupakan peluang bagus untuk menggabungkan warna halus ke dalam desain minimalis.

Tekstur menciptakan aksen pada ruangan dengan menambahkan bobot visual. Tekstur juga dapat menambah kehangatan pada ruangan melalui selimut, bantal, dan karpet. 

Gunakan ubin

Untuk penambahan warna yang lebih permanen, Anda bisa menggunakan ubin di seluruh rumah. Ini berarti lebih banyak komitmen dalam pengaturan minimalis.

Namun, ubin juga menawarkan tambahan gaya dan menakjubkan untuk ruangan mana pun. Emser Tile, salah satu toko ubin di Los Angeles, Amerika Serikat, melaporkan bahwa hijau dan biru adalah dua pilihan warna yang populer.

Hijau adalah warna organik dan sangat ideal untuk rumah yang ingin menghadirkan elemen alami ke dalam ruangan.

Biru tidak lekang oleh waktu sekaligus memberikan rasa tenang pada ruangan. Kuning, merah, dan pink juga menjadi warna yang sedang tren saat ini untuk ubin.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/22/180100776/5-cara-menambahkan-warna-ke-ruangan-bergaya-minimalis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke