Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekomendasi Warna Cat Dinding Berdasarkan Gaya Interior Ruangan

Selain itu, menciptakan nuansa yang ingin dihadirkan pemilik rumah, entah itu nuansa kehangatan atau menenangkan.

Desainer interior, Kendall Wilkinson, mengatakan sudah ada banyak penelitian yang mengungkapkan bagaimana sebuah warna dapat mempengaruhi suasana hati, bahkan perilaku seseorang.

“Warna yang lebih lembut dan dingin seperti abu-abu, biru, atau hijau menciptakan ketenangan. Sementara warna yang lebih hangat dan lebih cerah dalam keluarga kuning atau merah memberi energi,” jelasnya.

Namun, bagaimana jika seseorang telah menetapkan gaya interior yang ingin diterapkan pada sebuah ruangan, tetapi masih belum yakin dalam memilih warna?

Abbe Fenimore dari Studio Ten 25 menuturkan, memilih warna cat yang sempurna tergantung pada dua hal, yaitu estetika yang ingin dicapai dan tujuan di balik suatu ruangan.

“Kamu dapat mencerahkan interior yang gelap dengan warna cat yang lebih terang, sementara ruangan dengan banyak cahaya alami lebih cocok dengan warna lebih gelap,” terang Fenimore seperti dilansir Martha Stewart, Kamis (18/8/2022). 

Berikut rekomendasi warna cat yang sesuai untuk gaya interior ruangan. 

Gaya interior minimalis mengarah pada garis-garis yang bersih dan ruangan yang tidak berantakan. Jessica Geller dari Toledo Geller menyarankan memilih warna cat yang tetap fokus pada ruangan.

Menurutnya, putih adalah pilihan yang jelas untuk estetika minimalis, tapi dapat sangat mencolok.

“Kami lebih menyukai sesuatu dengan sedikit kedalaman untuk tampilan minimalis, terutama jika warna memiliki warna dasar greige (gray beige),” ucap Geller.

Bohemian

Bohemian atau boho adalah gaya interior yang mengacu pada sebuah ruangan dengan beragam tekstil menarik dan perabot eklektik.

"Mereka cocok dengan warna-warna yang membuat dekorasi ruangan bersinar seperti warna putih hangat," ujar desainer interior, Ana Claufia Schultz.

“Tidak hanya putih hangat akan membantu pantulan cahaya alami di sekitar ruangan, kamu juga dapat menggunakannya untuk mengimbangi nuansa dingin dalam suatu ruangan,” ucap Schultz. 

Ada begitu banyak warna putih untuk dipilih. Jadi, penting memutuskan apakah ingin warna cat yang lebih mencolok seperti warna puth dengan warna dasar keperakan atau warna putih hangat.

Maksimalis

Maksimalis adalah gaya interior yang membuat sebuah ruangan dipenuhi dekorasi warna-warni. Gaya ini membutuhkan warna yang berani.

“Warna hijau Kelly memberikan semburat warna yang tak terduga sembari menciptakan sedikit getaran ruangan yang terasa santai, tetapi elegan,” ujar Caitlin Murray dari Black Lacquer Design.

Industrial

Ruangan bergaya industrial cocok dengan warna abu-abu yang sejuk untuk meningkatkan suasana yang ada.

Kamu pun bisa memadukan warna abu-abu yang lebih halus dengan warna abu arang yang lebih menonjol untuk menciptakan warna yang unik untuk ruangan tersebut.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/18/145400476/rekomendasi-warna-cat-dinding-berdasarkan-gaya-interior-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke