Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Hias yang Dapat Memberi Ketenangan di Rumah

Mulai dari, memurnikan udara, mengharumkan ruangan, hingga menurunkan kecemasan, tingkat stres, dan memberi ketenangan.  

Selain itu, membantu mengurangi tekanan darah, memperlambat detak jantung, membersihkan gas dari udara, dan membantu tidur.

Tanaman hias juga telah menjadi bagian dari pengobatan tradisional dari waktu ke waktu. Dilansir dari Hunker, Minggu (14/8/2022), berikut beberapa tanaman hias yang dapat memberi ketenangan di rumah. 

Nama bunga melati berasal dari bahasa Persia, yakni yasmin. Yasmin berarti "hadiah dari Tuhan" mengacu pada aromanya yang luar biasa. 

Bunga melati telah lama dikenal untuk mengobati kecemasan dan insomnia. Saat ini, beberapa peneliti mengungkapkan bahwa bunga melati lebih efektif daripada obat anti-kecemasan dalam menenangkan saraf. 

Selain itu, bunga melati lebih baik daripada pil tidur dalam meningkatkan kualitas tidur, bahkan dapat mencegah virus. 

  • Perawatan bunga melati 

Melati sering ditanam sebagai semak taman, tetapi juga sangat indah untuk digunakan dalam ruangan. Tempatkan melati di dekat jendela menghadap ke selatan, berikan dukungan, serta jaga tanah tetap lembap, tetapi tidak basah.  

Untuk mengatasinya, lidah mertua dapat membantu memulihkan ketenangan. Tanaman asli Afrika Barat ini adalah juara dalam melepaskan oksigen pada malam hari, kunci untuk tidur nyenyak.

Selain itu, membantu meringankan iritasi mata, sakit kepala, atau masalah pernapasan serta menghilangkan gas beracun dari udara termasuk benzena dan trichloroethylene.

  • Perawatan lidah mertua

Lidah mertua minim perawatan dan menyukai cahaya terang, tetapi dapat berkembang dalam cahaya rendah. 

Lemon balm

Lemon balm adalah tanaman hias dengan dedaunan cerah dan ceria. Daunnya yang bergigi tumbuh lebat dan rimbun pada batang yang ramping.

Pada musim panas, lemon balm menghasilkan kelompok bunga kuning kecil yang memiliki aroma menenangkan. 

Daun tanaman lemon balm telah digunakan sejak Abad Pertengahan untuk menghilangkan stres dan kecemasan.

Teh yang terbuat dari daun lemon balm disebut dapat meredakan gejala stres. Studi telah mendukung klaim ini karena para peneliti yang mempelajari lemon balm menentukan bahwa ramuan itu meredakan stres dan meningkatkan rasa tenang.

  • Perawatan lemon balm

Berikan lemon balm di tempat ycerah, memiliki drainase sangat baik, dan menyiram denganair biasa. Gunting daunnya karena lemon balm dapat tumbuh cepat. 

Penelitian telah mengonfirmasi bahwa wewangian lavender dapat menenangkan kecemasan, menurunkan detak jantung, dan meningkatkan kualitas tidur pada orang yang stres.

  • Perawatan lavender 

Tanaman lavender dapat ditanam di dalam pot sehingga memberi Anda ketenangan langsung di rumah. Lavender merupakan tanaman hias yang baik dan tidak memerlukan banyak perawatan.

Pastikan tanah dan wadahnya memberikan drainase yang sangat baik serta mendapat banyak sinar matahari. 

Tanaman ini bisa tumbuh sangat tinggi dan berfungsi sebagai titik fokus di ruangan mana pun. Sifat pembersih udara dari tanaman hias yang luar biasa ini benar-benar luar biasa.

Dracaena dapat menyeka udara bersih dari bahan kimia beracun, termasuk xylene, trichloroethylene, dan formaldehida.

Senyawan beracun ini dapat masuk ke rumah melalui pernis dan bensin serta diketahui dapat meningkatkan stres, kecemasan, juga menurunkan konsentrasi. 

  • Perawatan dracaena marginata

Tanaman hias yang mengesankan ini lebih menyukai sinar matahari tidak langsung yang cerah, tetapi juga menerima cahaya rendah meski daunnya menjadi lebih tipis dan dedaunannya berwarna hijau gelap.

Pohon ini menyukai air biasa, tetapi pastikan mempunyai drainase bagus dan biarkan permukaan tanah mengering di antara penyiraman. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/14/090600776/5-tanaman-hias-yang-dapat-memberi-ketenangan-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke