Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ide Renovasi Kamar Tidur untuk Menyegarkan Tampilannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Renovasi kamar tidur menjadi salah satu cara untuk meningkatkan tampilan ruangan sekaligus mengubah suasana yang ada.

Mulai dari renovasi sekecil memasang terali jendela hingga renovasi besar-besaran, semuanya membutuhkan sejumlah pertimbangan guna melancarkan proses renovasi kamar tidur.

Salah satu pertimbangan adalah mencari ide yang sekiranya bisa direalisasikan di dalam ruangan tersebut.

Dikutip dari Family Handyman, Sabtu (13/8/2022), ada beragam ide renovasi kamar tidur untuk meningkatkan tampilannya, yang mungkin bisa dijadikan sebagai referensi. Apa saja?

Statement piece adalah sesuatu yang desain dan bentuknya lebih menonjol daripada benda lainnya, dan berfungsi untuk menarik perhatian orang-orang yang memasuki suatu ruangan.

Lakukan renovasi kecil-kecilan untuk mengganti lampu plafon biasa dengan lampu yang memiliki rangka berbentuk unik atau berukuran besar.

2. Ciptakan dinding aksen

Mengecat adalah salah satu ide merenovasi kamar tidur yang paling mudah dilakukan, dan hasilnya bisa langsung terlihat.

Kamu bisa melakukannya pada akhir pekan, dan hasilnya akan bertahan hingga bertahun-tahun. Namun, mengecat seluruh ruangan terasa kurang unik.

Oleh karena itu, cobalah sesuatu yang baru, yakni menciptakan dinding aksen pada salah satu sisi dinding. Jika bingung ingin memilih warna apa, pertimbangkan teori warna.


Secara umum, dinding aksen dengan warna dingin dapat membuat kamar tidur lebih menenangkan, sementara warna hangat membuatnya berenergik.

3. Tambahkan area untuk duduk santai

Jika senang melakukan sesuatu di kamar tidur, sebaiknya tambahkan area untuk duduk agar tempat tidur khusus digunakan untuk beristirahat.

Jadi, kamu bisa melakukan pekerjaan apa pun dari area tersebut. Apabila memiliki ruang yang cukup luas di dekat jendela, tambahkan area tempat duduk di sana.

Kamu bisa pilih sofa yang lebarnya sama dengan jendela, beberapa kursi berlengan, atau membangun area tempat duduk dari kayu yang bisa dialasi dengan kasur kecil dan beberapa bantal.

4. Ganti lantai

Ide merenovasi kamar tidur yang bisa dipertimbangkan adalah mengganti lantai dengan kayu. Jika dipadukan dengan karpet, ruangan akan terlihat lebih elegan.

Jika sudah memiliki lantai kayu, poles ulang supaya tampilannya lebih mengilau dan tampak baru. Bagi yang tidak punya bujet berlebih, manfaatkan stiker lantai motif kayu.

5. Mengubah tampilan plafon

Beberapa orang mungkin tidak terlalu memerhatikan plafon, meski mereka bisa disulap menjadi sesuatu yang menarik.

Bahkan, mengecat plafon pun bisa meningkatkan tampilan kamar tidur dan membuatnya terlihat lebih segar. Bisa pula memasang balok jenis faux beam.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/13/191400776/5-ide-renovasi-kamar-tidur-untuk-menyegarkan-tampilannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke