Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Warna Cat Terbaik untuk Pintu Rumah, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Biasanya, pintu rumah memiliki warna-warna yang lebih netral daripada ruangan di dalam rumah, namun saat ini banyak orang yang memilih warna yang lebih berani untuk diaplikasikan di permukaan pintu.

Dilansir House Digest, Rabu (10/8/2022), selain dapat mempersonalisasi ruang Anda dengan cara yang sangat ekonomis, cat juga dapat melindungi dan memperpanjang masa pakai pintu rumah.

Berikut beberapa warna cat yang dapat menjadi pilihan untuk diaplikasikan di pintu rumah. 

1. Biru

Perusahaan di bidang gaya hidup, Gray Malin mengklaim warna biru cocok dengan hampir semua warna, menjadikannya sebagai standar desain. Gray Malin menyatakan, menambahkan sedikit warna pada interior akan membangkitkan semangat, dan ada banyak warna biru yang dapat dipilih.

Biru secara resmi menjadi favorit kebanyakan orang dan di banyak coraknya menyampaikan ketenangan, kemantapan, dan kepastian. Selain itu, biru memiliki asosiasi dengan hal-hal yang terasa luas seperti langit dan laut.

Gray Malin menjelaskan bahwa biru tidak mengganggu seperti warna yang lebih berani. Seperti di alam, itu menjadi latar belakang untuk meningkatkan warna dan objek lain.

Disarankan untuk memilih nuansa untuk warna cat pintu rumah dengan cara yang sama seperti Anda mendekati keputusan cat interior apa pun, yakni tentukan jenis perasaan yang Anda inginkan.

Warna yang kuat akan menciptakan suasana vitalitas, sedangkan warna yang lebih lembut akan menciptakan suasana yang lebih tenang. Nuansa dalam adalah klasik dan ramah jika tidak terlalu gelap. 

2. Hijau

Hijau adalah pilihan yang tidak jauh berbeda dengan biru karena kemampuannya membawa alam ke dalam.

Menurut psikologi warna, hijau memiliki efek paling menenangkan pada mata manusia dan dianggap sebagai kedamaian, keseimbangan, dan ketenangan. Design Sheppard menjelaskan bahwa efeknya berubah tergantung pada bayangan.

Misalnya, nuansa kuning-hijau menyampaikan kesegaran dan pertumbuhan, sementara hijau zamrud yang kaya dianggap mewah.

Warna harmonis ini berpadu dengan baik dengan warna lain. Namun, disarankan agar tetap berada dalam suhu yang sama baik nada dingin atau hangat akan membantu memastikan desainnya tidak kewalahan.

Konon, kuning cerah yang hangat sangat cocok dengan biru laut yang sejuk karena campuran dua warna primer menghasilkan hijau.

Sekali lagi, nuansa yang diredam untuk memasukkan sedikit abu-abu mungkin lebih mudah digunakan dan didekorasi. 

3. Hitam

Untuk tambahan grafis dan klasik pada dekorasi rumah, tidak ada yang seperti sentakan hitam. Warna ini melengkapi setiap gaya, termasuk tradisional, modern, maksimalis, dan rumah gaya farmhouse.

Karena hitam sering muncul dalam elemen di seluruh rumah, seperti pada perlengkapan lampu dan perangkat keras, pintu dengan warna yang sama akan terasa kohesif.

Selain itu, pintu hitam adalah titik fokus instan dan menambahkan kesan tinggi ke ruang, dan dari perspektif praktis, mereka menyamarkan kotoran.

4. Abu-abu

Anda dapat mengaplikasikan warna abu-abu-krem segar untuk gaya minimalis dan pelapisan dengan warna putih tambahan, seperti pada warna dinding, furnitur, dan lemari, menciptakan kedalaman desain yang tidak bisa dilakukan oleh satu warna saja.

Manfaat lain dari warna yang diredam adalah tidak bersaing untuk mendapatkan perhatian, memungkinkan elemen lain dalam ruang menjadi fokus. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/10/130300676/-4-warna-cat-terbaik-untuk-pintu-rumah-apa-saja-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke