Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memberikan Pencahayaan pada Ruangan Menurut Desainer Interior

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan di dalam ruangan menjadi hal yang sangat penting. Sebab, tak hanya membantu dalam beraktivitas, namun pencahayaan dalam ruangan dapat mengubah suasana di dalam ruang tersebut.

Pencahayaan yang kurang akan memberikan rasa sempit pada ruangan, dan sebaliknya pencahayaan yang cukup akan memberikan rasa luas dan lapang di dalam ruangan. 

Dilansir Today, Kamis (21/7/2022) jika ingin membawa lebih banyak cahaya ke rumah Anda, tempat yang mudah untuk memulai adalah dengan melihat perlengkapan pencahayaan literal.

Beberapa desainer interior mengungkapkan cara untuk membawa pencahayaan yang cukup ke dalam ruangan.

Desainer interior Brittany Marom suka memulai dengan perlengkapan langit-langit karena mereka berada di titik tertinggi dan paling baik dalam membanjiri ruang dengan cahaya.

Setelah itu gunakanlah sconce dinding, yang katanya dapat membantu saat memberi aksen pada area yang lebih gelap yang berpotensi tidak dijangkau oleh lampu di atas kepala.

Dia mengungkapkan bahwa pencahayaan ini juga dapat membantu menerangi seni dan berfungsi sebagai pencahayaan suasana hati.

Sementara itu, Linda Hayslett, seorang desainer interior dan pemilik LH.Designs yang berbasis di Los Angeles, menawarkan solusi yang dapat dilakukan sendiri yang dia lihat di media sosial baru-baru ini.

Untuk menambahkan cahaya ke area yang tidak memiliki kabel listrik, ia menyarankan untuk memasang tempat lilin, menyembunyikan kabel di belakangnya. 

Cara mencerahkan rumah dengan dekorasi

Selain perlengkapan pencahayaan, para ahli juga menawarkan tips tentang cara mencerahkan rumah dengan barang-barang dekoratif.

Hayslett memulai dengan menggunakan lilin beraroma jeruk dan menambahkan vegetasi dan tanaman yang mudah dirawat ke dalam dekorasi rumah. 

“Beberapa tanaman tidak terlalu sulit untuk dirawat. Begitu mereka tumbuh, itu benar-benar dapat membuat rumah terasa sangat ringan dan lapang yang memberikan nuansa indoor atau outdoor bahkan jika Anda tinggal di ruang kecil,” tutur dia.

Hayslett menambahkan, pohon lemon dan jeruk kecil bisa bermanfaat untuk pilihan untuk ruang kecil.

Desainer interior Habiba Koroma dan Kerrie Kelly, menyarankan untuk mengganti jok sofa yang lebih gelap dengan warna yang lebih terang. 

Koroma menekankan pentingnya menggunakan indera untuk membantu Anda menjadi lebih terarah saat mendekorasi. Untuk sentuhan, cari bantal dan selimut. Untuk penglihatan, perhatikan skema warna yang memberikan pencahayaan yang baik pada ruangan.

Kelly menawarkan solusi sederhana untuk mencerahkan rumah Anda, yakni dengan membuka jendela, pintu, dan gorden.

Dia menambahkan bahwa membuka penutup jendela Anda dapat memberikan sinar matahari tambahan.

Kiat desainer interior untuk mencerahkan ruangan sempit

Setiap desainer interior menekankan pentingnya mengisi ruangan sempit dengan barang-barang yang memiliki lebih dari satu kegunaan. Idealnya, Anda akan memilih item yang dapat berfungsi ganda atau menawarkan penyimpanan seperti meja kopi atau keranjang.

Kemudian, gunakan dekorasi untuk menciptakan ilusi lebih banyak ruang dan cahaya. Marom suka menggunakan cermin yang diposisikan di seberang jendela untuk menciptakan lebih banyak cahaya di ruang kecil.

"Menempatkan cermin di seberang jendela selalu sangat bagus karena memantulkan cahaya dan kemudian membuka ruang dengan sangat, sangat baik," katanya.

Tips lain yang dia tawarkan adalah menggunakan lampu tinggi untuk menciptakan cahaya yang lebih luas di ruang kecil.

"Semakin tinggi lampu, semakin baik karena sering kali ruang kecil tidak benar-benar mendapatkan pencahayaan di atas kepala,” katanya.

Dengan menciptakan ilusi kelapangan dan cahaya di ruang kecil, Anda akan melakukan apa yang Kelly gambarkan sebagai "mengaburkan garis antara kehidupan di dalam dan di luar ruangan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/21/112400176/cara-memberikan-pencahayaan-pada-ruangan-menurut-desainer-interior

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke