Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benarkah Anjing Pomeranian Agresif? Simak Penjelasannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Anjing Pomeranian, juga dikenal anjing Pom, adalah anjing berukuran kecil yang menjadi kesukaan sebagian orang lantaran mereka lebih mudah untuk diangkat dan dibawa ke mana saja.

Sebab, sahabat bulu yang satu ini hanya memiliki tinggi sekitar 20-28 centimeter (cm). Berat badannya pun hanya satu hingga tiga kilogram (kg) saja.

Anjing dengan tampilan yang mirip seperti anjing mainan ini terkenal akan sifatnya yang sangat bersemangat, ramah, lucu, dan menyenangkan.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa beberapa orang memiliki miskonsepsi tentang anjing Pomeranian. Mereka mengira, anjing Pomeranian adalah anjing yang galak.

Sebab, televisi kerap menyoroti sejumlah adegan dalam film yang menampilkan sifat agresif anjing Pomeranian. Kendati demikian, apakah anjing Pomeranian adalah anjing yang agresif?

Alasan anjing Pomeranian agresif

Disadur dari Pet Pom, Kamis (21/7/2022), anjing Pomeranian memang bisa menjadi agresif. Namun, perilaku ini didasari oleh sejumlah alasan.

Dengan demikian, anjing Pomeranian tidak akan bertindak agresif jika tidak ada sesuatu yang membuatnya merasa kurang nyaman.

  • Ketakutan

Anjing Pomeranian bisa merasa takut akan banyak hal, mulai dari suara keras hingga manusia atau hewan peliharaan lain yang kurang familiar.


 

Bahkan, situasi yang semrawut pun dapat membuat sahabat bulu merasa ketakutan. Walhasil, anjing Pomeranian menjadi agresif dengan menunjukkan perilaku agresif berupa sikap menyerang.

Biasanya, sikap menyerang ini dapat ditampilkan melalui geraman, gigitan, bahkan anjing Pomeranian bisa mencoba menggigit orang.

  • Hubungan yang tidak jelas

Anjing Pomeranian agresif terhadap anggota keluarga manusia sering kali merupakan tanda bahwa mereka merasa bingung. Sebab, tempatnya dalam hierarki keluarga tidak jelas.

  • Masalah kesehatan

Saat anjing ras apa pun yang biasanya berperilaku baik tetapi mendadak menjadi agresif, ada kemungkinan ini karena mereka menderita beberapa jenis masalah kesehatan.

Anjing yang sedang kesakitan memiliki kemungkinan untuk menggigit, menggeram, bahkan menggigit. Sebab, mereka sedang merasa rentan.

Perasaan rentan dapat membuat bahkan anjing Pomeranian menyerang orang-orang yang dianggap sebagai ancaman selagi mereka dalam kondisi lemah.

Jadi, sebelum mulai mengatasi anjing Pomeranian agresif, cobalah untuk membawanya ke dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/21/105000676/benarkah-anjing-pomeranian-agresif-simak-penjelasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke