Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Sofa Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli sofa adalah salah satu investasi penting yang mungkin Anda lakukan untuk rumah.

Ruang tamu adalah bagian untuk bersantai, membaca, makan, menghibur, menonton TV, dan bahkan tidur siang, jadi masuk akal jika Anda berinvestasi pada sofa yang akan bertahan selama bertahun-tahun yang akan datang.

Dilansir House Beautiful, Kamis (7/7/2022), dari melakukan pengukuran dan memilih bingkai terbaik, hingga memilih bahan, inilah enam hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli sofa baru.

1. Coba sebelum membeli

Anda tahu ketika Anda sedang mencari kasur baru dan Anda melakukan tes dasar? Teori yang sama berlaku untuk sofa.

Sofa rata-rata memiliki kedalaman kursi setidaknya 60 cm, yang memberikan banyak ruang untuk bermanuver untuk memungkinkan Anda menyelipkannya kaki di bawah. 

Akan tetapi, kedalaman kursi bervariasi, jadi cobalah gaya yang berbeda untuk memastikan Anda mendapatkan dukungan punggung yang baik.

Dalam hal ketinggian tempat duduk, kebanyakan desain memiliki tinggi antara 45cm dan 50 cm. Tidak ada ketinggian yang benar atau salah, jadi sekali lagi, coba sebelum membeli untuk memastikan itu cocok untuk Anda.

Sarah Humphreys, senior buyer di DFS, salah satu e-commerce yang menjual produk sofa, mengatakan penting untuk mempertimbangkan bagaimana Anda ingin bersantai.

Misalnya, jika Anda hanya tinggal bersama pasangan dan suka duduk dengan kaki terangkat, periksa apakah sofa cukup dalam untuk menampung Anda berdua. Atau pertimbangkan kursi malas atau sofa malas, jika Anda memiliki ruang untuk menampungnya.

Jika Anda lebih suka berbaring di sofa, pastikan itu cukup lama untuk Anda berbaring.

Orang yang lebih tinggi mungkin juga ingin mempertimbangkan sofa dengan punggung lebih tinggi untuk menawarkan dukungan ekstra.

2. Pilih sofa dengan rangka yang baik

Habiskan sebanyak yang Anda mampu untuk bingkai berkualitas, itu akan membuat sofa bertahan selama bertahun-tahun. Bingkai kayu keras solid adalah pilihan yang baik, tetapi berhati-hatilah dengan papan partikel atau konstruksi logam.

Juga, perhatikan jaminan sebelum Anda membeli dan selalu pilih produsen yang menawarkan setidaknya jaminan 15 tahun.

3. Melihat apakah cocok di dalam ruangan atau tidak

Melihat sampel fisik sofa di ruang tamu dapat membuat semua perbedaan. Tanpa contoh, mungkin sulit untuk menilai skala pengulangan pola, atau bagaimana cahaya di ruang tamu Anda memengaruhi warna atau kilau kain.

Kini banyak produsen yang menyediakan aplikasi untuk memberikan contoh sofa yang akan diletakkan di ruangan calon pembelinya. Gunakan hal itu di ruang tamu Anda. 

4. Periksa bantalan sofa 

Ingatlah bahwa apa yang ada di dalam sofa sama pentingnya dengan apa yang digunakan di luar.

Untuk sandaran dan dudukan sofa, bantal yang diisi bulu memiliki kenyamanan yang tinggi tetapi akan membutuhkan pemampatan yang teratur, sementara tambalan busa atau serat dapat menjadi rata dan kehilangan bentuknya seiring waktu.

Solusi sempurna? Tim di Sofa.com merekomendasikan untuk memilih kombinasi bulu dan busa karena bulu memberikan squish sedangkan busa memberikan struktur.

Bantalan punggung yang diisi dengan bulu dan bantalan kursi yang diisi dengan busa atau serat berfungsi dengan baik.

5. Fokus pada kain 

Apakah Anda memilih warna, pola, atau netral yang berani, pilihan kain pelapis sofa akan memiliki dampak besar pada ruangan, jadi pilihlah dengan hati-hati untuk memastikannya sesuai dengan skema ruangan.

Bahan alami dapat memudar di bawah sinar matahari yang kuat, jadi gunakan kain sintetis jika sofa berada di dekat jendela.

Ini sangat penting di rumah keluarga yang sibuk, dan jika Anda memiliki anjing atau kucing, pilihlah kain yang mudah dibersihkan.

Kulit, serat mikro, beludru, dan kanvas adalah pilihan yang baik dalam kasus ini, sementara tenunan bertekstur tahan pakai dan lebih mudah menghilangkan noda. 

6. Mengukur 

Tidak ada yang lebih buruk daripada membeli furnitur yang tidak sesuai dengan ruangan, jadi sebelum Anda melakukan apa pun, ukurlah. Keluarkan pita pengukur dan pastikan Anda yakin dengan dimensi sofa maksimum yang sesuai dan sesuai dengan ruangan.

Menurut Sarah Humphreys di DFS, penting untuk memperhatikan lebar alias ukuran di bagian belakang sofa dan kedalaman atau ukuran dari belakang sofa ke depan.

"Perhatikan kedalaman sofa, jika Anda membeli untuk ruangan yang lebih kecil, dan pertimbangkan ketinggian sofa, terutama jika ruangan Anda memiliki rak," katanya. 

Salah satu tips untuk memastikan sofa muat di ruangan adalah dengan memotong bentuk sofa Anda dari koran dan meletakkannya di lantai di dalam ruangan.


"Ini memungkinkan Anda untuk memeriksa apakah Anda memiliki cukup ruang untuk berjalan di sekitarnya dengan mudah dan bahwa Anda telah meninggalkan cukup ruang untuk rak, dan perabot lainnya, serta bukaan lemari, pintu, dan jendela," jelas Humphreys.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/07/071100276/6-hal-yang-harus-dipertimbangkan-saat-membeli-sofa-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke