Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Kursi Kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Kursi kerja atau kursi kantor tidak hanya dipakai di kantor untuk menunjang pekerjaan. Namun, Anda juga dapat menggunakan kursi kerja untuk melakukan aktivitas bekerja dari rumah.

Dilansir The Spruce, Rabu (29/6/2022), kursi kerja yang baik harus memudahkan Anda untuk melakukan pekerjaan sambil tetap merasa nyaman di punggung dan tidak memengaruhi kesehatan secara negatif.

Berikut adalah beberapa fitur yang harus Anda cari saat membeli kursi kerja.

1. Ketinggian kursi

Anda harus bisa menyesuaikan ketinggian kursi kerja dengan tinggi badan Anda sendiri. Untuk kenyamanan optimal, Anda harus duduk dengan posisi paha horizontal ke lantai.

Cari tuas penyetelan pneumatik untuk memungkinkan Anda menyesuaikan kursi lebih tinggi atau lebih rendah.

2. Cari sandaran kursi yang dapat disesuaikan

Anda harus dapat memposisikan sandaran kursi dengan cara yang sesuai dengan tugas Anda. Jika sandaran terpasang ke kursi, Anda harus dapat memindahkannya ke depan atau ke belakang.

Mekanisme penguncian yang menahannya baik agar bagian belakang tidak tiba-tiba miring ke belakang.

Sandaran punggung yang terpisah dari kursi harus dapat diatur ketinggiannya, dan Anda juga harus dapat memiringkannya sesuai keinginan Anda.

3. Sandaran berkontur

Sandaran berkontur di kursi kerja akan memberikan kenyamanan dan dukungan yang dibutuhkan punggung Anda. Pilih kursi kerja yang bentuknya sesuai dengan kontur alami tulang belakang Anda.

Kursi kerja apa pun yang layak dibeli akan menawarkan dukungan lumbar yang baik.

Punggung bawah Anda harus ditopang sedemikian rupa sehingga sedikit melengkung sepanjang waktu sehingga Anda tidak merosot seiring berjalannya hari.

Yang terbaik adalah mencoba fitur ini sehingga Anda mendapatkan dukungan lumbar pada saat Anda membutuhkannya. Dukungan punggung bawah atau lumbar yang baik sangat penting untuk meminimalkan ketegangan atau kompresi pada cakram lumbar di tulang belakang.

4. Kedalaman dan lebar kursi yang cukup

Kursi kerja harus cukup lebar dan dalam agar Anda dapat duduk dengan nyaman. Carilah tempat duduk yang lebih dalam jika Anda lebih tinggi, dan tempat duduk yang lebih dangkal jika tidak terlalu tinggi.

Idealnya, Anda harus bisa duduk dengan punggung bersandar pada sandaran dan memiliki jarak sekitar 2 sampai 4 inci antara bagian belakang lutut dan kursi kursi kerja.

Anda juga harus bisa mengatur kemiringan kursi ke depan atau ke belakang tergantung bagaimana Anda memilih untuk duduk.

5. Pilih bahan yang bernapas dan padding yang cukup

Bahan yang membuat tubuh Anda bernapas lebih nyaman saat duduk di kursi kantor dalam waktu lama. Kain adalah pilihan yang baik, tetapi banyak bahan baru juga menawarkan fitur ini.

Bantalan harus nyaman untuk diduduki dan yang terbaik adalah menghindari kursi yang terlalu empuk atau terlalu keras.

Permukaan yang keras akan terasa sakit setelah Anda duduk beberapa jam, dan yang lunak tidak akan memberikan dukungan yang cukup.

6. Pilih kursi kerja dengan sandaran tangan

Pilihlah kursi kantor dengan sandaran tangan untuk menghilangkan ketegangan di leher dan bahu Anda.

Sandaran tangan juga harus dapat disesuaikan, agar Anda dapat memposisikannya sedemikian rupa sehingga lengan dapat beristirahat dengan nyaman sekaligus membuat Anda tidak terlalu membungkuk.

7. Mode putar dan kastor

Kemampuan untuk bergerak di kursi kerja akan menambah kegunaannya. Anda harus dapat dengan mudah memutar kursi sehingga Anda dapat menjangkau berbagai tempat di area kerja untuk efisiensi maksimum.

Kastor memberi Anda mobilitas yang mudah, tetapi pastikan untuk mendapatkan yang tepat untuk lantai.

Pilih kursi dengan roda yang dirancang untuk lantai, apakah itu karpet, lantai kayu, atau kombinasi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/29/191000676/7-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-membeli-kursi-kerja

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke