Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tips Feng Shui Kamar Tidur Sempit agar Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakhir, ukuran apartemen atau rumah semakin menyusut, sehingga banyak dari kita memiliki tantangan dalam menata rumah kecil, terutama kamar tidur.

Dilansir Feng Shui Beginner, Senin (27/6/2022), kamar tidur adalah tempat di rumah untuk istirahat, peremajaan, dan romansa. Dengan demikian, penting untuk memasukkan feng shui yang baik ke dalam kamar tidur sempit.

Hal-hal yang kita masukkan ke dalam kamar tidur, jumlah dan penempatannya memainkan peran yang cukup kuat dalam kesehatan dan hubungan emosional kita. Misalnya, Anda akan merasa stres jika kamar tidur berantakan.

Berikut beberapa tips feng shui kamar tidur sempit agar terasa nyaman dan memberikan nuansa positif.

1. Menggunakan cermin

Banyak ahli menyarankan untuk tidak meletakkan cermin di kamar tidur karena praktis mencerminkan segala sesuatu di ruang kecil. Namun, tidak praktis untuk menghilangkannya dari ruangan sepenuhnya.

Jadi Anda bisa menggantung cermin di dalam lemari.

2. Pilih furnitur dengan bijak

Memilih furnitur yang tepat untuk kamar tidur kecil atau kamar tidur sempit sangat penting. Jangan menempatkan tempat tidur besar atau kursi pijat.

Selain secara negatif memengaruhi aliran energi, konfigurasi ini juga memengaruhi aksesibilitas dan pergerakan. Anda juga dapat membeli furnitur multifungsi atau penyimpanan tersembunyi untuk memanfaatkan ruang.

3. Tempatkan tempat tidur di posisi paling optimal

Banyak ahli feng shui akan menyarankan menempatkan tempat tidur di posisi perintah, tetapi menerapkannya di kamar tidur sempit menimbulkan tantangan.

Ingatlah bahwa Anda tidak dapat mencapai feng shui yang sempurna, jadi pilihlah posisi tempat tidur yang paling kondusif yang Anda rasa nyaman.

Misalnya, jika tempat tidur menghadap kamar mandi atau pintu kamar tidur, tutuplah pintu saat tidur. Tidur di balik pintu tertutup membuat Anda merasa lebih aman dan membuat tenang.

Dalam situasi lain, gunakan tirai untuk mengatasi tantangan ini jika tidur dengan kaki menghadap ke jendela.

4. Gunakan warna yang ramah feng shui

Warna-warna lembut dan sederhana adalah pilihan terbaik untuk menciptakan kamar tidur feng shui yang luar biasa. Anda dapat menggunakan warna-warna ini untuk tempat tidur, sarung bantal, karpet, dan warna dinding.

Hindari warna-warna cerah dan merangsang seperti merah karena membuat sulit untuk tertidur.

5. Memanfaatkan pencahayaan alami

Pencahayaan yang baik sangat penting untuk membuat ruang kecil secara visual terasa lebih luas. Jadi, idealnya, cobalah untuk membiarkan sinar matahari alami sebanyak mungkin masuk ke area tersebut untuk menyerap energi segar.

Sebagai alternatif, gunakan lampu sebagai gantinya jika di kamar tidur kecil tidak memungkinkan pencahayaan alami.

6. Minimalis adalah kunci feng shui yang baik di kamar tidur sempit

Anda harus memastikan bahwa ruangan bebas dari kekacauan dan hanya menyimpan barang-barang penting. Mengumpulkan barang-barang yang tidak diinginkan dan kekacauan membuat tubuh sulit untuk beristirahat dengan baik dan dapat menyebabkan masalah kesehatan mental.

7. Menarik energi positif dengan kristal

Kamar tidur adalah ruang yang intim dan membutuhkan harmoni energik untuk merasa tenang dan aman. Anda dapat memanfaatkan kekuatan kristal untuk mencapai medan energi terpadu.


Batu kecubung ungu menjadi pilihan utama karena dapat menenangkan pikiran. Ini memungkinkan Anda untuk tidur nyenyak tanpa banyak gangguan.

Selain itu, Anda bisa memilih kristal kuarsa mawar jika mencari romansa dan kasih sayang.

Pilih lampu garam Himalaya jika Anda bukan pecinta kristal. Ini membantu Anda memerangi EMF yang dipancarkan dari perangkat elektronik apa pun saat tidur.

Selain itu, ini juga membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan mood dan meningkatkan kualitas tidur.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/27/133300276/7-tips-feng-shui-kamar-tidur-sempit-agar-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke