Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya Jamur Aspergillus dan Cara Membasminya dari Rumah

Selain itu, adanya jamur dan bau apak yang tercium di dalam rumah dapat berdampak buruk bagi kesehatan serta membuat tamu yang berkunjung enggan datang kembali.

Untuk mengatasinya, cari titik pertumbuhan jamur di seluruh rumah, lalu membersihkannya. Namun, membasmi jamur perlu dilakukan secara hati-hati. Sebab, ada  beberapa jamur berbahaya yang bisa tumbuh di rumah seperti Aspergillus.

Ahli pembasmi jamur, Michael Rubino, menuliskan dalam Mind Body Green, Rabu (15/6/2022), Aspergillus adalah spesies jamur yang memiliki kemampuan untuk tumbuh dan bertahan hidup dengan air yang sangat sedikit. 

Jamur Aspergillus tidak membutuhkan air untuk tumbuh pada lantai atau dinding rumah. Spora jamur ini dapat mulai berkoloni hanya dengan kelembapan dalam ruangan yang tinggi.

Sebagai perbandingan, jamur hitam membutuhkan lebih banyak air bagi sporanya untuk mulai berkembang. 

Jamur Aspergillus mampu menghasilkan racun mikroskopis yang disebut mikotoksin. Saat merasa terancam, jamur Aspergillus akan memproduksi racun tersebut bersama dengan lebih banyak spora jamur. 

Situasi yang dapat membuat jamur Aspergillus terancam adalah ketika ada spesies jamur lain yang mulai tumbuh di dalam rumah dan merambah ke wilayahnya. 

Mikotoksin tidak hanya menurunkan kualitas udara dalam ruangan, tapi juga mempengaruhi kesehatan dalam beberapa cara.

Namun, setiap orang merespons paparan jamur tersebut secara berbeda. Hal ini karena genetika, lama waktu, dan volume terpapar, serta kondisi yang sudah sebelumnya dapat berperan.

Meski salah satu anggota keluarga mungkin tidak merasakan gejala apa pun, bisa jadi anggota keluarga lain mengalami reaksi parah.

Orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah sangat rentan mengembangkan gejala paparan jamur. Sistem kekebalannya kurang mampu membersihkan tubuh dari spora dan partikel jamur serta racun.

Bahkan, orang dengan sistem kekebalan yang terganggu lebih mungkin untuk mengembangkan Aspergillosis, yaitu penyakit yang disebabkan paparan jamur Aspergillus.

Cara mengatasi jamur Aspergillus di rumah

  • Ketahui warna jamur

Keberadaan jamur Aspergillus sulit terdeteksi di rumah karea sebagian besar memiliki warna yang lebih terang.

Sejauh ini, ada lebih dari 180 spesies Aspergillus yang telah diidentifikasi dengan  berbagai warna. Namun, banyak dari jamur Aspergillus berwarna kuning kehijauan.

Berbeda dengan jamur hitam atau coklat yang terlihat seperti noda kopi, warna jamur Aspergillus sering menyatu dengan sekitarnya sehingga membuatnya dapat terus tumbuh lebih lama sebelum terdeteksi. 

Sama dengan spesies jamur lainnya, Aspergillus membutuhkan kelembapan untuk tumbuh subur. Artinya, area lembap dan basah di dalam rumah berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya seperti loteng, ruang bawah tanah, jendela, dan ambang jendela. 

Kebocoran dan banjir juga bisa menyebabkan jamur aspergillus tumbuh di dalam ruangan. Karena itu, atasi setiap ruangan yang lembap dan kebocoran di rumah.

Periksa setiap ruangan secara teliti. Genggunakan senter untuk memeriksa pertumbuhan jamur yang sulit dilihat. Selama proses pencarian dan pembersihan jamur, manfaatkan indra penciuman, tetapi tetap menggunakan masker. Pertumbuhan jamur sering menimbulkan bau apak, busuk, atau lembap.

  • Atasi jamur Aspergillus 

Saat mencium bau jamur, menemukan pertumbuhan jamur yang terlihat, melihat noda air atau noda yang terlihat seperti noda kopi, serta permukaan yang tampak kotor dan berpotensi menumbuhkan jamur, segera menghubungi pembasmi jamur.

Pembasmi jamur dapat memberi gambaran tentang jamur yang tumbuh di rumah, mencari area lain di rumah yang ditumbuhi jamur, dan apakah ada kontaminan lain yang hadir di rumah.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/15/125400476/bahaya-jamur-aspergillus-dan-cara-membasminya-dari-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke