Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memulai dan Menerapkan Gaya Hidup Minimalis di Rumah

Sejumlah masyarakat awam maupun pesohor atau selebritas—seperti Raditya Dika, Angela Gilsha, Cinta Laura, dan Amanda Manopo—yang biasanya akrab dengan kemewahan dan memiliki banyak barang memutuskan melakoni gaya hidup minimalis yang mengusung kesederhanaan. 

Namun, sebelum menjadi gaya hidup, sejak kembali populer, minimalis lebih dikenal sebagai gaya desain interior dan konsep estetika menata ruangan. 

Akan tetapi, konsep minimalis sebetulnya bisa diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk di rumah. Mulai dari, desain rumah minimalis, kepemilikan barang-barang, penggunaan produk dan kebutuhan, hingga rutinitas sehari-hari. 

Gaya hidup minimalis mengusung konsep less is more atau kesederhanaan yang dapat diartikan mengurangi sejumlah hal yang berlebihan dalam hidup. 

Esensi sebenarnya dari gaya hidup minimalis adalah menentukan apa yang memberi kita nilai terbesar dalam hidup dan membuang segala sesuatu yang berlebihan. 

"Seorang minimalis sengaja berfokus pada apa yang benar-benar penting. Bagi sebagian orang, ini berarti menghilangkan 'hal' yang tidak membuat Anda bahagia," ucap Becke Caleb, ahli kesehatan dan kebugaran bersertifikat untuk Maple Holistics, dilansir dari Oprah Daily, Selasa (31/5/2022).

Cynthia S Lestari, penggiat gaya hidup minimalis sekaligus founder Lyfe with Less—komunitas gaya hidup minimalis di Indonesia— mengatakan menjalani gaya hidup minimalis gampang-gampang susah.

Kesulitan yang dihadapinya adalah saat memasuki fase baru atau awal-awal memulainya dan berdaptasi. Tak jarang, hal itu membuatnya terkadang khilaf dan mengonsumsi barang atau belanja secara berlebihan kembali. 

"Sejauh ini, menjalani gaya hidup minimalis happy-happy saja. Namun, karena sekarang ada support system seperti suami, keluarga, dan teman, jadi ada yang mengingatkan ketika sedang khilaf," ucapnya yang sudah empat tahun menjalani gaya hidup minimalis. 

Menurut Cynthia, gaya hidup minimalis dapat dengan mudah diterapkan di rumah, apalagi memulainya tak perlu mengeluarkan uang. 

Ia mengatakan cara termudah menjalani gaya hidup minimalis adalah menggunakan semua sumber yang ada di rumah, dari memakai barang yang ada, menggunakan barang sampai habis, hingga menggunakan barang sampai rusak. 

Selain itu, melakukan decluterring atau menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan dari rumah bersama keluarga setiap seminggu sekali pada beberapa area di rumah.

"Misalnya, mengeliminasi lemari pakaian, tetapi ketika itu sudah kosong, jangan berpikir untuk mengisinya kembali. Ketahui, apa hal yang cukup untuk kita dan merayakan itu." 

Laman Oprah Daily mengungkapkan memulai menerapkan gaya hidup minimalis dapat dilakukan dengan menilai baik orang-orang maupun hal-hal di sekitar Anda.

Ketika berbicara tentang objek, Anda harus bertanya pada diri sendiri tiga pertanyaan, yakni apakah saya menggunakannya?, apakah saya menyukainya?, dan apakah saya membutuhkannya?.

Jika barang tersebut tidak memiliki tujuan atau gairah, mungkin juga tidak memiliki tempat dalam hidup Anda. Namun, penerapan ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. 

Nah, bagaimana Anda tertarik menerapkan gaya hidup minimalis di rumah? Selamat mencoba ya! 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/31/201800376/tips-memulai-dan-menerapkan-gaya-hidup-minimalis-di-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke