Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membersihkan Udara di Kamar Tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur menjadi ruangan yang berdampak bagi seseorang yang menempatinya.

Sebab, biasanya orang menghabiskan sekitar sepertiga hidupnya untuk tidur di kamar tidur, atau menghabiskan waktu di kamar tidur. 

Sophia Ruan Gushée, penulis A to Z of D-Toxing, memulai proses detoksifikasi lingkungan rumahnya, dari kamar tidur berada di urutan teratas  yang harus dibersihkan.

"Saya pikir itu adalah bagian terpenting dari rumah untuk dipertimbangkan," kata Gushée yang dilansir Mind Body Green, Jumat (27/5/2022). 

Meskipun ahli rumah sehat mengakui bahwa tidur adalah "kelemahan terbesarnya", dia memerhatikan bahwa membuat beberapa perubahan penting di kamar tidurnya sangat membantunya. 

Berikut beberapa rutinitas yang dia rekomendasikan untuk membersihkan udara kamar tidur sehingga Anda dapat beristirahat dengan penuh kualitas. 

1. Kurangi wewangian sintetis

Gushée memilih untuk mengurangi wewangian sintetis di ruang tidurnya dalam upaya untuk mengurangi senyawa organik volatil (VOC) yang berkontribusi pada kualitas udara yang burukdan pada gilirannya berpotensi mengganggu tidur.

Sementara produk beraroma alami dan minyak esensial menjadi solusi lainnya, lilin sintetis atau penyegar udara apa pun tidak disertakan di tempat tidurnya.

2. Sederhanakan rutinitas pembersihan 

Pembersih beraroma kuat yang mengandung bahan dan produk sampingan seperti etilen oksida, 1,4-dioksan, dan VOC juga telah dikaitkan dengan iritasi kulit dan pernapasan.

Sebagai gantinya, Gushée menggunakan campuran sederhana dari sabun nabati dan air untuk membersihkan kamar tidurnya. Dia juga membersihkan semua permukaan dengan kain basah dua kali seminggu.

Menjaga dekorasi kamar di sisi minimalis membuat proses ini berjalan lebih cepat dan mengurangi gangguan pada waktu tidur.

3. Membuka jendela

Udara dalam ruangan cenderung lebih tercemar daripada udara luar, bahkan di kota berpenduduk padat, tempat Gushée dan keluarganya tinggal. Dengan demikian, dia sering membuka jendela untuk membiarkan udara segar masuk ke ruang tidurnya.

Sementara beberapa alergen, serangga, atau kotoran mungkin masuk ke kamar tidur saat udara dalam ruangan keluar, tapi ada baiknya membiarkan rumah Anda bernapas sesekali.

4. Gunakan kasur organik dan air purifier

Sementara pembersih udara yang efektif dan kasur organik yang terbuat dari bahan alami akan memakan biaya yang cukup mahal, Gushée menganggap keduanya sangat penting untuk kenyamanan keseluruhan kamar tidur.

Dia menggunakan pembersih udara yang dapat menyaring udara di seluruh kamar tidurnya, hingga partikel terkecil dan terkecil. Untuk kasur, dia merekomendasikan untuk menggunakan kasur yang terbuat dari bahan alami seperti 100 persen busa lateks alami. 

5. Jauhkan ponsel dan barang elektronik dari ruangan 

Gushée melihat perbedaan besar dalam cara dia tidur saat dia tidak dikelilingi oleh teknologi.

Pada umumnya tidak mungkin bagi kebanyakan orang untuk tidak memiliki teknologi di kamar tidur mereka, dan dia tahu tetapi menemukan bahwa hanya memindahkan teleponnya ke sisi lain kamarnya dan menyalakannya dalam mode pesawat sebelum dia tidur dapat membantu.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/27/121900676/5-cara-membersihkan-udara-di-kamar-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke