Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengatasi Bau Pesing yang Menempel di Kasur

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika Anda memiliki anak kecil, tidak menutup kemungkinan ia akan mengompol di kasur. Begitu juga dengan hewan peliharaan yang bisa jadi kencing di kasur Anda. 

Kecuali Anda memiliki kasur yang dilindungi oleh pelapis tahan air, urine dapat meresap jauh ke dalam serat kasur, meninggalkan bau pesing di kasur yang sulit dihilangkan.

Tentu saja, hasil terbaik akan datang jika Anda menemukan urine atau ompol yang tidak disengaja secepat mungkin dan segera membersihkan kasur. 

Dilansir The Spruce, Senin (23/5/2022), Anda mungkin perlu mencoba beberapa produk pembersih yang berbeda untuk menghilangkan bau pesing sepenuhnya, tergantung pada usia noda dan susunan kimiawinya.

Urine hewan peliharaan lebih pekat dan lebih bau daripada urine manusia. Akan tetapi, hanya dengan beberapa produk pembersih rumah tangga, Anda dapat menghilangkan bau pesing tersebut. 

1. Angkat semua dari tempat tidur

Ketika anak mengompol di kasur atau hewan peliharaan buang air kecil di kasur, segera lepaskan semua seprai dari tempat tidur.

Masukkan seprai, alas kasur, dan selimut yang terkena kotoran ke dalam mesin cuci. 

2. Bersihkan urine di kasur

Gunakan tisu dapur atau kain mikrofiber untuk menghilangkan urine sebanyak mungkin. Kenakan sarung tangan karet dan tekan dengan kuat untuk membantu tisu atau kain mikrofiber menyerap kelembapan.

Pindahkan ke handuk kering saat urine ditransfer.

3. Bersihkan noda 

Campurkan setengah sendok teh penghilang noda berbasis enzim atau deterjen dengan satu cangkir air hangat. Celupkan sikat gosok berbulu lembut ke dalam larutan dan gosok perlahan bagian kasur yang bernoda.

Kerjakan dari tepi luar noda ke arah tengah untuk mencegahnya membesar. Seka area dengan handuk kering untuk menyerap kelembapan.

4. Menghilangkan bau pesing

Saat area tersebut masih lembap, taburkan bagian yang baru dibersihkan dengan lapisan soda kue yang banyak.

Biarkan soda kue benar-benar kering di udara. Ini mungkin memakan waktu beberapa jam. Saat soda kue sudah kering, gunakan penyedot debu untuk menghilangkan soda kue.

Cara menghilangkan bau urine lama di kasur

Jika noda urine tidak segera dihilangkan, bau pesing bisa meresap lebih dalam ke serat kasur dan terus tercium. Cobalah metode ini, mulai dari yang paling ringan dan semakin agresif, untuk menghilangkan baunya.

Jika memungkinkan, pilih hari yang berangin dan kering untuk membersihkan kasur. Ini akan membantunya mengering lebih cepat. 

Pembersihan menyeluruh dapat memakan waktu hingga 12 jam agar kasur mengering.

1. Gunakan pasta soda kue 

Campurkan satu cangkir baking soda atau soda kue dengan satu sendok makan air untuk membuat pasta. Oleskan pasta secara bebas ke area yang berbau seperti urine.

Gunakan sikat berbulu lembut untuk mengoleskan pasta ke permukaan kasur. Biarkan pasta benar-benar kering.

Yang terbaik adalah meninggalkan pasta di kasur setidaknya selama empat jam, sehingga bau kencing bisa dinetralisir. Saat pasta kering, bersihkan.

Untuk menyegarkan seluruh kasur, taburi sisa permukaannya dengan baking soda kering. Ini akan membantu menyerap bau dan minyak dan saat Anda menyedotnya, Anda juga akan menangkap debu dan tungau debu.

2. Gunakan cuka putih

Cuka putih adalah asam ringan yang membantu menetralkan komponen dalam urine. Tuang sedikit cuka putih suling ke dalam botol semprot dan semprotkan dengan bebas ke area yang berbau urine. Biarkan kasur mengering dengan sendirinya.

Bau cuka akan terasa kuat pada awalnya, tetapi akan hilang saat mengering. Anda dapat mempercepat waktu pengeringan dengan menggunakan kipas. 

3. Gunakan hidrogen peroksida

Hidrogen peroksida adalah disinfektan ringan dan pemutih berbasis oksigen. Produk ini dijual dalam konsentrasi tiga sampai 10 persen di sebagian besar toko obat.

Solusi tiga persen bekerja paling baik untuk menghilangkan bau urine tanpa merusak permukaan kasur.

Masukkan sedikit hidrogen peroksida ke dalam botol semprot dan lapisi area yang terkena urine secara bebas.

Pastikan untuk menggunakannya segera setelah mengisi botol karena hidrogen peroksida berubah menjadi air setelah terkena cahaya. Biarkan kasur mengering di udara.

4. Uap membersihkan kasur

Jika perawatan-perawatan di atas belum menghilangkan bau pesing, cobalah membersihkan seluruh kasur dengan uap. Ini tidak sulit tetapi akan membutuhkan setidaknya 12 jam untuk membersihkan dan mengeringkan kasur.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/23/211400376/cara-mengatasi-bau-pesing-yang-menempel-di-kasur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke