Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Benang Bukan Mainan yang Aman untuk Kucing, Kenapa?

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain terkenal memiliki waktu tidur yang lebih panjang daripada hewan lainnya, kucing juga suka menghabiskan waktunya untuk bermain.

Kucing suka bermain dengan benda-benda kecil yang bisa mereka pukul dengan cakarnya, salah satunya adalah benang. Ringan, berubah bentuk, dan dapat diambil dengan mudah oleh kucing mana pun.

Akan tetapi, dilansir The Spruce Pets, Kamis (19/5/2022), benang juga dapat menyebabkan beberapa masalah serius pada kucing, jadi penting untuk memahami risikonya serta menemukan beberapa mainan alternatif untuk kucing.

Bahaya kucing bermain benang

Meskipun terihat menyenangkan, kucing yang bermain dengan benang memiliki risiko yang mengerikan.

Berikut beberapa bahaya kucing bermain benang. 

1. Tersedak

Mengunyah benang bisa menarik bagi beberapa kucing. Ini mengkhawatirkan, karena barang-barang seperti benang dapat menyebabkan kucing Anda tersedak.

2. Tertelan

Jika seekor kucing menelan benang, ia akan berakhir di saluran pencernaan.

Benang dan barang-barang lain yang tidak boleh dimakan disebut sebagai benda asing saat berada di dalam kucing Anda.

Beberapa benda asing akan dimuntahkan atau melewati dan keluar dari tubuh ketika kucing buang air besar, tetapi benda lain tersangkut dan menyebabkan penyumbatan atau masalah lain.

3. Obstruksi

Obstruksi sangat serius, dan pembedahan seringkali diperlukan untuk mengangkat benda tersebut. Benang bisa sangat bermasalah karena potongan panjang bisa menempel, dililitkan di sekitar lidah, misalnya, dan diregangkan melalui saluran pencernaan yang disebut benda asing linier.

Saat perut dan usus mencoba untuk memindahkan makanan melalui peristaltik (kontraksi ritmik), benang dapat memotong dinding usus yang mengakibatkan infeksi perut yang berpotensi fatal.

4. Risiko terbelit

Benang bisa menyenangkan untuk dimainkan, tetapi juga bisa terpelintir dan kusut di sekitar kaki, badan, atau ekor kucing.

Jika kucing Anda terjerat benang, suplai darah bisa terputus dari bagian tubuh itu. Ini menyebabkan rasa sakit dan bengkak pada awalnya, tetapi jika benang tidak dilepas, penyempitan juga dapat menyebabkan jaringan mati.

Ini berarti jari kaki, dan ekor bisa mati dan rontok hanya karena benang melilitnya terlalu kencang.

Benang bukan satu-satunya jenis benang yang bisa berbahaya bagi kucing Anda. Bahaya benang rumah tangga umum lainnya termasuk tirai jendela dan tali gorden, benang jahit, tali sepatu, ikat rambut, karet gelang, pita, perada, tali, dan benang lainnya.

Barang-barang ini semua memiliki masalah yang sama seperti benang untuk tersedak, obstruksi, benda asing, belitan, atau penyempitan.

Cara menjaga kucing aman dari benang

Jawaban yang jelas di sini adalah dengan menjauhkan barang-barang benang dari rumah Anda jika Anda memiliki kucing peliharaan. 

Selain memilih untuk tidak menggunakan barang di rumah Anda yang dapat membahayakan kucing Anda, Anda harus berhati-hati dengan cara menyimpan dan menggunakan barang-barang ini.


Perlengkapan menjahit, dan merajut harus disimpan dengan benar dan tidak boleh ditinggalkan di meja tanpa pengawasan, dan tali tirai atau tirai jendela harus diikat agar kucing tidak terjerat di dalamnya. Anak kucing yang suka bermain sangat berisiko mendapat masalah dengan barang-barang ini, tetapi itu tidak berarti kucing dewasa aman dari bahaya tali.

Jika kucing Anda mengonsumsi barang-barang ini, hubungi dokter hewan Anda untuk meminta nasihat.

Paling tidak, Anda harus memantau kucing Anda apakah mereka muntah, nafsu makan yang buruk, perubahan buang air besar, atau lesu. Jika Anda melihat ini atau gejala penyakit lainnya, segera bawa kucing Anda ke dokter hewan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/19/071300876/benang-bukan-mainan-yang-aman-untuk-kucing-kenapa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke