Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bolehkah Mengasah Pisau Dapur Menggunakan Pisau?

Mereka akan memegang dua pisau untuk digesekkan secara bersamaan pada masing-masing permukaan pisau sebelum digunakan untuk mengiris daging atau bahan dapur lainnya.

Hal ini mungkin membuat kamu bertanya-tanya apakah pisau dapur dapat diasah menggunakan pisau lain? 

Namun, dilansir dari Kitchen Sheer, Selasa (17/5/2022), mengasah pisau dapur menggunakan pisau lain sebaiknya tidak dilakukan. 

Untuk mengasah pisau, membutuhkan material yang jauh lebih keras dari mata pisau itu sendiri. Jika menajamkannya dengan pisau lain, mata pisau akan menjadi tumpul atau membuat pisau tergores.

Bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia kuliner, pisau merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan memasak.

Untuk itu, menjaga pisau tetap tajam sangatlah penting. Mengasah pisau menggunakan pisau lain hanya akan membuat pisau semakin tumpul. Lantas, mengasah pisau harus menggunakan apa? 

Mengasah pisau ke material logam

Pisau memang tidak bisa ditajamkan menggunakan pisau lain, tetapi tetap bisa diasah dengan menggeseknya ke material logam, yang juga menjadi material pembuat pisau. Proses ini dinamakan honing (mengasah).

Mengasah pisau atau honing berarti kamu meluruskan kembali ujung pisau agar dapat melakukan pemotongan yang lebih halus dan aman. 

Biasanya, honing steel atau sharpening steel digunakan untuk menjaga bilah pisau tetap lurus dan tajam. Bentuknya mirip seperti obeng dan penggunaannya cukup mudah.

Caranya, cukup memegang sharpening steel secara vertikal dan geser bilah pisau pada alat itu pada sudut 15 derajat menggunakan gerakan kiri ke kanan.

Pastikan membiarkan sharpening steel menyentuh semua bilah pisau di setiap gerakan. Cara ini harus dilakukan di kedua sisi selama beberapa kali.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/17/141000676/bolehkah-mengasah-pisau-dapur-menggunakan-pisau-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke