Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Menyiram Tanaman

Namun, tidak sedikit orang masih kerap keliru dalam proses menyiramkan air ke tanaman.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui kesalahan yang harus dihindari saat menyiram tanaman agar tidak malah memberi dampak buruk terhadap tanaman.

Dikutip dari Channel YouTube Kebun Kumara, Selasa (10/5/2022), berikut ini lima kesalahan yang perlu dihindari saat menyiram tanaman.

Siramkan air ke tanaman secukupnya saja. Kamu harus bisa mengira-ngira seberapa banyak air yang diperlukan tanaman, dilihat dari besar bibit dan wadahnya.

Menyiram tanaman pada saat tidak dibutuhkan

Sebelum menyiramkan air ke tanaman, kamu juga harus peka dengan kebutuhan air pada tanaman tersebut, apakah dia butuh disiram air atau tidak.

Cara untuk mengetahuinya pun mudah, kamu tinggal memasukan satu jari tanganmu ke dalam pot untuk memeriksa kelembapan tanah atau media tanamnya.

Apabila tanahnya kering, kamu dapat melakukan penyiraman air ke tanaman tersebut. Seandainya tanahnya lembap, kamu tidak perlu menyiramnya lagi.

Menyamakan kebutuhan air pada setiap tanaman

Ingat, kebutuhan air setiap tanaman berbeda, baik dari jenis, ukuran, hingga wadah untuk meletakkan tanaman.

Saat menyiram tanaman, kamu juga harus menyesuaikan dengan usia bibit dan besar atau kecil wadahnya.

Jadi, apabila wadah tanaman milikmu kecil, kamu siram secukupnya saja. Namun, apabila tanaman terletak di pot yang besar, kamu bisa menyiramnya sedikit lebih lama untuk memastikan airnya terserap sampai media tanam yang paling bawah.

Menyiram dari daun tanaman

Proses penyiraman tanaman yang paling penting adalah cukup menyiramkan air ke tanah atau media tanamnya saja karena tanaman menyerap air dari akarnya.

Oleh karena itu, kamu tidak perlu menyiram tanaman terlalu berlebihan dari daun-daun tanaman.

Menyiramkan air ke daun tanaman juga bisa membuat daunnya malah menjadi miring hingga patah, apalagi untuk tanaman yang masih muda dengan batangnya belum kuat.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/10/193700876/4-kesalahan-yang-perlu-dihindari-saat-menyiram-tanaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke