Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Peralatan Elektronik Rumah Tangga yang Jarang Dibersihkan

Tak heran, bila peralatan elektronik menjadi benda di rumah yang kerap disentuh berulang-ulang setiap harinya sehingga membuatnya mengumpulkan banyak debu dan kotoran. 

Meski begitu, banyak pemilik rumah yang tidak memasukkannya ke rutinitas pembersihan rutin, bahkan ada beberapa peralatan elektronik yang hampir jarang dibersihkan. Tentu saja, ini adalah kesalahan besar.

Padahal, sama dengan menjaga kebersihan tangan, penting menjaga kebersihan peralatan elektronik agar tidak menjadi tempat berkembang biak kuman serta bakteri. 

Nah, dikutip dari Bobvila, Minggu (8/5/2022), berikut enam peralatan elektronik yang tidak pernah dibersihkan dan cara membersihkannya.   

Untuk itu, penting membersihkan ponsel dan tablet Anda secara rutin dengan menggunakan kain lap biasa.  

Untuk membersihkannya, gunakan kain mikrofiber dengan campuran 60 persen air dan 40 persen isopropil alkohol serta bersihkan layar ponsel setiap hari.

Kain mikrofiber tidak akan menggores permukaan atau layar ponsel dan tablet. Pastikan mematikan ponsel atau tablet sebelum membersihkan untuk berjaga-jaga jika ada tumpahan. 

Komputer dan laptop

Layar komputer atau laptop tidak sering disentuh seperti layar handphone. Meski begitu, tetap dapat mengumpulkan sidik jari dan debu.

Untuk membersihkannya, matikan komputer atau laptop, lalu campurkan setetes sabun cuci piring ke dalam beberapa gelas air hangat, celupkan kain mikrofiber ke dalam campuran, dan peras kelebihan airnya.

Setelah itu, usap layar untuk menghilangkan noda dan kotoran, lalu bilas kain dengan air bersih dan lap lagi. Gunakan kain mikrofiber kering untuk menghilangkan sisa-sisa kelembapan serta menghilangkan goresan. 

Untuk itu, keyboard dan mouse yang sering disentuh ini harus dibersihkan secara teratur untuk menghindari kuman.

Printer 

Printer rumah mungkin tidak terlalu kotor seperti peralatan elektronik lainnya, tetapi mengumpulkan banyak debu. 

Selain bebas debu dan kotoran, membersihka printer secara rutin dapat menjaganya tetap berfungsi dengan baik. Karena itu, bersihkan debu pada printer sebagai bagian dari rutinitas pembersihan Anda.  

Untuk membersihkan TV , Anda dapat mengikuti cara pembersihan layar laptop atau komputer. Sedangkan untuk membersihkan remote membutuhkan lebih banyak pekerjaan.

Mulailah dengan membuka bagian belakang remote dan melepas baterai. Goyangkan remote secara perlahan untuk melonggarkan remah-remah, lalu gunakan udara bertekanan untuk menghilangkan kotoran yang tertinggal dari celah-celah di antara tombol. 

Kemudian, celupkan kain mikrofiber ke dalam larutan alkohol gosok 60-70 persen dan bersihkan permukaannya. Gunakan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol untuk membersihkan di sekitar kancing.

Biarkan remote mengering, lalu ganti baterai. Bersihkan layar TV dan remote setiap minggu, tetapi jika ada seseorang yang rentan sakit di rumah, bersihkan remote setiap hari.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/08/095255376/5-peralatan-elektronik-rumah-tangga-yang-jarang-dibersihkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke