Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Pepaya untuk Membasmi Ulat

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak tanaman yang dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pestisida alami atau pestisida nabati. Zat aktif dalam tanaman dapat membantu mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman lainnya.

Dilansir laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (4/5/2022), secara umum, pestisida nabati diartikan sebagai suatu pestisida yang bahan dasarnya adalah tumbuhan. Pestisida nabati relatif mudah dibuat dengan bahan dan teknologi yang sederhana.

Bahan bakunya yang alami membuat pestisida ini mudah terurai (biodegradable) di alam, sehingga tidak mencemari lingkungan. Pestisida ini juga relatif aman bagi manusia dan ternak peliharaan karena residunya mudah hilang.

Pestisida nabati bersifat “pukul dan lari” (hit and run), saat diaplikasikan, yakni akan membunuh hama saat itu juga dan setelah hamanya mati, residunya akan hilang di alam. Dengan demikian, produk terbebas dari residu pestisda, sehingga aman dikonsumsi manusia.

Pestisida nabati menjadi alternatif pengendalian hama yang aman dibanding pestisida sintetis. Penggunaan pestisida nabati memberikan keuntungan ganda, selain menghasilkan produk yang aman, lingkungan juga tidak tercemar.

Pestisida organik ini mampu mengatasi dan mengusir hama perusak tanaman pertanian dan perkebunan umumnya seperti kutu, ulat, belalang dan sebagainya.

Ada beberapa keunggulan pestisida nabati, antara lain sebagai berikut.

Meskipun demikian, ada juga beberapa kelemahan pestisida nabati, yakni sebagai berikut.

Salah satu bahan pestisida nabati yang mudah ditemukan adalah daun pepaya. Pestisida daun pepaya diyakini mempunyai efektivitas yang tinggi dan dampak spesifik terhadap organisme pengganggu.

Bahan aktif daun pepaya juga tidak berbahaya bagi manusia dan hewan. Daun pepaya mengandung zat papain yang tingi sehingga rasanya pahit.

Rasa pahit inilah yang membuat hama enggan untuk memakan tanaman yang disemprot daun pepaya. Daun pepaya potensial sebagai pestisida alami efektif mengendalikan hama ulat, penghisap, aphids, rayap, dan ulat bulu.

Berikut cara membuat pestisida nabati dari daun pepaya. 

Pertama, kumpulkan 1 kilogram daun pepaya. Tumbuk daun pepaya hingga halus.

Hasil tumbukan kemudian direndam di dalam dalam 10 liter air, selanjutnya ditambahkan 2 sendok makan minyak tanah dan 30 gram deterjen. Hasil campuran tersebut kemudian didiamkan semalam.

Saring larutan hasil perendaman dengan kain halus.


Cara pengaplikasiannya adalah sebagai berikut. Pertama, encerkan larutan pestisida nabati sebanyak 2 sampai 2,5 gelas bekas air mineral dengan 10-14 liter air untuk satu tangki sprayer.

Aplikasikan pestisida nabati ini setiap seminggu sekali. Semprotkan larutan tersebut ke permukaan daun atau daerah yang terserang hama.

Pestisida alami ini merupakan pemecahan jangka pendek untuk mengatasi masalah hama dengan cepat.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/04/201800576/cara-membuat-pestisida-nabati-dari-daun-pepaya-untuk-membasmi-ulat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke