Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanaman Hias Terbaik untuk Menyegarkan Kamar Mandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tampilan kamar mandi seringkali terasa membosankan. Akan tetapi, cara paling murah dan mudah untuk menghidupkan sekaligus menyegarkan tampilan kamar mandi adalah dengan meletakkan tanaman hias.

Namun demikian, tanaman hias apa yang paling cocok diletakkan di dalam kamar mandi, apalagi kamar mandi yang tidak menerima sinar matahari?

Dilansir Homes to Love, Selasa (3/5/2022), tergantung pada posisi dan desain kamar mandi Anda, area ini mungkin tidak menerima cahaya alami sebanyak ruangan lainnya di rumah.

Oleh sebab itu, pilih tanaman hias yang dapat bertahan dalam cahaya redup. Bawa tanaman keluar sesekali untuk mendapatkan sinar matahari.

Tanaman hias terbaik untuk kamar mandi tanpa jendela

Bahkan dengan ventilasi yang memadai, kamar mandi sering dalam kondisi basah dan lembap, dan terkadang panas. Lingkungan seperti ini tidak cocok untuk semua tanaman, sehingga perlu dilakukan sedikit riset.

Tanaman seperti pakis, anggrek, tanaman sukulen, dan varietas tropis lainnya tidak mempermasalahkan panas dan kelembapan.

Tanaman hias kecil terbaik untuk kamar mandi

Ukuran bisa menjadi faktor yang menantang saat mendekorasi kamar mandi karena biasanya dirancang agar sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda tidak memiliki banyak ruang, coba pajang tanaman hias di atas meja rias, ambang jendela, atau coba tanaman gantung dalam ruangan sebagai gantinya.

7 tanaman hias terbaik untuk kamar mandi

1. Lidah buaya

Karena kebutuhan airnya yang rendah, lidah buaya mungkin dapat bertahan hidup dari kelembapan saja. Tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ini juga bagus untuk digunakan untuk mengatasi sengatan matahari, luka dan gigitan serangga.


Akan tetapi, untuk rumah tangga dengan hewan peliharaan, berhati-hatilah, sebab lidah buaya beracun bagi anabul.

2. Pakis boston

Pakis Boston berasal dari lingkungan subtropis dan tropis sehingga tumbuh subur di dalam kelembapan. Tempatkan atau gantung di dekat jendela karena membutuhkan cahaya tidak langsung sebanyak mungkin.

Semprotkan dengan semprotan air jika tanaman tampak mulai mengering.

3. Ara biola

Jika Anda cukup beruntung memiliki ruang dan sinar matahari di kamar mandi, buah ara biola bisa menjadi pilihan yang tepat. Daun ara biola menyukai posisi yang terang dan cerah, jadi pastikan untuk meletakkannya di dekat jendela.

4. Devil's ivy atau sirih gading

Devil's Ivy yang hangat tumbuh subur di dalam ruangan dengan sedikit cahaya dan sedikit air dan mereka tidak keberatan dengan ruangan yang panas.

Tanaman ini sempurna untuk pot gantung. Barkan dedaunan hijau cerah menggantung atau merambat untuk tampilan yang rimbun.

5. Anggrek

Mengingat bahwa anggrek berasal dari hutan hujan tropis, kamar mandi tampaknya merupakan tempat yang sempurna. Coba dan duplikasikan lingkungan alami anggrek, dengan memberi hanya 2-3 sendok makan air setiap dua minggu.


Berikan lebih sedikit air jika kamar mandi cukup lembap. Jangan lupa berikan tanaman anggrek sebanyak mungkin cahaya alami dan aliran udara.

6. Peace lily

Tanaman dalam ruangan yang mudah dirawat ini tumbuh subur tanpa terlalu banyak disiram dan sedikit terkena sinar matahari, serta bekerja secara alami untuk membersihkan udara dari polutan berbahaya seperti aseton.

Tanaman ini juga menyukai kelembapan.

7. Lidah mertua

Salah satu tanaman hias yang tidak mudah mati, lidah mertua tidak hanya kaya warna, tetapi memiliki manfaat untuk melawan racun juga.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/03/074600476/tanaman-hias-terbaik-untuk-menyegarkan-kamar-mandi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke